Apa yang ada di benak kalian ketika bicara mengenai kuliner India? 

Capathi? Biryani? Ataukah Kari?

Bila kalian berkesempatan mengunjungi India, cobalah makanan dengan nama unik yang satu ini “Masala Dosa”. Sekilas nama makanan ini hampir mirip dengan kata ‘masalah’ dan ‘dosa’ dalam Bahasa Indonesia. Jika di Indonesia masalah menimbulkan dosa, lain halnya di India Masala  dan dosa justru membuat kenyang perut si penikmatnya.

Masala Dosa atau sering juga disebut dosha atau dose merupakan makanan sejenis crepe  terbuat dari adonan hasil fermentasi beras dan kacang hitam. Masala Dosa merupakan makanan pokok masyarakat di negara bagian India Selatan seperti Tamil Nadu, Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala dan Telangana. Namun makanan ini juga bisa ditemukan diseluruh negara bagian India lainnya, bahkan telah menyebar ke negara Asia lainnya seperti Sri Lanka, Mauritius, Myanmar, Nepal, Bangladesh, Malaysia dan Singapura. Bahkan menurut survey, masaladosa pernah menjadi salah satu makanan terenak di dunia. 

Masala Dosa biasanya disajikan sebagai sarapan ataupun makanan ringan, karena makanan yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tanpa kandungan gula dan lemak jenuh. Masala Dosa biasanya dihidangkan dengan isian berupa campuran kentang tumbuk dan rempah-rempah lainnya dilengkapi dengan saus khas India chutney (semacam saus berwarna kuning muda berbahan dasar santan kelapa) atau sambar. Masala Dosa sangat mudah ditemukan di hampir seluruh restoan di India dengan kisaran harga Rs.50 sampai Rs.100 atau sekitar 10 hingga 20 ribu rupiah. Makanan ini tidak hanya bersahabat di kantong tetapi juga bersahabat bagi lidah orang Indonesia, terutama bagi mereka yang agak sensitif dengan masakan India yang penuh dengan rempah-rempah.Mungkin saya akan sangat merindukan makanan ini jika saya sudah tidak tinggal di Batam, hiks. 

Cara membuat Masala Dosa bisa dibilang agak rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu bahan-bahan untuk membuatnya pun bisa dibilang susah di temukan di tanah air seperti dal, flattened rice dan fenugreek seeds. Namun prinsip pembuatannya hampir mirip dengan cara membuat crepe atau lekker di Indonesia, bedanya Masala Dosa terbuat dari beras dan dal yang sudah di fermentasi selama 8-9 jam. Setelah adonan dosa di fermentasi tahap selanjutnya adalah membuat kulit dosa seperti halnya membuat crepe, lekker atau pancake, yaitu dengan menuangkan sedikit adonan ke panci Teflon yang sudah diberi sedikit minyak atau mentega kemudian panci diputar-putar untuk membuat adonan berbentuk bulat. Setelah kulit dosa selesai saatnya mengisinya dengan isian dengan bahan sebagai berikut:

–  Kentang rebus, tumbuk

–  Cabai hijau sesuai selera, cincang

–  Bawang merah atau bisa diganti bawang bombai, cincang

– Biji jintan, (optional)

– Kacang mete, (optional)

– Daun kari dan daun ketumbar, bisa diganti dengan daun bawang atau seledri

– 1 ruas Kunyit dan jahe

– 1 sdm minyak

– Garam sesuai selera

Cara membuat isiannya cukup mudah yang pertama panaskan minyak lalu masukkan irisan bawang merah dan daun bawang, aduk aduk dan tunggu sampai harum kemudian masukkan jahe, kunyit dan cabai hijau lalu tunggu sampai harum, kemudian masukkan kentang tumbuk, biji jintan, kacang mede dan garam sesuai selera, aduk aduk hingga rata, masak selama 4-5 menit lalu angkat. 

Hidangkan Masala Dosa dengan cara menambahkan isian kentang ke dalam kulit dosa lalu gulung atau lipat membentuk segitiga. Masala Dosa siap untuk dihidangkan.

Bagi yang belum berkesempatan mengunjungi India jangan khawatir, Masala Dosa bisa dinikmati saat kita singgah ke rumah makan india yang ada di Indonesia. 

Masala Dosai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *