Wikipedia , GeoBoard :

“A mathematical manipulative used to explore basic concepts in plane geometry such as perimeter, area and the characteristics of triangles and other polygons.”

Geoboards may be used to learn about:

plane shapes,translation,rotation,reflection,similarity,co-ordination,counting,right angles,pattern,classification,scaling,position,congruence,area,perimeter.




Apa sih geoboard itu? Pertama kali saya melihat papan geobard atau papan geometri ini di website IMC . Saya tertarik ingin mengajak Faris mendalami berbagai macam bentuk melalui media ini. Sepertinya mengasyikan dan anak pun bisa berkreasi semau dia. Saya sharing kepada suami saya dan meminta tolong dibelikan jika belanja di pasar seken ketemu geoboard seperti yang saya tunjukkan. Rasanya seperti diingatkan pada masa lalu suami saya bercerita kalau papapan geometri ini memang merupakan permainan yang mengasyikan. Dulu sewaktu sekolah TK, suami saya sering kesal karena berebut giliran jika ingin bermain geoboard. Geli rasanya mendengar curhatannya, kenapa? Alasannya beliau selalu mendapat giliran yang paling terakhir karena badannya kecil jadi kalah cepat dengan temannya yang lebih besar. Sebelum memutuskan untuk membeli, awalnya suami saya ingin membuat sendiri geoboard ini memakai paku tancap (tetapi saya kurang yakin dengan cita-citanya yang sering nggak kesampaian :D) tetapi alhamdulillah malah dapat saat hunting kemarin. 

Papan Geometri yang saya dapatkan di akhir pekan kemarin rasanya seperti harta karun bagi kami. Memang kalau sudah rejeki tidak akan kemana, Allah sungguh Maha Penyayang. Tidak butuh waktu lama alhamdulillah kami bisa belajar sambil bermain dengan papan ini. Nggak perlu lagi bebikinan karena geoboard ini masih sangat bagus. Tadi pagi kami mencoba mengeksplorasi papan geometri ini dan bentuk pertama yang Faris buat adalah huruf alif. Yaiyalah ini paling sederhana dan mudah. Setelah saya membaca banyak artikel dan jurnal ternyata banyak sekali manfaatnya bahkan bisa dipakai sebagai media pembelajaran hingga tahap lanjutan alias sekolah dasar.

Bahkan papan geometri sederhana dan karet gelang loomband ini cukup menarik perhatian Faris begitu lama. Awalnya Faris sedikit kesulitan menarik karet gelangnya dan setelah beberapa kali akhirnya ia menemukan cara yang pas. Setelah itu diputar-putar dan dibuatlah bentuk yang aneh-aneh sesuai imajinasinya. Bukan lagi bentuk bangun geometri tetapi membuat bentuk tangga, es krim, rumah bahkan bebek.

day 1

Banyak manfaat dari segi pengasahan keterampilan kehidupan , menguatkan otot-otot jari untuk prewritingskill, bermain dengan papan geometri ini juga melatih kesabaran dan fokus konsentrasi anak. Awalnya Faris kadang kesal kalau belum berhasil menarik karetnya ke bagian yang ia inginkan, sedikit bosan tetapi lama kelamaan ia belajar dengan pengalaman bahwa karetpun ada berbagai ukuran, dan ia lebih bisa membuat perkiraan. Sebagai pemanasan Faris membuat garis-garis vertikal dan horizonal baru setelah itu ia mulai eksplorasi membuat bentuk kotak persegi, segitiga, dll.

Fungsi bermain geoboard adalah sebagai media perkenalan dengan berbagai bangun geometri. Tetapi yang lebih penting adalah untuk kegiatan pra menulis dan pra membaca. Selain itu tentunya menjadi dasar yang baik untuk pengenalan terhadap dasar matematika. Mempelajari bangun geometri secara sensorial alias bisa disentuh dan diraba oleh anak kinestetik sangat membantu dalam proses pembelajaran. Bahkan Faris selalu menikmati metode belajar seperti ini bukan hanya menggunakan gambar yang bersifat abstrak. Yuk kenalan dengan geoboard 邏

Berkenalan dengan Geoboard, Metode Belajar Matematika Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *