Trenggalek Itu Mana

Trenggalek itu mana sih ? Trenggalek adalah kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Timur. Mungkin tidak semua orang kenal dan tahu dimana itu trenggalek.

Sejak Pilkada tahun 2015 silam, Trenggalek dipimpin oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati termuda di Indonesia, yaitu Bapak Emil Elistianto Dardak dan Bapak Mochamad Nur Arifin yang resmi dilantik pada 17 Februari 2016 kemarin. Emil Dardak sendiri kita tahu adalah suami dari artis Arumi Bachsin, dan hal ini juga yang membuat Trenggalek menjadi semakin dikenal. Betapa tidak! Setelah dipimpin oleh Pak Emil, sapaan akrab beliau. Trenggalek jadi sering masuk TV dan tentunya semakin banyak kegiatan positif yang berkembang di Trenggalek. Terakhir, bulan Oktober 2017 diadakan Festival Kesenian Kawasan Selatan Jawa Timur yang dimeriahkan oleh tim tari Guruh Sukarno Putra dan rangkaian acaranya diisi oleh artis ibukota.
Meskipun Trenggalek terbilang kabupaten kecil, namun Trenggalek memiliki segudang budaya yang dimilikinya. Diantaranya ada Tari Turonggo Yakso. Tari Turonggo Yakso merupakan kesenian asli kabupaten Trenggalek. Yang pada awalnya kesenian ini berasal dari β€œBARITAN” yaitu sebuah ritual yang sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat kecamatan Dongko, salah satu kecamatan di Trenggalek. Tari Turonggo Yakso ini berbeda dengan Kesenian Jaranan yang lain. Perbedaan itu terletak pada kuda-kudaan yang ditungganginya. Jika pada Kesenian jaranan, kuda tersebut menggambarkan kuda yang benar-benar berbentu kuda. Sedangkan pada Tari Turonggo Yakso, kuda yang dipakai untuk tampil adalah kuda yang berbentuk Buto (Raksasa). Tari ini menceritakan tentang para ksatria yang menunggangi Buto (raksasa) yang berjuang melawan kejahatan yang biasanya diperagakan Barongan dan Celeng. Bahkan untuk meningkatkan kreatifitas dan kecintaan terhadap kesenian ini, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengadakan Festival Jaranan Trenggalek Terbuka yang diadakan setiap tahun. Selain Turonggo Yakso, masih banyak lagi budaya yang dimiliki Trenggalek, seperti Larung Sembonyo, Nyadran, upacara Dam Bagong, Tiban, acara Pawai Budaya tahunan, dan lain lain.

Turonggo Yakso

πŸ“² post by @ermiko Trenggalek Ethnic Carnival 🎑 πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ» 🌐 #TrenggalekEthnicCarnival βž–βž–βž– πŸ“² Follow : @ilovetrenggalek πŸ’š Hashtag : #ilovetrenggalek πŸ“© Email : ilovetrenggalek@gmail.com πŸ‘ Facebook : http://facebook.com/ilovetrenggalek 🌏 Website : www.ilovetrenggalek.com 🚩 Location : Trenggalek, East Java, Indonesia, South East Asia βž–βž–βž– πŸ“‘ tag : #trenggalek #trenggalekhits #visittrenggalek #eastjava #jawatimur #indonesia #exploretrenggalek #akutresnotrenggalek #aslitrenggalek @ilovetrenggalek @kustinpamoelar @cylacylo #ethnicdance #trenggalekhits #trenggalekview #visitindonesia #visittrenggalek #pesonaindonesia #sonyalpha6300

A post shared by I L❀VE TRENGGALEK (@ilovetrenggalek) on

Selain budaya, tentu saja Trenggalek mempunyai banyak ragam kuliner yang bisa dicicipi. Salah satunya adalah Lodho Ayam. Lodho ayam adalah olahan daging ayam yang terbuat dari aneka rempah pilihan dan santan. Kuahnya berwarna kuning kemerahan dengan citarasa khas. Warna itu diperoleh dariΒ Β kunyit dan cabai merah. Sedangkan citarasa itu diperoleh dari cabai, merica, dan pala yang menciptakan sensasi pedas yang khas. Selain dari bumbu, citarasa yang khas juga diperoleh dari daging ayam kampung yang dipanggang si atas arang terlebih dahulu sebelum direbus bersama dengan kuah. Perpaduan antara kuah, racikan bumbu yang pas, dan ayam panggang yang gurih menciptakan citarasa yang lezat dan susah dilupakan. Jika makan lodho ayam, tidak lengkap kalau tidak makan dengan nasi gurih dan urap urap. Nasi gurih ini biasanya di kota-kota besar disebut nasi uduk, sedangkan urap-urap adalah sayuran yang direbus kemudian di beri kelapa muda parut yang telah dibumbui. Nah, ini yang bikin saya selalu kangen pulang kampung. Harap dimaklumi, saya pun belum bisa masak lodho yang medog seperti asli dari kampung saya.

Trenggalek memiliki banyak ciri khas makanan diantarnya adalah Alen-alen, Tempe Kripik, Sale pisang, Nasi tiwul, Gegok dan masih banyak lagi. Rasanya yang kental dengan rempah.

Lodho Ayam Kampung lengkap dengan nasi gurih dan urap-urap

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa Trenggalek memiliki pantai – pantai yang indah. Wisata pantai seperti Pantai Prigi, Pantai Konang, Pantai Pasir Putih Karanggoso, Pantai Pelang, Pantai Damas, Pantai Blado, Pantai Cengkrong patut untuk dikunjungi jika singgah ke Trenggalek. Pesona pantai yang ada di Watulimo menyuguhkan deretan pasir putih dan laut biru yang tak akan kalah dengan pantai di Bali atau Lombok. Pantai ini berada di kecamatan Watulimo, jika kita pergi ke pantai Karanggongso ke arah timur. Di kawasan ini terdapat 4 pantai yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu Pantai Mbangko’an, Pantai Watulunyu, Pantai Ciut, dan Pantai Mbesetan. Hutan mangrove juga menjadi salah satu icon wisata alam yang tentu tidak bisa tertandingi dengan kota lain. Trenggalek juga banyak memiliki tempat wisata bukan hanya pantai tetapi juga Air terjun, Goa Lawa, Hutan Kota bahkan yang terbaru ada wisata air BanyuNget.

Monggo Tindak Trenggalek πŸ“Ή by @ermiko 🚩 #PesonaWatulimo | #KaranggongsoBeach βž–βž–βž– πŸ“‹ #KaranggongsoBeach is about 3 Km, east of Prigi, Trenggalek, East Java. The beach is 1,5 Km long with its white sand, gullet and clear water which enables the tourists to take a bath. This beach is located in Tasikmadu village. With its natural scenery around, Karanggongso Beach is suitable for the visitor to enjoy the sea air and the waves. There are big stones around the beach. The visitor can sit there, watch the waves and feel the wind. This beach is one of the beautiful beaches in Trenggalek regency that can attract both the domestic and foreign tourists. βž–βž–βž– πŸ“‹ Pantai Karanggongso mempunyai garis pantai yang cukup panjang, sebelah Barat berbatasan langsung dengan pantai Pasir Putih dan sebelah timur berbatasan dengan pantai Mbangko’an. Pantai Karanggongso berpasir putih, dengan pasir yang cukup lembut dan ombak yang lumayan tenang βž–βž–βž– πŸ“‘ tags : #trenggalek #visittrenggalek #aslitrenggalek #exploretrenggalek #akutresnotrenggalek #trenggalekhits #trenggalekview #beachlovers #beach #pantaikaranggongso #nature #landscape #watulimo #karanggongso #sea #bananaboat #pantai #wisataalam #drone #videotrenggalek

A post shared by I L❀VE TRENGGALEK (@ilovetrenggalek) on

Nah, bagaimana sekarang sudah tahu Trenggalek? Makanya datang ke Trenggalek, yang bosan dengan hiruk pikuk kehidupan kota, datang saja ke Trenggalek melepas penat dengan menghirup udara sejuk Trenggalek ini, argh saya ingin pulang kampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *