Belajar apa hari ini? Minggu keempat di pekan terakhir bulan Oktober alhamdulillah kami berkesempatan olahraga santai bersama di taman golf Sukajadi. 

Berangkat pukul 07.00 kurang dari rumah saya sementara meninggalkan pekerjaan domestik yang sudah kepending dari kemarin 
Saat perjalanan menuju taman, Faris excited sekali karena bertemu dengan traktor dan bisa melihatnya dari dekat. 

Di sela-sela jogging saya dan Faris melakukan pengamatan dan foto sana sini. Kami membahas jenis-jenis rumput yang ada di taman ini. Pada dasarnya semua rumput yang hidup itu merupakan rumput liar mungkin karena bentuk teksturnya yang indah dan enak dipandang maka sebagian orang memanfaatkan rumput tersebut sehingga namanya bisa terkenal hingga saat ini.
Terdapat banyak sekali jenis rumput liar, ada yang bentuknya pendek-pendek tidak mempunyai batang pohon tegak ada seperti rumput jepang dan ada juga rumput yang mempunyai batang pohon tinggi contoh seperti rumput gajah yang bisa tumbuh tinggi seperti tebu.
Selain itu ada juga macam-macam rumput yang mempunyai batang dan daun namun bentuknya kecil, rumput jenis ini biasanya dikategorikan sebagai hama pengganggu pada tumbuhan yang ditanam oleh para petani, karena memang rumput jenis ini banyak terdapat di sela-sela tanaman seperti padi, kedelai, dan pada tanaman sawah lainnya.

Rumput yang kami ditemukan di taman golf sukajadi diantaranya :

1. Rumput ilalang/alang-alang
Rumput ilalang nama lain dari alang-alang. Rumput jenis ini banyak kita jumpai di pinggiran jalan, hutan maupun persawahan yang tanahnya sudah mengering, dilihat dari perkembangannya rumput ilalang ini memang sangat cepat dalam memperbanyak keturunan bibitnya hal itu ada beberapa faktor.
Antara lain dari cara hidupnya pada umumnya rumput ilalang tumbuh bergerombolan di tempat-tempat tertentu hal itu memudahkan mereka dalam menyebarkan benih bijinya ditambah juga model bunganya yang mirip dengan kapas sehingga jika terkena angin sangat mudah untuk berterbangan.

2.Rumput Teki
Rumput teki merupakan tanaman tahunan, ia bisa tumbuh sampai dengan tinggi 140 cm tumbuh dengan daun biasanya berjajaran samping kanan kiri menjadi 3 bagian, batang bagian bawah berwarna putih, di bawah batang di sela-sela akar ia mempunyai umbi yang bisa diambil banyak manfaatnya. Menurut beberapa penelitian diantaranya bisa untuk pembuatan bioetanol dan obat kuat untuk ayam petarung. 

3.Rumput Grinting
Rumput grinting mempunyai kelebihan tersendiri di antara jenis-jenis rumput lain kelebihannya adalah kekuatan bertahan hidupnya yang tidak diragukan lagi ia mampu bertahan hidup pada musim kemarau yang berkepanjangan akan tetapi rumput jenis ini juga tidak diminati oleh para hewan ternak.
Pada awalnya rumput grinting ini merupakan tumbuhan pantai yang saat ini perkembangannya menyebar ke penjuru tempat sampai dengan persawahan. Di sawah rumput ini menjadi gulma yang sangat mengganggu pertumbuhan tanaman utama yang ditanam oleh para petani. 

Selain mengamati jenis-jenis rumput, kami juga melakukan pengamatan berbagai macam bentuk daun dan fakta tentang tanaman putri malu. 
Meski sudah sering bereksplorasi dengan tanaman yang satu ini tetapi Faris tidak pernah bosan. Pertanyaan berulang mengenai kenapa putri malu mengatup ketika disentuh? 
Putri malu atau yang bernama latin Mimosa pudica ini memiliki keunikan yaitu daunnya langsung mengatup begitu disentuh.
Tapi nggak cuma karena sentuhan aja loh putri malu bereaksi seperti ini tetapi juga karena rangsangan lain seperti goyangan, tiupan, maupun ketika ada rangsangan berupa panas. Gerakan menutup daun putri malu ini disebut seismonasti.
Gerakan menutup daun ini terjadi ketika bagian tertentu dari sel kehilangan tekanan tugor, yaitu tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya.
Jadi ketika tanaman diberikan rangsangan, bagian tertentu pada batang terstimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia termasuk ion potasium yang memaksa air keluar dari vakuola dan air berdifusi keluar sel yang menyebabkan hilangnya tekanan dalam sel, sehingga sel menjadi kempis.
Perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu dalam sel mengakibatkan mengatupnya lembaran daun. Rangsangan ini juga bisa diteruskan ke daun-daun lain yang berdekatan.
Para ilmuwan menduga bahwa kemampuan tanaman untuk menyusutkan bagian-bagiannya merupakan sebuah mekanisme pertahanan dari pemangsa.

Hewan pemakan tumbuhan sebagai pemangsa barangkali takut pada tanaman yang dapat bergerak cepat merespon rangsang dan akan lebih memilih tanaman yang diam saja ketika diberikan rangsang.
Pada tumbuhan putri malu coba kamu perhatikan deh warna daun bagian bawahnya pasti berwarna lebih pucat. Ketika daun menutup, bagian bawah yang pucat inilah yang terlihat di luar sehingga hewan yang tadinya ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan kehilangan selera untuk memakannya.
Banyak yang bisa kami pelajari dari alam. Betapa Allah menciptakan berbagai macam jenis makhluk hidup dengan membawa manfaatnya masing-masing. Bagaimana kita tidak makin cinta kepada Allah sedangkan dengan melihat ciptaanNya saja kami sangat terharu biru. Setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan ke pasar basah untuk belanja ikan dan sayur. Dalam perjalanan kami bertemu dengan mobil alat berat sakai TS7409. Kami di dalam mobil terheran-heran melihat pneumatic tired roller ini karena baru pertama kali melihat roller jenis pneumatic. 

Apa itu pneumatic tired roller? 
Ini adalah salah satu jenis alat berat roller yang memiliki roda penggilas dari ban karet. 
Roda-roda penggilas jenis ini terdiri atas roda-roda ban karet yang dipompa (pneumatic). Susunan dari roda muka dan roda belakang selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda bagian depan akan digilas oleh roda bagian belakang. Roda-roda ini menghasilkan “kneading action” (tekanan) terhadap tanah sehingga membantu konsolidasi tanah. Tekanan yang diberikan oleh roda terhadap permukaan tanah dapat diatur dengan cara mengubah tekanan ban. Makin besar tekanan ban, makin besar pula tekanan yang terjadi pada tanah. Sumbu dari roda dapat “bergoyang” mengikuti perubahan permukaan tanah, hal ini dapat memperbesar “kneading action” tadi.
Pneumatic tired roller sangat cocok digunakan pada pekerjaan penggilasan bahan
granular, juga baik digunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai “penggilas antara”. Sebaiknya tidak digunakan untuk menggilas lapisan yang berbatu dan tajam karena akan mempercepat kerusakan pada roda-rodanya. Bobotnya dapat ditingkatkan dengan mengisi zat cair atau pasir pada dinding-dinding mesin. Jumlah roda biasanya 9 sampai 19 buah, dengan konfigurasi 9 buah (4 roda depan dan 5 roda belakang), 11 buah (5 roda depan dan 6 roda belakang), 13 buah (6 roda depan dan 7 roda belakang), 15 buah (7 roda depan dan 8 roda belakang).
Penasaran hari ini kita ngapain lagi? Stay tune tunggu lanjutan cerita perjalanan kami hari ini.. Love 

Banyak Cerita di Hari Minggu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *