Trial Red Velvet Cupcake

2013-11-29-08-26-27_deco[1]Project kemaren adalah trial untuk persiapan ulang tahun suami. Sebenernya masih bulan depan sih tapi mumpung lagi ada waktu kusempet-sempetin trial resep cupcake red velvet ini. Memang sebelumnya aku sudah pernah belajar membuat red velvet cake dengan cheese cream sewaktu aku masih tinggal di Surabaya (itupun karena ikut kursus cake n bakery di TBK Arvian bersama Om Garry) akan tetapi aku merasa perlu sekali mencoba dan mempatenkan resep mana yang mau kubikin untuk project ulang tahun suami. Sekaligus aku mau hitung bisa jadi berapa pcs cupcake untuk setengah resep yang mau kucoba ini. Kan ini kue rencana mau dibawa ke kantor untuk dibagikan ke teman-teman satu seksinya jadi memang harus bener-bener dipersiapin, belum lagi ulang tahunnya nggak pas weekend jadi harus dengan persiapan matang karena aku otomatis nggak punya banyak waktu dan nggak di rumah buat urus printilan-printilan macam kasih topping ini dan itu. Jadi kue –kue ini harus kubuat di malam hari dan kukasih topping sebelum aku berangkat ke kantor. Demi apa coba?? Demi…..<3

Nah resep cupcake yang kepengen aku coba kali ini adalah resep dari blog Mbak Ricke  , mulailah sore menjelang malam kucoba bikin dengan bahan-bahan seadanya (intip-intip di container bahan kue nampaknya sudah mulai sekarat dan perlu diisi lagi, jadilah kumulai bikin. Ini dia resepnya

RED VELVET CUPCAKE

::CAKE ::

Bahan:

125 gr butter/margarine suhu ruang (bisa juga diganti dengan minyak)

250 gr gula kastor

2 telur uk L

1 sdt vanilla

250 ml buttermilk

2 sdt food colour

250 gr terigu protein rendah (saat trial saya tambahkan tepung maizena sedikit karena stok tepung udah habis)

15 gr coklat bubuk (kemerahan)

½ sdt garam

½ sdt baking powder

1 sdt cuka makan + 1 sdt soda kue dicampur

::TOPPING (Cream cheese frosting)::

Bahan:

– 140 gram cream cheese

– 3 sendok makan mentega

– 185 gram gula bubuk

– 2 sendok teh vanila ekstrak

Cara Membuat:

    1. Panaskan oven 180° C. Siapkan paper cup dan cetakan cupcake. Sisihkan.
    2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam, dan baking powder. Sisihkan.
    3. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang.
    4. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, aduk rata dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran tepung bergantian dengan buttermilk sambil dikocok rata. Diawali dan diakhiri dengan campuran terigu (terigu dibagi dalam tiga bagian, buttermilk dalam dua bagian). Matikan mixer.
    5. Campurkan soda kue dan cuka makan. Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang dalam papercup atau cetakan cupcake setinggi ¾ tinggi cup. Segera masukkan dalam oven.
    6. Panggang selama 25 menit (tergantung oven masing-masing). Jika permukaan kue terlihat mulai mengeras namun bagian tengahnya masih moistkeluarkan dari oven, test dengan tusuk gigi, jika bagian dalam masih basah panggang kembali sebentar.

2013-11-29-08-25-37_deco[1]ini penampakannya sebelum masuk oven

Note:

Jangan terlalu lama memanggang hingga permukaan cake kecoklatan, cake menjadi kering dan tidak moist. Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan di rak kawat hingga benar-benar dingin, sebelum frosting disemprotkan. (saya pakai teknik memanggang steam bake)

BUTTERMILK HOMEMADE

Bisa dibuat sendiri di rumah dengan mencampurkan 250 ml freshmilk/UHT (hangatkan sebentar) dan 1 sdt cuka makan (saya pake merk prenjak) atau 1 sdm air jeruk nipis/lemon. Kemudian diaduk rata, diamkan selama 5-10 menit. Susu akan pecah/ menggumpal dan mengental seperti yogurt.

MEMBUAT FROSTING
Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese dan mentega, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga putih, mengembang dan ringan. Kira-kira 2-3 menit. Kurangi kecepatan mikser menjadi sangat rendah, masukkan gula bubuk dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik.

Naikkan kecepatan mikser menjadi sedang, kocok kembali selama 2-3 menit. Masukkan vanilla ekstrak dan sedikit pewarna makanan (karena aku ingin frostingnya bernuansa pink) kemudian kocok hingga tercampur rata. Matikan miser, masukkan cream cheese ke dalam plastik segitiga dengan spuit motif kembang diujung plastik.

2013-11-29-08-24-23_deco[1]

setelah dingin mulai dihias dengan frosting 😀

Last, Semprotkan frosting di permukaan cupcakes (pastikan dalam kondisi sudah dingin cakenya). Syelamat menikmati ^,^  (untuk review next deh, udah malem nih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *