Science with Kids : Mengenal Arus Listrik

Dalam rangka mengenalkan apa itu listrik kepada Faris hari ini kami mencoba merakit media belajar elektronika dalam bentuk flashing card set dari bareconductive. Listrik bukan menjadi hal asing bagi anak-anak. Hampir setiap rumah zaman sekarang pasti sudah menikmati listrik untuk keperluan hidup sehari-hari. Dengan adanya arus listrik di rumah, aktivitas harian menjadi lancar dan menyenangkan. Coba hitung ada berapa alat elektronik yang teman-teman miliki di rumah?

Gimana sih caranya kok listrik bisa mengalir ke rumah kita, Ma? “, tanya Faris.
Arus listrik ini berasal dari pembangkit listrik, yang sumber energinya bersumber dari tenaga sinar matahari, air, angin, dan lain-lain. Arus listrik yang tercipta akan dihubungkan dengan berbagai alat seperti alat penerangan (lampu) dan berbagai alat rumah tangga, seperti; kulkas, kipas angin, blender, televisi, komputer, laptop, dan masih banyak yang lainnya.

Sebelumnya, Faris dan Mama sudah pernah membahas sekilas mengenai konsep dasar arus listrik. Sifat aliran listrik dalam suatu penghantar (kawat, kabel) sama dengan sifat air. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Dalam konsep arus listrik, tempat ini dimaknai sama dengan potensial. Sehingga dikatakan arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah.

Arus listrik adalah muatan yang berpindah dalam suatu penghantar.
Faris bertanya, “Kalau listrik itu termasuk makhluk apa ya, Ma? Makhluk hidup atau benda mati ya, Ma?, “ tanya Faris.
Kalau termasuk benda mati tetapi kenapa listrik bisa menyala ya, bisa dirasain.

Faris berusaha mengkategorikan arus listrik ini termasuk jenis benda mati yang misterius hahaha… (insyaAllah nanti akan ada bahasan yang lebih menarik dan detil sesuai pemahaman Faris).

Selain harus ada sumber arus listrik, juga harus ada penghantar (kawat, kabel). Penghantar ini menjadi media untuk mengalirkan arus listrik ke rumah atau bangunan yang membutuhkannya. Penghantar arus listrik haruslah terbuat dari bahan logam yang bersifat konduktor. Dalam kegiatan belajar hari ini, Faris menggunakan flashing card set buatan sebuah perusahaan bernama Bare Conductive. Perusahaan asal London, Inggris ini membuat sebuah cat yang mampu menyalurkan listrik atau bisa di sebut sebagai konduktor.

Dari cat konduktor ini, ternyata bisa juga loh dikembangkan ke dalam bentuk peralatan elektronik. Misalnya sebagai saklar atau sensor. Penggunaannya juga sangat mudah, kita tinggal mengoleskan cat tersebut pada cetakan yang bisa kita desain sendiri, nah setelah cat tersebut kering, cat tersebut sudah bisa dijadikan sebagai konduktor peralatan elektronik.

photo credit by IG

Dokumentasi Pembelajaran (8/12/17)

🔖Tema : science

📍Tujuan pembelajaran : Mengenal Arus Listrik (Merakit Flashing Card)

🔖Usia anak: 3th

📍Bahan:
3 Flashing Card Set
3 led light
3 Hole pin
1 tube electric paint

🔖cara membuat&proses:

1.Buat lubang sebanyak 4 titik, di kutub negatif dan kutub positif sesuai dengan petunjuk gambar yang ada di card.

2.Masukkan led light tekan bagian kakinya yang lebih panjang ke bagian lubang kutub positif dan bagian kaki yang lebih pendek ke bagian lubang kutub negatif.

3.Masukkan batrei, tekan bagian atas batrei (terdapat garis berwarna kuning) melalui lubang kutub positif dan bagian bawah batrei melalui lubang kutub negatif. Kaitkan dan pastikan semua bagian terpasang dengan aman.

4.Oleskan electric paint mengikuti garis berwarna putih. Pastikan masing-masing kaki komponen sudah terhubung dengan lem sehingga membentuk sirkuit/rangkaian listrik.

5.Tunggu selama 15 menit agar electric paintnya mengering. Here comes the amazing part. Lampu pun berkedip karena ada aliran listrik 😍

Buat Mama yang ingin mengajarkan ananda untuk mengenal elektronik sejak dini, bermain dengan cat ini pastinya akan memberi pengalaman yang lebih seru dan menarik buat mereka.

Buat teman-teman yang tertarik membelinya, bisa beli di sini atau yang kepengen hemat dan suka bebikinan bisa juga loh buat sendiri flash cardnya, tinggal beli cat konduktivenya banyak kok dijual online di matketplace. Selamat berkreasi 💕

One thought on “Science with Kids : Mengenal Arus Listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *