Absen Menulis

Sudah hampir enam bulan lamanya saya tidak mengunjungi blog ini. Yah..mungkin saya terlampau lelah mengurus ini itu setiap harinya…hehe. Entah mengapa semenjak saya resign untuk sementara dari rutinitas kantor, saya merasa bahkan jauh jauh lebih sibuk di rumah. Berkali kali lipat tidak sebanding antara pekerjaan rumah dengan di kantor. Kalau rutinitas kantor saya mulai pukul 08.00 tet (masih santai, bisa dimulai sambil sarapan n bercerita dengan kawan) dan berakhir pukul 17.00 lebih lebih dikit kalau ada pekerjaan yang belum selesai. Setelah itu perjalanan pulang ke rumah tidak sampai 30menit sudah sampai kemudian mandi dan beristirahat sejenak sambil menunggu magrib. Setelah lahirnya faris dan saya memutuskan untuk di rumah karena bayi ini memang sudah lama saya tunggu-tunggu plus 90% nanny dipastikan bakalan stress menghadapi anak yang superbb aktif sekali dan m2m alias manja banget sama mamanya ini. Apa-apa maunya sama mama, pokoknya mama nampak dari penglihatannya dah aman..*kadang suka geli juga lihat tingkah anak bayi satu ni

Hari ini faris sudah 8m22d, nggak terasa sebentar lagi sudah mau setahun usianya. Setiap hari mendampingi masa-masa milestonenya faris sudah banyak kebisaannya dan termasuk cepat juga tumbuh kembangnya. Rasa syukur tak terhingga mama bisa ada di setiap momen-momen perkembangannya. Di usianya ini faris sudah mulai belajar berdiri dari posisi tengkurap kemudian duduk dan dengan berpegangan pada kasur atau meja/rak tv selama 30-60 detik. Setelah bisa berdiri/posisi setengah berdiri dia sangat senang sekali mengeksplor banyak hal. Seperti mengambil barang-barang yang ada di sekitarnya kemudian membuangnya. Faris juga sudah lihai turun dari sofa/kasur yang tinggi (kegiatan ini harus dengan pengawasan ekstra). Setelah dia bisa berdiri secara perlahan ia melangkahkan kaki ke depan atau ke samping dengan sebelah tangan yang berpegangan pada kasur/rak tv. Sesekali ia terhuyung  dan jatuh tapi kembali berdiri dan berjalan sambil berpegangan. Mengambil dan memegang mainan dengan kedua tangannya. Faris udah bisa bermain sendiri, membolak-balikkan mainan dalam genggamannya lalu mengamatinya dengan serius, kadang diangkat sambil bercerita sendiri nampak seperti membayangkan sesuatu. Kemudian, kedua mainan itu diambil kembali, masing-masing digenggam di kedua tangannya. Faris menepukkan kedua mainan tersebut sampai mengeluarkan suara kemudian tersenyum senang. Faris sudah mahir diajak bermain cilukba. Begitu bersemangatnya, faris ikut memegangi tangan saya saat melakukan gerakan menutup dan membuka wajah. Bahkan saya sering mengajaknya bermain hide n seek. Dia biasa mengejar saya yang bersembunyi di balik bantal kemudian dia membuka tumpukan bantalnya sambil berkata “hwaaaa”, setelah menatap mata saya dia menuju ke saya sambil berkata mama dan memeluk saya. Ahh…anak-anak memang tulus apa adanya, disitu saya merasakan betapa dia begitu membutuhkan dan menyayangi saya meski dia belum fasih mengutarakan isi hatinya.

Sudah beberapa minggu ini nafsu makannya fluktuatif, kadang
Menolak disuapi dan ingin memegang sendiri dengan cara menjumput finger food yang saya berikan. Ya…belakangan saya memang menerapkan metode blw juga sembari tetap curi-curi kesempatan menyuapi kalau dia lagi buka mulut. Jadi saya buatkan beberapa makanan yang bisa dia makan sendiri seperti nugget ikan, perkedel isi sayur, makaroni schotel, kentang keju, kentang panggang, pizza salmon, pancake bayam, carrot cake sampe brownis n talam labu ahh…macam-macamlah asalkan dia mau makan.. Setelah berhasil menjumput menggunakan tangan kanan, kemudian fingerfoodnya dipindahkan ke tangan kiri untuk digenggam. Lalu tangan kanannya kembali menjumput makanan yang lain dan menyuapnya ke dalam mulut. Sudahlah dia makan sendiri berbagai macam makanan yang ada dicampur jadi satu bahkan sering makanannya pun jadi shampoo dan masker..hahaha. Memang ada masanya bayi ini belajar makan sendiri jadi ya orang tua harus memfasilitasi agar mereka bisa mengeksplor kemampuannya 🙂
image

Selesai makan, faris minum menggunakan cangkir plastik yang memiliki dua pegangan dengan penampang yang luas. Meski sudah dapat memegang cangkir dengan baik, namun dia belum dapat mengontrol tangan dan mulutnya dengan sempurna sehingga  sebagian air tumpah. Banyak hal yanh dilakukan oleh faris diusianya sekarang, kemampuan motorik halus bayi terus meningkat, ditandai dengan kemampuannya menggenggam benda menggunakan kedua tangannya bahkan menjumput benda-benda kecil. Misalnya nih sudah hampir dua bulan dia amat sangat tertarik dengan benda-benda kecil yang dia temukan di lantai. Mulai dari kancing baju, koin, remahan makanan, beras, benang bahkan hewan-hewan seperti semut atau laba-laba ingin dipegangnya. Itulah mengapa saya harus lebih waspada lagi dalam mengawasinya takut-takut dimasukannya ke mulut…

Rasa ingin tahu dan logika berpikirnya mulai berkembang, salah satunya dengan membolak-balikkan benda yang dipegangnya. Ia ingin tahu apa yang terjadi jika benda itu menghadap arah yang berbeda. Saat ini faris sedang senang-senangnya bermain di depan kaca besar yang saya letak di kamar depan. Setiap hari dia semangat sekali menuju kamar depan hanya untuk bercerita di depan kaca sambil senyum-senyum sendiri dan mengangkat tangannya seperti membayangkan sesuatu. Lama-lama mencoba meraih bayangan yang ada di kaca. Saking penasarannya dia cari bayangannya di balik kaca dan dia tak menemukan apa-apa. Sungguh lucu sekali bayi ini. Kemampuan lain adalah menepuk dua benda hingga berbunyi, termasuk bertepuk tangan. Faris sudah jago tepuk tangannya dan bilang “hoyeee” sambil angkat kedua tangannya. Sudah bisa dadah dadah dan kissbye kalo berpisah dengan orang..bersyukur sekli, sungguh cepat sekali pertumbuhanmu, nak.

image
Ada yang nggak boleh main di luar

Untuk menguatkan  otot kaki yang berkaitan dengan kemampuan berjalan, faris berlatih di tepi kasur atau berdiri di teralis jendela. Biasanya saya letakkan sesuatu yang menarik agar dia mau meraihnya dengan merambat sambil berpegangan pada pinggir kasur. Tak lupa beri sedikit pujian bahkan ciuman bila dia mau berjalan agar dia lebih semangat lagi.

Faris mulai meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Saya tidak heran lagi kalau tiba-tiba faris bisa membuka resleting tas atau mengambil tisu dan membuangnya sampai habis karena ternyata diam-diam memperhatikan apa saja yng saya dan suami saya lakukan. Bahkan suami saya terkaget-kaget melihat faris mencoba untuk membuka lemari bajunya, mengambil baju dan berusaha memakai baju sendiri padahal tidak ada yang mengajarkan kepadanya. kemampuan bicara dan bahasanya sudah lumayan bagus, kosakatanya pun semakin banyak dan semkin komunikatif. Memang sejak faris masih berusia 1bulan papanya hobi sekali berbicara dengan boneka. Memainkan boneka dan berpura-pura kalau boneka itu yang berbicara kepada bayi dan hal ini memang membuat faris memberikan respon dengan berbicara kembali dengan boneka itu. Bersenandung dan bernyanyi kepada bayi sesering mungkin ternyata membuat faris cepat sekali bisa mengucapkan berbagai kosakata. Sejak umur 3bulan dia sudah fasih memanggil saya mama, kemudian umur 5bulan dia bisa memanggil papa. Makin kesini makin banyak kosakatanya seperti mama, papa, nen, maem, mau, dah, agi, ga au, hoye, atu, dua, (li)ma, mbah, tatak, mbak, tatatua, tetet (ketek), apa, liyat, net2 (remot),dll sudah tau kalau ditanya giginya mana langsung dia meringis..lucu sekali lah..alhamdulillah bersyukur tiada tara kepada Allah semoga Allah selalu berikan kesehatan dan kemudahan dalam mengantarkan anak-anak menjadi hamba Allah yang taat n teguh dalam islam. Aamiin 🙂

image
Faris sudah bisa mainan loconya

Mengasuh itu Membuat Kenangan

Malaikat kecil itu, menegadahkan tangannya sembari bibirnya berkomat kamit membaca sebuah doa tulus ikhlas..

‘Bismika Allah huma ahya, wa bis mika amut’ dan dilanjutkan dengan beberapa hafalan surat yang ia miliki, karena ia belum lancar menghafal 3 kul. 

Seorang ibu menyaksikan dengan dada penuh haru, di pinggir ujung tempat tidur sembari berdoa pada Ilah-nya, agar buah hatinya dipelihara dan ditingkatkan terus keimanannya hingga tarikan nafasnya yang terakhir kelak. 

Terbangun pagi, seorang ibu mau tidak mau mempunyai jadwal tidak tertulis didalam otaknya yang penuh dengan aktifitas dan tanggung jawab yang harus ia laksanakan hari itu. Tidak jarang, tanggung jawab dan tugasan tersebut saking banyaknya, mengalahi agenda Presiden bahkan menteri!
Sehingga, ketika si kecil dan apalagi si remaja yang bangun tidur dengan senyum diwajahnya, suka terlupa disapa. 

Ibu, yang harinya penuh dengan kegiatan, yang lebih banyak dari tidaknya adalah sebuah rutinitas, terkadang tergesa-gesa dan tanpa ekspresi mendengarkan cerita si sulung tentang kejadian lucu hari ini. Atau menjawab sekilas dan dengan mimik yang ‘rutin’ merasa kagum atas keberhasilan si abang meraih nilai tinggi di ujiannya pagi tadi. 

Sungguh, hal ini melulu sangat mengangguku. Oleh sebab itu, tidak akan lelah aku menulis tentangnya. Waktu

Ibu, tolong sediakan waktu. 

Setiap ada postingan yang mengingatkanku untuk memberi lebih banyak waktu untuk bermain dengan sang buah hati, selalu menimbulkan tetes mata yang menyeruak dari ujung mataku. Apatah lagi, seperti yang akan aku share di bawah ini. Yang kurang lebih mengatakan; ibu, hari ini anakmu tidak seperti kemarin. Hari ini ia lebih tua satu hari dari kemarin. Ia lebih besar satu hari dari kemarin, dan waktu kemarin yang berlalu itu, tidak akan pernah terulang kembali. Ibu sempatkan lah main dengan anakmu. Karena setiap hari baru, ibu akan kehilangan satu kesempatan untuk bermain diusianya di hari itu. Dan waktu itu, tidak akan pernah kembali lagi 😭

Congklak kah, mewarnai, bikin kalung dari makaroni, petak umpet, potong dan tempel, mengaduk adonan, mencuci beras… Semua itu hal kecil, tapi akan senantiasa terpatri di hati dan akal anak-anak kita. 

Pada akhirnya, jika ruh sudah dikeluarkan dari jiwa, bukan mainan mahal yang akan dikenang oleh mereka. Bukan pula buku sampul tebal berwarna warni yang tertumpuk apik di ruang baca. Bukan mobil mewah dan rumah besar, liburan ke London dan Disneyland yang akan terngiang-ngiang di telinga dan akal mereka. Tetapi hal kecil, curhatan sebelum tidur malam, kecupan serta pelukan. Lelucon yang bikin ketawa sampai sakit perut. Bermain dengan tepung sampai wajahnya berubah putih. Bercanda, gelitikan, main bisik-bisikkan. Itu yang akan diingat. Itu yang akan dikenang, itu…
yang akan membuat mereka menjadi orang tua yang asik dan penyayang pula kelak, kepada cucu cucu kita. 

Kasih sayang tidaklah mahal. 
Waktu adalah benda termurah yang paling berarti, yang bisa kau beri pada orang yang sangat kau cintai. 

Sebelum, terlampau letih

Sebelum naik tonasi karena berantakannya rumah hari ini. 

Duduklah ibu. Tinggalkan sejenak rutinitasmu, lepaskan letih dengan bersenda tawa, diantara tumpukan baju yg belum terlipat, diantara lantai yang licin yang belum sempat dipel, diantara tumpukan cucian piring yg memenuhi wastafelmu. 

Sungguh, anakmu tidak perduli akan semua itu. Lepaskan penatmu dengan bercanda bersama mereka, bacakan buku yang sejak tadi diminta untuk tolong dibaca. Senyum. Enjoy aja…

Selalu terpatri dalam jiwa saya.. Sepatah kata mutiara dari sang ibunda..

‘Mengasuh itu, adalah membuat kenangan’

Kelak seperti apakah engkau ingin dikenang?

#celotehan ibu yang belum rela membagi waktu mengasuh anak dengan profesi

Duka 😭

Assalaamu’alaikum wr wb.. innalillaahi wa inna ilaihi rooji’uun.. telah meninggal dunia putri kami “khoirun nisa” td malam +- jam 19.50, mudah2an ananda ditempatkan di tempat yang terbaik di syurganya Alloh Swt, serta dapat menjadi tabungan kami di akherat kelak… alhamdulillaah dibalik kekurangannya Alloh mencukupkan sempurnanya.. lengkap jari2 tangan dan kakinya.. tuk teman2 semuanya saya ucapkan terima kasih atas do’a dan bantuannya, serta mohon maaf lahir dan bathin.. semoga Alloh Yang Maha Pemurah membalas kebaikan teman2 dengan lebih baik

Sedih itu ketika saya mendapat message mengenai kematian seorang anak dari teman di dharmawanita kantor suami. Hal ini menjadikan hikmah kepada saya khususnya mengenai pentingnya menjaga kehamilan dan mengatur jarak kelahiran. Sebelumnya pada hari minggu kemarin saya membaca pesan singkat di grup kantor suami yang mengabarkan bahwa istrinya akan menjalani operasi caesar karena bayi yang dikandung ternyata divonis dokter terserang “anencephaly” di usia kehamilan 20 minggu. Sebagai orang tua kaget bak disambar petir iya pasti. Pasti sejuta pertanyaan muncul di benak, kenapa sampai bisa terjadi dan mengapa baru terdeteksi saat usia kehamilan yang sudah memasuki trimester 2. Sebuah kebimbangan jelas dirasakan oleh mereka, apakah bayi ini akan tetap lanjut dipertahankan ataukah dikeluarkan saja demi alasan kesehatan? Tidak tega itu pasti karena memang menurut pengalaman bayi yang lahir dengan cacat di bagian jaringan otak hampir semuanya tidak mampu bertahan hidup setelah dilahirkan atau hanya bertahan sesaat saja setelah dilahirkan. Kejadian ini menjadikan peringatan tersendiri dalam diri saya bahwa semua yang ada di dunia ini sudah diatur Alloh sesuai dengan ketetapanNya jauh-jauh hari sebelum kita diciptakan akan tetapi menjaga apa yang telah Alloh karuniakan kepada kita hukumnya wajib. Karena saat Alloh mengambil titipannya pastilah banyak perasaan kecewa dan menyesal muncul di belakang. Sungguh kejadian ini membuat saya lebih hati-hati dan ingin selalu menjaga kesehatan keluarga. Apa sih anencephly itu? Memang sih saya pernah membaca artikel ini di dalam buku panduan saat saya hamil, dan yang saya ingat hanya sedikit, kalau tidak salah kelainan jaringan otak ini dikarenakan kekurangan asam folat sehingga saat pembelahan zygot tidak berlangsung sempurna di bagian kepala inilah yang mengakibatkan tempurung kepala hanya ada sebagian saja. Qodarullah akhirnya calon bayi mas Arif dilahirkan terlebih dahulu di usia kehamilan 20minggu melalui proses operasi caesar. Dengan beberapa pertimbangan karena apabila kehamilan ini tetap dipertahankan berbahaya bagi ibu dan calon bayi ini. Proses caesar merupakan solusi yang terbaik dari dokter karena jika dipaksakan kelahiran dengan jalan normal tengkorak bayi yang tidak tertutup secara sempurna itu bisa melukai dan merusak jalan lahir. Setelah dilahirkan bayi mungil bernama ” khoirun nisa” tersebut hanya bertahan hidup selama kurang lebih 24jam saja. Semua sempurna kecuali tempurung kepala – mulai alis mata ke atas – tidak ada. Meski kebanyakan berakhir fatal, belajar dari pengalaman ini dengan bekal informasi yang cukup, calon orangtua bisa kok mempersiapkan diri dengan lebih baik. Dengan ketidaksempurnaannya Alloh berikan kesempurnaan pada bagian tubuh yang lainnya sehingga bayi nampak cantik dan berseri. Ah, mungkin Alloh terlalu menyayanginya sehingga Alloh peluk kembali bayi mungil itu. Semoga dia bisa menjadi tabungan pahala bagi kedua orang tuanya. Aamiin :oops::oops:

Bagi yang belum tau apa itu anencephaly, ini detil informasi yng saya ambil dari majalah ayah bunda.
Anencephaly adalah suatu keadaan dimana sebagian besar tulang tengkorak dan otak bayi tidak terbentuk. Sisa jaringan otak – biasanya bagian dari batang otak – terlindung oleh selaput yang tipis saja.
Kondisi ini merupakan bagian dari Neural Tube Deffect (NTD) atau cacat tabung saraf. Selain anencephaly atau cacat otak, yang termasuk NTD adalah spina bifida atau cacat tulang belakang. Meski kasusnya jarang, sekitar 1 setiap 1.000 kehamilan, anencephaly adalah kelainan bayi yang paling serius bila dibandingkan dengan NTD jenis yang lain. Kemungkinan yang bisa dialami bayi penderita anencephaly adalah cacat fisik seperti buta, tuli, dan tidak memiliki pergerakan refleks.
Sampai kini, tidak ada perawatan atau penyembuhan bagi bayi anencephaly, dengan keseluruhan kelahiran berakhir dengan kematian bayi. Bila bisa lahir dalam keadaan hidup, biasanya akan meninggal dalam hitungan beberapa jam atau hari.

Deteksi Dini
Anencephaly bisa terdeteksi melalui pemeriksaan menggunakan alat ultrasonografi atau USG pada usia kehamilan sekitar 12 minggu. Dulu pernah dianjurkan deteksi dengan cara melakukan triple blood test pada usia kehamilan 15 minggu. Dengan teknologi yang jauh lebih baik, sekarang anencephaly dapat dideteksi dengan cukup akurat melalui pemeriksaan USG sejak usia kehamilan dini saat kehamilan 18 minggu.

Bila seandainya tidak terdeteksi dini, salah satu ciri khas dari kehamilan dengan bayi anencephaly adalah terjadi post maturitas atau persalinan lewat waktu. Misalnya, belum ada tanda-tanda persalinan padahal usia kandungan sudah 42 minggu. Penyebabnya adalah, karena tidak adanya refleks dari otak bayi untuk memicu terjadinya proses persalinan. Selain itu, perlu juga dicurigai hasil pemeriksaan fisik yang menyebutkan adanya kelainan letak pada bayi, misalnya sungsang atau melintang.

Lahir Normal
Tidak ada yang bisa dilakukan oleh dokter untuk membantu bayi anencephaly. Sehingga, jika kasus ini ditemukan pada kehamilan, calon ibu akan disarankan untuk menghentikan kehamilannya – terminasi atau pengguguran kandungan, dengan alasan medis.
Pertimbangan lainnya dari dokter untuk segera mengeluarkan bayi anencephaly tanpa menunggu usianya lebih besar, adalah:
Agar proses pengeluaran bayi lebih mudah, karena bila bayi sudah besar, tidak adanya tempurung kepala bayi untuk membuka jalan lahir, atau karena posisi yang misalnya sungsang, berisiko membuat bayi tersangkut di jalan lahir.
Akan ada risiko tambahan bagi ibu pada proses persalinan bayi anencephaly, yaitu terjadinya robekan-robekan pada jalan lahir karena tulang rahang bayi yang tajam. Tidak jarang proses persalinan bayi anencephaly bersifat traumatik bagi ibu.
Sekitar 25% wanita yang mengandung bayi anencephaly, terancam mengalami polyhydramnios atau kelebihan air ketuban yang menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi sang ibu.

Walau demikian, cukup banyak orangtua dalam kasus anencephaly di Indonesia, tetap memilih untuk memertahankan kehamilan sampai cukup bulankarena ingin anaknya tetap mendapatkan kasih sayang, apapun yang terjadi.
Persalinan bayi anencephaly umumnya dilakukan per vaginam. Tindakan operasi hanya berlaku bila ada indikasi gawat pada ibu. Berhubung bayi tidak memiliki tempurung kepala, maka leher rahim diupayakan untuk bisa membuka dengan tekanan air ketuban.

Pentingnya Asam Folat!
Salah satu penyebab anencephaly yang paling mungkin diatasi adalah defisiensi asam folat. Untuk itu, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat, sekitar 30-100 mcg per hari, bahkan sejak sebelum merencanakan kehamilan.
Penyebab lain anencephaly adalah adanya suhu lingkungan yang tinggi atau hyperthermia. Suhu tinggi diduga bisa memengaruhi proses peleburan sperma dan sel telur, dan mengganggu proses pembelahan sel. Untuk itu, ibuhamil dianjurkan untuk memperkecil risiko terpapar lingkungan bertemperatur tinggi, misalnya, dengan mengurangi frekuensi berjemur atau berendam air panas.
Penyakit diabetes yang diderita ibu, juga dikaitkan dengan risiko mengandung bayi anencephaly. Itu sebabnya, untuk memperkecil risiko terjadinya bayi anencephaly pada pengidap diabetes, calon ibu dianjurkan untuk mengontrol dulu penyakitnya sebelum berusaha hamil.

Semoga kejadian ini dapat menjadi hikmah dan pembelajaran terhadap diri ini ya Rabb 😌

Panduan MPASI (food combining)

Berikut adalah panduan MPASI food combining dari Bapak Wied Harry Apriadji :

Buah Segar sebagai Makanan Pertama Bayi
Buah segar menjaegdi pilihan pertama makanan pemula pendamping ASI. Berbeda dari nasi dan makanan pokok lainnya, buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna yaitu gula buah. Kemudahan gula buah dicerna bayi mendekati ASI karena secara alami dilengkapi enzim pencerna. Oleh karena itu, buah digolongkan dalam predigested food atau semidigested food, yaitu makanan yang sudah separuh tercerna.

Sebaiknya bayi usia dini (6-7 bulan) tidak diberi karbohidrat kompleks dalam bentuk nasi dan bahan makanan pokok lain yang tidak mudah dicerna. Lagipula, nasi dan makanan pokok lainnya tidak dilengkapi enzim pencerna pati sebagaimana buah. Pisang adalah satu-satunya buah kaya pati. Oleh karena itu bayi usia dini tidak diberi pisang dalam jumlah banyak (tidak lebih dari 50 gr setiap kali makan) dan diencerkan.

Pada tahap awal pemberian makanan pendamping ASI, anda bisa mengencerkan pure buah lebih cair dari resep. Tambahan cairan bisa lebih banyak dari jumlah jus buah, kemudian secara bertahap kurangi jumlah cairan hingga sesuai resep. Biasanya,bayi perlu menyesuaikan diri selama 4-5 hari * Namun dalam milis Gizi Bayi Balita, Pak Wied pun menjelaskan bahwa pengamatan 4-5 hari itu pengamatan maksimum untuk pemberian/pengenalan 1 jenis makanan baru, sebenarnya cukup 2-3 hari untuk tiap 1 jenis makanan baru. Selain untuk menghindari bosan, pengamatan ada tidaknya reaksi alergi (ruam kulit, muntah, diare) terhadap bahan makanan tertentu pada umumnya muncul dalam 24 jam * Walaupun demikian, patokan ini tidak mutlak karena keterampilan makan setiap bayi tidak sama. Ada bayi yang bisa langsung menyantap pure buah dengan kepekatan seperti resep.

Buah merupakan sumber vitamin C, salah satu jenis vitamin yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Betakaroten (provitamin A) juga banyak tersimpan dalam buah, terutama buah berwarna merah atau jingga seperti semangka merah, jambu biji merah, dan pepaya. Vitamin C dan betakaroten termasuk antioksidan kuat yang mempercepat pemulihan gangguan kesehatan pada bayi. Avokad berlimpah asam lemak omega 3, salah satu jenis lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak bayi dan kecerdasannya. Buah yang aman dikonsumsi bayi sebagai pendamping ASI sbb :
Jeruk : Jeruk baby, Jeruk orange, jeruk keprok manis
Jambu biji: Sebaiknya pilih jambu biji merah karena lebih kaya betakaroten
Pepaya
Avokad
Melon: Melon hijau, melon jingga
Semangka : Semangka merah, semangka kuning
Apel manis contohnya apel merah Red Delicious
Pir Manis contohnya pir Yangli
Pisang: Pisang ambon
Mangga Manis: Mangga madu,mangga arumanis,mangga manalagi

Gula dan garam
Hindari menambahkan gula ke dalam jus atau pure buah. Biarkan bayi mengenali keragaman cita rasa manis asli buah. Gula mematikan cita rasa dasar buah sehingga bayi tidak memiliki kekayaan perbendaharaan citarasa makanan. Tidak menambahkan gula juga penting untuk melatih kepekaan saraf perasa bayi agar kelak tidak menjadi ketagihan gula dan makanan manis. Selain tidak berguna (karena rasa jus/pure buah sudah manis), gula hanya akan membebani kerja pankreas dan hati (liver) bayi anda.

Nasi & Sayuran, sumber karbohidrat kompleks
Setelah buah-buahan segar, secara bertahap pencernaan bayi diperkenalkan dengan bahan makanan lain, yaitu pati (nasi,kentang,dan makanan pokok lainnya) serta serat (beragam sayur-sayuran). Jika buah mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna,beras dan makanan pokok lainnya mengandung karbohidrat kompleks yang proses pencernaaannya lebih rumit. Sayuran juga mengandung serat, salah satu jenis karbohidrat yang tidak tercerna.

Pada tahap awal pengenalan nasi dan sayuran, sebaiknya tidak ditambah protein hewani. Sama seperti makanan pokok, proses pencernaan sumber protein hewani terutama daging sapi dan daging ayam cukup rumit. Oleh karena itu, biarlah bayi mengenai citarasa makanan secara bertahap. Selain itu, agar organ pencernaannya tidak bekerja berat mencerna pati dan protein hewani sekaligus.

Jika pada tahap ini Anda menginginkan tambahan protein dalam makanan bayi, Anda bisa menambahkan sumber protein mudah cerna, yaitu tempe yang dihaluskan. Protein tempe telah diuraikan oleh kapang (jamur) tempe menjadi asam amino sederhana yang lebih mudah dicerna dan diserap tubuh bayi. Kelebihan lain tempe mengandung zat antidiare.

Selain menjadi sumber serat, sayuran merupakan pemasok beragam mineral dan vitamin. Sayuran berlimpah zat besi, kalsium dan betakaroten yang merupakan zat-zat gizi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Manfaat utama serat adalah membantu membuang kotoran kaya zat-zat sampah yang bisa membahayakan kesehatan. Asupan sayuran juga menyumbang kecukupan serat yang penting untuk pertumbuhan bakteri-bakteri baik dalam usus bayi. Walaupun serat sayuran penting untuk bayi, sebaiknya sayuran dipilih yang tidak mengandung serat berlebihan.

Lazimnya, nasi dan makanan pokok lain serta sayuran diberikan pada bayi setelah berusia 7 bulan. Berikut ini makanan pokok yang dapat diberikan pada bayi :

Makanan sumber pati

Nasi: beras merah,beras putih (utk beras merah harus direndam 4jam sebelum dimasak)
Kentang
Ubi jalar: Ubi jalar merah, ubi jalar ungu
Singkong: Singkong mentega/kuning
Jagung segar: Jagung manis, jagung biasa
Makaroni: Makaroni elbow / bengkok mini
Mi kering: Pilih kualitas bagus tanpa pewarna (sebaiknya dari produsen terpercaya)
Havermut : quick cooking oats
Roti :Sebaiknya pilih roti wholewheat (roti gandum)
Labu kuning : Labu kuning biasa, labu kuning jepang (kabocha)

Sayuran yang aman diberikan pada bayi
Bayam (merah ataupun hijau)
Kangkung: Kangkung akar/kangkung cabut muda
Wortel
Tomat : Tomat merah
Brokoli
Kembang kol
Buncis: Buncis muda atau buncis baby
Kacang polong segar/beku

Makanan hewani & polong-polongan, sumber protein
Bahan makanan sumber protein baik yang hewani maupun nabati diperkenalkan paling akhir (setelah bayi benar-benar terampil makan). Biasanya, makanan ini diberikan setelah bayi berusia 8 bulan. Awalnya berupa bubur saring. Selanjutnya, bayi diberi nasi tim setelah berusia 9 bulan dan sudah tumbuh gigi. Jika setelah 9 bulan bayi Anda belum tumbuh gigi, lanjutkan pemberian bubur saringnya.

Menginjak usia 8 bulan, organ pencernaan bayi sudah bisa dilatih mencerna makanan yang proses pencernaannya rumit, seperti protein hewani. Dalam kelompok sumber protein hewani hanya yoghurt khusus bayi, yoghurt tawar (plain yoghurt) —- dalam milis mpasirumahan direkomendasikan merk Yummy —- , keju alami (natural cheese) dan tempe yang mudah cerna karena kandungan proteinnya sudah dicerna oleh bakteri dan kapang (jamur).

Berikut ini sumber protein yg aman utk bayi
Telur : Terutama kuning telur
Hati : Hati ayam, hati sapi
Daging ikan : Ikan kakap, ikan salmon, ikan gindara,
Ikan marlin, ikan tenggiri
Daging ayam: Pilih bagian dada, buang kulit dan lemaknya
Daging sapi : Pilih yang tidak berlemak dan empuk, yaitu bagian has dalam (sirloin) dan has luar (tenderloin)
Keju:Pilih keju alami (natural Cheese) yang muda. Kalau susah mencari keju muda, pilih keju yang rendah kadar garamnya, mis merk Prochiz atau Diamond. Itupun tidak diberikan sering, hanya sesekali dalam jumlah sangat sedikit.
Kacang merah: kacang merah segar, kacang merah kering
Kacang hijau : Kacang hijau berkulit, kacang hijau kupas (sebaiknya direndam hingga mengembang 4-6 jam)
Kacang tolo
Tempe : Pilih tempe segar, hindari yang sudah berbau amoniak (diparut pelan2 menggunakan parutan kelapa, diserut hati-hati sambil ditekan menggunakan serutan keju atau dicincang halus, dimasak hingga empuk)
Tahu: Pilih tahu putih tanpa pewarna, tanpa bahan pengenyal dan masih baru (bayi sangat sensitif terhadap kerusakan tahu yang mengakibatkan diare)

Jadwal pemberian makanan pendamping ASI
Umur bayi vs Jenis makanan vs Frekuensi pemberian pendamping ASI
6-7 bln ASI Sesuka bayi, Pure buah 1-2 kali (dikonsumsi ketika perut kosong agar penyerapan nutrisi optimal, yaitu setelah bangun tidur)
7-8 bln ASI Sesuka bayi , Pure buah 1 kali, Bubur lembut 1-2 kali
8-9 bln ASI Sesuka bayi, Pure buah 1 kali, Bubur lembut 1 kali, Bubur saring 2 kali
9-10 bln ASI Sesuka bayi, Pure buah 1 kali, Bubur Saring 1 kali, Makanan Tim 2 kali
10-12 bln ASI Sesuka bayi, Pure buah 1 kali, Makanan tim 3 kali, Makanan selingan 1-2 kali

***

Sumber:
Apriadji, Wied H. 2006. VARIASI MAKANAN SEHAT BAYI. Jakarta : Puspa Swara

Diskusi Grup Ibu Hamil

Pertanyaan Menyudutkan Itu

Suatu hari saya pernah ditanya.
X : “Hai,gimana dah ada ponakan buat aku?” Aku : “Belum tuh, belum bikin” X : “Loh emang ga kepingin ya punya baby?” -pertanyaan bodoh -__-” Aku : “Pasangan mana yang begitu menikah ga kepingin punya anak,”  X : (diam) “Trus udah usaha apa?” Aku : “Ikhtiar mah udah,ke dokter juga udah, sehat kok aku dan suamiku, 2-2nya, ga ada masalah,” -emang perlu ya nanya kaya gitu, kepo amat sih, malesin banget -__-” X : “Nah tuh udah usaha,trus targetnya kapan?” Aku : “Ya suka-sukanya Allah ajalah mo ngasih kapan, mo besok kek, bulan depan kek, tahun depan kek, suka-sukanya Dia aja, emang kita bisa apa? Kan semua yang nentuin Allah” -__-” heran deh kok ada orang kaya gitu,nyakitin amat omongannya X : -diam seribu bahasa, ga sadar yg nanya sudah melupakan Allah diatas segalanya-Sumpah aku gregetan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas, mungkin bukan saya saja, masih banyak pasangan-pasangan yang menikah bertahun-tahun tapi belum punya anak pasti dapat pertanyaan demikian. Aku baru nikah setahun saja pertanyaan sudah sedemikian sadisnya, bagaimana  jika yang ditanya sudah bertahun-tahun menikah.Terkadang kita lupa menanyakan sesuatu seolah kita yang berkuasa, seperti kapan nikah, kapan punya anak, kapan dapat kerja? kapan ini, kapan itu.. pertanyaan-pertanyaan seperti ini sih wajar, iya wajar kalau pertanyaan hanya sampai di situ saja. Sebuah hal yang sangat lumrah, ketika kita lebih dari setahun menikah belum dapat momongan, ketika umur sudah mencapai 30 tahun kita belum menikah, ketika lama lulus kuliah kita belum dapat pekerjaan. Orang bertanya ingin mengungkap sesuatu yang mungkin terlihat janggal. Tapi jika yang nanya sampai bertanya detail, ini sih lebih dari wajar. Iya sih wajar, jika yg nanya sudah melupakan Allah, lupa kalau Allah penentu hidup kita,lupa kalau kita hanya manusia yg lemah, dikasih musibah juga pada K.O. Seorang teman bahkan dibanding-bandingkan, “Si A saja sudah lebih dulu menikah, sudah punya anak, masak kamu belum?” emangnya seorang anak itu dibuat dari tepung ya? Wah saya mau bikin banyak kalo gitu. Yah.. kalau orang nggak pernah belajar biologi sih memang seperti itu nanyanya, saya maklum saja. Mungkin dia lupa kalau sel telur tidak dibuahi sperma tidak akan bisa menghasilan anak. Dari jutaan sperma yang menyerang belum tentu semuanya berhasil menggaet sel telur, bahkan ada yang harus mati di tengah jalan. Ada pula penyempitan saluran tuba sehingga sperma tidak bisa bergerak. Dan masih banyak lagi penyebab seseorang itu telat punya anak. Tapi kalau dia belajar biologi masih nanya kayak gitu juga, wah agaknya dia juga udah lupa sama pelajaran agama.Terkadang saya heran, kok yo bisa orang bertanya sedemikian nyeseknya, apa dia ga punya hati, atau terlampau penasaran. Seorang kawan pernah berkata kepada saya, “Jangan heran ditanyai seperti itu, sudah tabiat orang indonesia suka ikut campur dan suka main campur. Mungkin saya akan lebih menghargai orang yang bertanya tapi kemudian tidak bertanya lebih detail lagi, mungkin memang risih ditanya-tanya seperti itu, tapi ketika yang bertanya kemudian langsung menjawab, “Oh,..mudah-mudahan segera dapet momongan ya,” atau, “Insya Allah pasti dapet jodoh, asal yakin,”, atau “Semangat ya, Rezeki di muka bumi terhampar luas asal mau mengeksplore lebih jauh lagi,” Ini dia baru pernyataan keren. okelah yang menanti semuanya baik jodoh, rezeki ataupun buah hati yakinlah Allah punya rencana yg terbaik buat umatNya, kita tak tau sedangkan Allah lebih mengetahuinya.. yuk ah, jangan bermuram durja, orang-orang hanya bisa ngomong aja tanpa tau duduk permasalahnya apa, yang belum punya anak, yuk pacaran lagi, hubungan dengan suami direkatkan, atur komunikasi, upload foto-foto mesra berdua, jalan-jalan ke tempat yang keren-keren, bikin mupeng orang-orang yang udah punya anak dan ga bisa jalan-jalan. Yang masih jomblo, yuk ah eksplorasi kehidupan, gali potensi diri, siapa tau kamu makin keren dan nemu jodoh beken, yang belum dapat kerja? Hari gini nyari kerja men, daripada wira wiri nyari kerja, mending wirausaha, kamu bakat dibidang apa, hajaar brohh…;) Refleksi diri dari apa yang pernah saya alami, saat ini saya lebih memilih untuk menarik diri dari orang-orang yang kepo dan pingin tau banget apa yang ada dalam hidup saya. Mungkin ada beberapa orang menilai kalo orang yang punya tabiat seperti ini itu care, tapi menurut saya carenya itu lebih ke ingin mencampuri hidup orang lain. Bahkan yang lebih parah lagi kalo itu laki-laki, ironi sekali seorang lelaki yang punya kebiasaan kepo dan hasil dari keponya terhadap orang lain itu dijadikan bahan obrolan, bahkan boleh dibilang hot news lah bagi mereka. Sungguh menjijikkan sekali hal kaya gitu. Laki laki kok mulutnya seperti itu, tega makan bangke sodaranya. Naudzubillah….semoga kita dan keturunan kita dijauhkan dari hal-hal buruk seperti itu. Semoga di bulan yang baik ini kita bisa jadi manusia yang lebih baik lagi dan tidak hanya menilai diri dari penilaian manusia namun terus memantaskan diri di hadapan Allah, allahuma aminn ;);)

berkah itu ya ASI

Memberikan ASI eksklusif kepada anak merupakan impian semua wanita yang sudah mempunyai anak. Sebab tidak ada makanan terbaik bagi bayi di dunia ini selain ASI bahkan di dalam islam jika kita, seorang ibu memberikan ASI kepada anaknya setiap tetesannya dihitung pahala oleh Allah. Sungguh Allah telah mengatur segala sesuatu bagi umatnya. Berbicara mengenai ASI, saya bersyukur sekali kepada Allah karena diberikan kesempatan dan kemudahan dalam memberikan ASI kepada anak-anak saya. Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti untuk memberikan ASI kepada mereka. ASI saya tergolong lancar bahkan bisa dibilang lancar sekali. Betapa tidak, saat hamil anak pertama, kolostrum ASI saya sudah keluar sejak kehamilan saya memasuki usia kehamilan 16 minggu, kemudian saat hamil kedua kemarin ASI saya juga sudah keluar saat usia kehamilan 24 minggu. Awalnya kolostrum saja tetapi jika dimassage berubah menjadi mature milk. Di saat banyak orang yang mengeluhkan ASInya tidak lancar saya merasa ikut sedih karena pasti ada rasa bersalah dari dalam hati mereka. Masa iya ASI kalah sama susu pabrikan yang notabene kandungannya tidak sebanding dengan ASI. Akan tetapi memang ada beberapa kondisi tertentu dari si ibu sehingga mengakibatkan dirinya tidak bisa memberikan ASI eksklusif terhadap anaknya, misalnya si ibu menderita sakit tertentu dan harus mengkonsumsi obat secara rutin dalam jangka waktu tertentu atau memang kualitas dan kuantitas ASI ibu kurang sehingga belum bisa memberikan ASI eksklusif untuk anaknya bahkan merasa kalau si anak kekurangan nutrisi jika tidak diberikan sufor.
Alhamdulillah sampai saat ini kebutuhan ASI Faris dapat saya penuhi bahkan berlebih sehingga sebagian bisa disimpan sebagai stock jika diperlukan mendadak.

image

kalau ditanya, apa saja sih yang saya lakukan agar produksi asi melimpah?

*Saat hamil, saya rutin membersihkan dan melakukan massage lembut payudara. Di usia kehamilan sekitar 4-6 bulan, sering keluar kolostrum dalam jumlah kecil saat saya melakukan massage. Hal ini untuk merangsang kelenjar ASI (tips dari kakak ipar saya)

*Setelah melahirkan, saya minum jamu tradisional. Alhamdulillah dari kecil saya doyan minum jamu, kebetulan kemarin mama saya buatkan sendiri di rumah (maklumlh di batam jarang ada tukng jamu keliling, kalopun ada saya sudah parno dengan proses pembuatannya bersih nggak ato bahannya jangan jangan dicampur gula biang). Jamu juga bermanfaat biar kondisi badan lebih enak. Ada kunyit juga yang membantu rasa nyaman menjalani masa nifas.

*Konsumsi sayur hijau setiap hari. Ini wajib sekali karena saat menyusui rasanya tiap hari kepengen makan sayur yang banyak kuahny dan minum yang banyak karena tenggorokan terasa sangat kering kalau sampai kurang minum (berasa kaya di padang pasir dehidrasinya hehe…lebay yah kata suami). Sayur hijau seperti bayam dan katuk jadi cemilan. Dimasaknya kalo udah mau dimakan. Cemilannya berubah dari biskuit ke sayur bayam dan katuk.( meskipun tetep aja ngemil kacang kulit, biskuit, cracker ato roti).

*Mencari mood booster. Buat saya, makan donat dengan aneka topping cukup ampuh untuk meningkatkan mood pembangkit hormon produksi ASI.

Lalu gimana caranya stok ASIP bisa banyak? Saya mulai laktasi saat si faris umur seminggu. Awalnya hanya punya target satu hari satu botol. Nah, tambah lama tambah banyak deh itu stok ASIPnya. Satu hari bisa dapat 4-5 botol, bahkan bisa lebih kalo durasi laktasi antara 2-3 jam. Tips laktasinya, saya menyusui si Faris sambil memerah pakai pompa ASI. Lumayan lah, selama menyusui bisa dapat satu botol ASIP.
Merutinkan laktasi memang terkadang berat, ada saja halangannya mulai dari kecapekan mengurus baby sampai rasa kantuk yang tiada tara, menyusui memang harus egois kata hati saya jikalau godaan rasa malas datang. Sekalipun lagi malas, saya memaksakan untuk tetap laktasi dan upaya ini ampuh membuat saya untuk tetap teguh pendirian.

Nah terakhir, ini juga jadi kunci stok ASIP bisa banyak. Kuncinya adalah cinta dan dukungan dari suami. Alhamdulillah, suami beneran sukses memberi dukungan dalam pemberian ASI eksklusif. Buat para ayah asi, bantu dan dukunglah istri agar mereka selalu bahagia sehingga produksi ASI melimpah dan sukses menyusui. Semangat para pejuang asi \^^/

Tulisan ini diikutsertakan dalam Give Away AIMI Kepri “KASIh ibu sepanjang masa”