Terapung atau Tenggelam? 

Hari ini kami belajar konsep 

“Terapung dan Tenggelam”

Kami mencoba eksperimen Sains sederhana,saya menjelaskan pada Faris konsep tenggelam dan terapung.
Menggunakan jeruk, apel, mangga, Faris memasukkan ke dalam air dan lihat apakah buahnya mengapung atau tenggelam. Mama juga sudah siapkan apel dan jeruk yang dikupas.

Ternyata semuanya mengapung, kecuali jeruk yg sudah dikupas.
Hal itu disebabkan adanya rongga udara di pori-pori kulit jeruk yang menahan jeruk supaya tetap mengapung, ketika kulitnya dikupas jeruk akan tenggelam. Jadi kulit ibarat baju pelampung.

Kenapa jeruk yang besar tidak tenggelam? Selain karna masih memiliki kulit, konsep terapung dan tenggelam itu tidak ditentukan dari berat buah, tetapi massa jenis. Jeruk yang tenggelam karena massa jenis jeruk (tanpa kulit) lebih tinggi dibanding air.

Membaca informasi mengenai Hewan cacing

.

Kenapa air mancur jatuh? Karena ada gaya gravitasi.

.

Kenapa nenek sudah tua giginya rusak?
Setiap manusia mengalami fase pertumbuhan dalam kehidupannya. Kalau nenek itu berada pada tahap akhir kehidupan makanya lama-lama beberapa bagian dari tubuhnya akan merasakan lelah atau bahkan terjadi kerusakan. Misalnya gigi nenek rusak karena sudah lama dipakai untuk makan dan terkena zat-zat yang dapat menipiskan email gigi. Faris tau kan email gigi fungsinya untuk apa? Untuk melindungi gigi agar tidak mudah rusak dan keropos.

Hari ini faris belajar bersama dengan papanya karena mama mengikuti kegitan rumah belajar ibu profesional batam jadi hari ini papa yang bertugas sebagai fasilitator. Faris menemui banyak hewan saat belajar outdoor sehingga muncul pertanyaan dimana tempat tinggal hewan?
Hewan Allah ciptakan berbagai macam jenis dan rupanya. Semua hewan yang Allah ciptakan sepaket lengkap dengan fungsi dari organ tubuhnya. Misalnya ikan, ikan diciptakan dengan kesempurnaannya sehingga bisa berenang karena memang Allah ciptakan untuk tinggal di air, berbeda dengan kucing misalnya Allah menciptakannya dengan 4 kaki yang fungsinya untuk mencari makan dan membuat sarang. Jadi semua sudah Allah ciptakan pada porsinya dan sesuai dengan kebutuhannya.
.
.
.
Muncul lagi pertanyaan dari Faris kenapa burung bisa berenang tetapi tidak tinggal di air? Karena Allah memberikan kemampuan bisa berenang agar burung mudah mencari makanan yang ada di air. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *