RESUME KULIAH WHATSAPP OLAH JELANTAH

credit photo by mba DK wardhani

πŸ“† *Hari, tanggal: Rabu, 13 Desember 2017*
⏰ *jam : 13.00 – 15.00 WIB*

Narasumber :
βœ… *Mbak “Dini” Dian Kusuma Wardhani*
βœ… *Mbak Krismariana Widyaningsih*
Moderator : Niken TF Alimah

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺

_Sekapur sirih…_
*MINYAK GORENG BEKAS (JELANTAH)*
πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

Assalamu’alaikum warohmatullah,

Kami menyadari bahwa minyak jelantah masih menjadi MASALAH dalam mengolah LIMBAH rumah tangga. Sebagian besar orang membuangnya ke badan air. Nah, ini yang berbahaya karena bisa mencemari dan juga mengganggu/menzolimi mahluk hidup dan ekosistem sungai-laut.

_*Ah kan sedikit ini!*_

Ya, jika 1 orang memang sedikit tapi banyangkan jika 1 RT-Kecamatan-Kota semua membuang ke wastafel?

1 keluarga membuang 200 ml bisa dibayangkan berapa banyak jika 1 kota.

_*Saya kan nggak menghasilkan jelantah…*_

Alhamdulillah kalau tidak menghasilkan jelantah, ilmu ini bisa ditularkan ke yang lain. Meskipun kita pribadi tidak menghasilkan jelantah tapi sekitar kita belum tentu kan?

Bukankah ada tetangga sebelah rumah, tukang gorengan, tukang kerupuk, pengusaha keripik, warung lalapan, catering, dan sebagainya yang semuanya mungkin masih _byuuuur_ buang jelantah ke selokan.

Dengan BISMILLAH, KAMI mencoba BERGERAK menyelesaikan masalah minyak jelantah yang biasanya dibuang begitu saja ke tempat cuci piring, masuk selokan dan akhirnya ke sungai.

Muncul inisiatif di beberapa daerah untuk memanfaatkan minyak jelantah, salah satunya di MALANG. Gerakan pengumpulan minyak jelantah ini, tentu saja BERBEDA dengan kota-kota lain.

Oiya,sedikit gambaran untuk Gerakan Sedekah Jelantah Kota MALANG:

1⃣ Inisiatif kegiatan ini muncul dari jejaring pertemanan yang punya kesamaan rasa, yaitu prihatin pada pencemaran lingkungan.
2⃣ Yang baru terpikirkan adalah mengolahnya menjadi sabun padat dan menyalurkan ke pelosok yang belum teraliri listrik.
3⃣ Sifatnya DONASI atau SEDEKAH, dan bukan sekadar memberikan sampah minyak. Karena kami juga ingin memberikan EDUKASI, seperti menyaring jelantah, mengolahnya menjadi sabun, dll.

Fokusnya memang pada membangun KESADARAN bersama untuk bisa mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah yang dihasilkan rumah tangga. Semoga bisa menjadi inspirasi kota lain.

*JANGAN TANYA DI KOTAKU SUDAH ADA BELUM YA?*

*TAPI MULAILAH…!!!*

*KOTAMU MEMBUTUHKANMU…*

*SAATNYA BERGERAK!*

*Inisiator Gerakan Sedekah Jelantah*
-Sahabat Alam Cilik & Green Mommy-

πŸƒ IG : @dkwardhani
FB: ‘Dini’ dian kusuma wardhani
πŸƒ IG:@krismariana.menik
FB: Krismariana Widyaningsih

*Persiapan Awal Olah Jelantah*

Dear kawan-kawan peserta Olah Jelantah, ada baiknya kawan-kawan mulai mencicil *persiapan Jelantah* untuk Olah Jelantah yaa. Mumpung masih hari Senin yess πŸ€—

Apa saja persiapannya?
1⃣ *minyak jelantah* minimal 500 ml yaa
2⃣ *simpan jelantah* dalam wadah tertutup di botol, jerigen, atau apapun.
3⃣ *pisahkan* minyak jelantah yg masih bening dengan yg sudah hitam
4⃣ pastikan minyak *tidak tengik*
5⃣ minyak bau ikan? Pisahkan dulu.
6⃣ minyak jelantah yg kita gunakan adalah *minyak nabati* yaa

βœ… Yang disebut *jelantah adalah semua minyak bekas pemanasan dari kegiatan menggoreng*. Boleh bekas tempe, ayam, ikan, krupuk dll.

Sebetulnya bebas saja, nggak ada kategori tertentu telah dipanaskan berapa kali. *Tujuan kita adalah mengolah limbah.* Bahkan yang terhitam sekalipun. Tapi kalau mampu untuk memilah bening atau hitam, monggo.. bisa dipakai eksperimen.

βœ… Jika kurang dari 500 ml, bisa dipakai untuk setengah resep.

βœ… *kalau saya tidak menyebutkan secara spesifik, artinya bebas ya.*

βœ… *Minyak nabati itu minyak dari tanaman.* Misalnya: minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan minyak kedelai.

Minyak hewani adalah minyak yg berasal dari hewan.

Kita pakai minyak nabati, karena itu yang kita pakai sehari-hari.

*Resume Sesi Tanya Jawab*

*1. Bagaimana jika tidak punya timbangan digital?*
➑ Untuk mengolah sabun jelantah, angka NaOH tidak harus sangat presisi, boleh ada toleransi. Dicoba saja untuk pakai timbangan biasa, asal wadahnya jangan tercampur makanan.

Jika memakai timbangan digital, pastikan timbangan menunjukkan angka nol saat wadah diletakkan di timbangan. Kawan-kawan bisa memijit tombol “tare” untuk mengatur angka timbangan menjadi “nol” setelah wadah diletakkan di timbangan. βœ…

*2. utk jlantah yg bau sbelum dicmpur dg arang apa msti disaring dulu ato nanti stelah trcmpur dg arang, trmkasih πŸ€—*
➑ Boleh disaring kasar dulu, beri arang panas, baru disaring kain. Dan ukuran berat adalah setelah diserap arang dan disaring kain ya. Jadi sudah bersih baru ditimbang. βœ…

*3. Saya baca beberapa bahan dan alat ternyata sebagian besar belum siap. Apa dari kulwap ini nantinya kami mesti berhasil membuat sabun dr jelantah?*
➑ Grup ini akan dibuka 1 minggu, untuk kesempatan praktek dan diskusi paska praktek (Hanya untuk kepentingan tersebut saja ya tidak untuk yang lain).

Tapi jika memang belum berkesempatan utk mencoba dalam seminggu kedepan, bisa upload hasilnya di FB dan tag kami.

Sebenarnya membuat sabun ini sangat mudah hanya butuh minyak, air dan naoh sebagai bahan utama.βœ…

*4. Untuk jumlah arang, disebutkan secukupnya. Apa jumlah arang yang digunakan disesuaikan dengan tingkat kekeruhan minyak?*

*Bisa diberikan kira2 jumlah arangnya mba? Karena saya masih bingung dalam mencerna kata secukupnya 😊.*
➑ Dari pengalamanku, seberapa jumlah arang itu kira-kira saja. Asal semua arang terendam.

Tepatnya disesuaikan. Biasanya saya pakai sekitar 30-50% dari banyaknya minyak. Karena utk penghematan, bisa dipakai 3-4 kali, jadi akan turun kemampuan menyerap residu/racun dan bau. βœ…

*5. Saya mau tanya arang yg sudah digunakan boleh di gunakan lagi? Itu arang yg biasa di gunakan untuk bakar-bakar makanan ya?*
➑ Karena utk penghematan, bisa dipakai 3-4 kali, tapi akan turun kemampuan menyerap residu/racun dan bau.

Betul, arang kayu seperti untuk tukang sate.

Mungkin sesekali dicek aja sih. Kalau udah nggak bagus, ganti yg baru. Jangan kelamaan juga, karena malah tengik. βœ…

*6. Misalkan ndak sempat utk memanfaatkan jelantah, dan (jalan terakhir sepertinya) perlu membuangnya πŸ™ˆ , sebaiknya dibuang ke mana?*
➑ Saya pernah dengar ada yg menampung & dijadikan biodiesel (?). βœ…

*7. Proses olah jelantah ini bisa tidak jika dilakukan di luar ruangan, di teras depan rumah misalnya? Sebab membaca aturan pembuatan agak sedikit khawatir sementara di rumah ada anak dan balita?*
➑ Iya betul sebaiknya di tempat terbuka dan berventilasi.

Saat membuat sabun, saya biasanya meminta anak-anak menjauh. Pertama, khawatir kalau mereka menghirup uap NaOH. Kedua, khawatir kalau sampai terciprat ke mata. Biasakan menggunakan masker βœ…

*8. Untuk jelantah dari sisa menggoreng ikan/asin/udang dan semisal itu apa prosesnya sama? Di waktu perendaman dg arang lamanya sama saja?*
➑ Proses sama, pastikan arang dibakar dulu dan rendam 2-3 malam.

Kalau nggak, arangnya bisa diganti dengan yg baru tiap hari βœ…

*9. Pemberian pewarna foodgrade pas step yg mana ya?*
➑ Saat menjelang trace βœ…

*10. Dari FAQ no.19: beda dari resep 1 dan 2 hasil akhir resep 2 lebih empuk.*
*Faktor apa yg membuat resep 2 lebih empuk?*
*Dan adakah resep alternatif yg lebih empuk dari resep 2?*
➑ Jumlah Naoh+airnya. Kalau empuk sebagai sabun cuci, justru cepat habis.

Untuk sabun jelantah, rasanya mending kebanyakan NaOH timbang kurang. Lebih bersih buat nyuci βœ…

*11. jika menggunakan cetakan silikon, juga tidak bs dipakai lg utk makanan ya ?*
➑ Saran saya jika hanya untuk eksperimen gunakan peralatan yang lebih ekonomis. Tapi jika memang berniat utk mengajak yang lain di sekitar, tak masalah jika ingin berinvestasi.

Kalau mau ekonomis, bisa disiasati pakai cetakan puding, lalu dilapisi kertas cokelat yg biasa buat bungkus nasi atau pakai plastik bekas yg sudah dicuciβœ…

*12. utk membuat air pandan / kopi / sereh, adakah takaran yg pasMierza Klastulistiwa:
ti? apakah kekentalannya akan mempengaruhi hasil sabun?*
➑ Nggak ada. Dikira-kira saja. Jangan terlalu encer. Dicoba aja dulu. Nanti lama-lama akan tahu bedanya

Air pandan mengandung gula sedangkan kopi bersifat asam. Semakin banyak pandan memang semakin harum tapi juga membuat agak lunak.
Coba saja lama-lama akan tahu takaran pas nya. βœ…

*13. Minyak jelantah yg sdh disimpan bulanan apakah masih layak? sy blum cium bau jelantah yg saya punya mbak*
➑ Lagi-lagi saya cuma bisa bilang coba saja😊 Selama ini saya mengumpulkan jelantah dari teman2 & tidak tanya berapa lama mereka menyimpan jelantah tsb.

Asal baunya nggak parah, rasanya bisa-bisa saja βœ…

*14. Apa yg terjadi kalo ngaduknya kurang trace? Jadi sabun colek kah? 😁😁😁*

*Atau sabun colek beda resep?*
➑ Bisa jadi ada minyak yg nggak tersaponifikasi. Nggak akan jadi sabun colek. Tapi awalnya bakal lembek banget. Lama-lama mengeras. Tapi nggak maksimal jadinya

Sabun colek beda resep.

Adonan sabun perlu pengadukan konsisten agar menjadi adonan yang homogen. Jika adonan tidak homogen atau kurang trace, maka minyak masih terpisah. Kemungkinan sabun akan nglengo alias berminyak. βœ…

*15. Apa ada nama khusus/tertentu untuk kacamata pelindung?*
➑ Nggak ada khusus mbak. Seadanya aja. Beberapa kali juga nggak pakai tapi agak jauh, sebenarnya kalau hati-hati nggak akan meledak kok, asal tidak terbalik memasukkannya βœ…

*16. Teh, mau tanya tentang grup olah jelantah : bolehkah menggunakan panci enamel ? Kebetulan punya bekas panci lapis enamel ngga terpakai.*

*Yang kedua, dalam proses pengadukan, di tempat teduh? Misalkan terkena sinar matahari amankah?*
➑ Setahu saya dan sepengalaman saya enamel bisa, asal nggak ada cacatnya, biasanya ada tuh enamel yang sedikit berlubang ada karatnya dll.

Sejauh kami praktek sih biasanya di tempat yang ada naungan. βœ…

*17. Mau tanya, bisakah soda api diganti dengan alkali yang lain, semisal baking soda yang lebih umum dipakai?*
➑ Tidak bisa, untuk metode ini yang disebut cold processed soap selalu membutuhkan NaOH. βœ…

*18. Apakah bisa membuat sabun dr minyak Jelantah yg tidak menggunakan soda api melainkan menggunakan Abu?*
➑ Belum pernah nyobain, Mbak. βœ…

*19. Bun, knp harus dlm botol bertutup ya jelantahnya?*
➑ Demi kepraktisan βœ…

*20. Masih banyak yang sangsi mengenai penggunaan soda api. Pengen bisa praktek bareng anak2 d sekolah (TK). Apakah ada alternatif penggunaan zat kimia yg lain yg aman untuk anak2?*
➑ Tunjuan utama sebenarnya utk penyadaran terhadap limbah, mungkin lebih baik ibu wali muridnya saja yg diajak βœ…

*21. Ini warnanya bisa beda beda, tergantung warna minyak jelantahnya kah?*
➑ Bukan mbak, tergantung air tambahannya, ada yg sereh, pandan, kopi, kunyit, secang dll βœ…

*22. Kalo mau jadi bank jelantah cara penyimpanan diwadah apa ya..*
*mau minta ke tetangga..*
➑Kami pakai jurigen 5 literan, atau drum juga bisa.

Bisa pakai botol air mineral bekas atau jerigen.

Ember juga bisa βœ…

*23. Kemarin malah ada yang pakai air daun jeruk purut, air daun turi, air klerak yg buat nyuci batik itu.*
*Bagaimana proses membuat air tsb? Apa cukup digodok saja?*
➑ lerak direndam air panas, diamkan sampai lerak mengelupas. Lalu saring.

Di blender mbak βœ…

*24. Bismillaah, apa bisa untuk cuci pakai mesin cuci kah?*
➑ Belum pernah coba sih mbak, tapi saya pernah parut jadi butiran kecil seperti deterjen.

Teman saya nyobain, sabunnya diparut dulu
βœ…

*— selesai —*

Sumber: www.sahabatalamcilik.weebly.com
http://blognyakrismariana.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *