Ngomongin liburan siapa sih yang nggak suka sama liburan, mak? Hayooo ngaku deh. Tiap kali dengar kata-kata ini keluar dari mulut suami pasti kita bahagia tiada tara kan hehehe. Saya juga gitu kok. Kayaknya kita nih para emak-emak berdaster nggak pernah nolak deh kalau diajak jalan-jalan alias liburan bersama suami dan anak ya kan. Apalagi kalau berkunjung ke rumah orang tua atau sanak saudara yang kita jarang bertemu pasti excited sekali.

Bebas masak, bebas mencuci, bebas bersih-bersih.. aarrgh tapi ada sindrom abis liburan juga sih ya dimana cucian menumpuk, rumah kaya kapal pecah, hihih…tapi tetap nggak mengurungkan niatan saya untuk berlibur meskipun hanya piknik tipis-tipis. Kenapa ya somehow saya selalu suka dan pengin liburan terus? How about you?

Apalagi di Indonesia tercinta ini sendiri banyaaak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik dan kerennya dengan negara tetangga lho. Tak percaya? Saya saja belum tamat jalan-jalan ke seluruh Indonesia 😁

Baca juga : Trip to Bintan : Mencoba Pizza Cassa Italia

Kali ini saya akan membagi cerita liburan keluarga kami ke kota Malang. Berwisata ke Kota Malang, Jawa Timur, rasanya masih kurang lengkap jika belum mengunjungi Kota Batu.

Intinya kota cantik ini setiap saat selalu siap untuk memanjakan liburan semua orang. Jadi tidak salah jika disebut sebagai salah satu destinasi pariwisata terbesar di Indonesia. Wilayah dataran tinggi yang berjarak setengah jam dari pusat Kota Malang ini memiliki beberapa obyek wisata yang wajib dikunjungi.

Kesempatan kali ini saya dan keluarga besar berangkat dari Trenggalek, kampung halaman saya dan menginap 3 hari 2 malam di Kota Malang.

Baca juga : Trenggalek itu Mana?

Where to stay?

Banyak orang yang sudah pernah berwisata ke Batu, pasti akan merekomendasikan Pohon Inn Hotel karena terletak di dalam Jatim Park 2, sehingga mudah tinggal berjalan kaki ke tempat wisatanya. Namun karena kami pergi satu keluarga besar maka kami coba mencari option lain, biar hemat dong.

Kali ini saya pergi dengan orang tua saya, suami, anak-anak, dan adik kandung saya yang notabene kuliah di Malang. Sehingga kami memutuskan untuk menginap di Maylinda Guest House. Alasannya penginapan ini terletak dekat dengan rumah kos adik saya. Sehingga memudahkan kami dalam urusan akomodasi dan tentunya ramah di kantong. Penginapan ini terletak di dalam perumahan, lokasinya berada di Jalan Candi Sari II, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142, Indonesia. Tipe kamar di guest house ini bervariasi. Terdapat tiga kamar backpacker, 1 kamar suite, 1 kamar superior dan 1 kamar reguler dengan harga terjangkau. Maylinda Guest House memberikan kenyamanan kepada tamunya serasa di rumah sendiri. Jika ingin memesan atau melihat detailnya bisa telepon ke nomor (0341) 498097 atau reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi Traveloka ataupun Airy.

Guest House ini menjadi salah satu akomodasi terdekat ke Universitas Brawijaya, kampus adik saya. Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan beberapa tempat menarik di Malang. Misalnya Malang Town Square, Bandara Abdul Rachman Saleh. Guest house ini sangat homey dan nyaman dengan view yang indah. Terletak di perumahan mewah dengan penjagaan satpam 24 jam.

Fasilitas yang disediakan antara lain air panas, AC, kipas angin, TV, Free Wifi, share dapur, laundry, ruang tamu yang nyaman, antar jemput bandara dengan biaya tambahan. Kalau ingin menginap di pusat kota Malang saya sarankan untuk sewa mobil saja sehingga memudahkan kita untuk mengeksplore tempat wisata di Kota Malang sekaligus kota Batu. Yuk, simak cerita liburan keluarga kami.

Berikut themepark di Kota Batu yang wajib dikunjungi jika berlibur bersama dengan keluarga, seru dan tentunya family friendly.

1. BATU SECRET ZOO

Jawa Timur Park II atau biasa disebut dengan Batu Secret Zoo adalah tempat rekreasi yang memiliki konsep kebun binatang modern. Kalau dari Kota Malang, kita akan menempuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi. Setibanya disana, udaranya sangat sejuk padahal kemarin kami sampai disana sudah menjelang pukul sebelas siang.
Setelah kita masuk parkiran (mobil Rp. 5.000), kita langsung menuju loket tiket. Ternyata harga tiketnya tidak terlalu mahal lho, untuk tiket terusan Museum Satwa dan Batu Secret Zoo ternyata hanya Rp. 120.000 dan mendapatkan diskon sebesar 30% untuk kunjungan saat weekday. Berita bahagianya Faris belum bayar karena tingginya belum lebih dari 120cm. Dan kita akan mendapat gelang tanda masuk sebagai tiket terusannya. Untuk update harga dan pemesanan tiket online bisa dilakukan disini.

tikus raksasa

Begitu masuk, kita akan disambut oleh tikus raksasa yang sangat lucu, nggak jauh dari sana kita langsung di sambut oleh suara-suara monyet sejenis owa Jawa.

Lion headed

Batu Secret Zoo memiliki koleksi jenis satwa yang sangat banyak. Terdapat koleksi beragam jenis monyet termasuk monyet terkecil. Ada juga Geoffroy’s, Lion Headed dan Cotton-Top Tamarin, serta Mandrill, Ring-Tailed dan Red Ruffed Lemur, bermacam reptil dan lainnya. Intinya, sebagian besar hewan yang umumnya tersedia di kebun binatang dapat ditemukan di tempat ini, dimana setiap satwa memiliki zona tersendiri.
Sebagai kebun binatang, Batu Secret Zoo mengoleksi bermacam-macam hewan dari berbagai habitat sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga dan sarana edukasi bagi anak-anak.

burung flamingonya cantik

Anak sulung saya, Faris heboh sekali ketika masuk ke dalam kebun binatang modern ini. Dia sibuk mengingat dan mau mencocokan hewan-hewan yang biasa ia lihat di buku saja dengan aslinya. Belajar di alam dapat merangsang fitrah belajar anak menjadi semakin berkembang. Tidak lupa untuk selalu mengucap kalimat thayyibah “masyaAllah” jika menjumpai indahnya ciptaan Allah.

salah satu photoboth burung kakaktua jambul putih

Bersama dengan Pohon Inn dan Museum Satwa, kebun binatang yang menempati lahan seluas 14 hektare ini merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2 (Jatim Park II). Jadi dijamin gempor deh jalan-jalan mengelilingi Batu Secret Zoo, tapi tenang dulu kita bisa menyewa e-bike kok. Itu loh sepada listrik yang dilengkapi 4 roda untuk berjalan. Hanya dengan Rp. 100.000 kita bisa meminjam e-bike tersebut, dan jangan khawatir semua wahana bisa dilalui oleh e-bike, karena Batu Secret Zoo sudah mendesign lebar jalan untuk dilalui e-bike, keren kan.
anak-anak excited pas masuk ke dalam Batu Secret Zoo.

e-bike station menjadi pilihan kala kaki sudah lelah untuk melanjutkan perjalanan

Berfoto sudah menjadi tradisi kebanyakan orang. Batu Secret Zoo menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengunjung bisa berfoto dengan beberapa hewan secara lebih dekat. Photo Booth adalah tempat dimana wisatawan bisa berpose paling hits bersama burung Kakak Tua. Sementara diwilayah lain, kita juga bisa merasakan bagaimana rasanya berfoto dengan dililit oleh ular. Atau berfoto sambil berangkulan dengan orang utan. Penasaran?

Penataannya yang sangat bagus, bersih, binatangnya sehat, nyaman, dan udara yang sangat sejuk.

Penataan kategori hewan-hewan disini sangat bagus, mulai dari reptil, aquarium, savannah, tiger land, bahkan setelah Savannah, kita akan melewati Fantasy Land, yaitu arena bermain untuk anak dan orangtua.

Setelah melewati zona Savannah kita akan melewati kandang gajah yang terbuka, nah pengunjung juga bisa lho memberi makan gajah tersebut dengan membeli segelas wortel seharga Rp. 5.000.

Faris melihat gajah dari jauh karena belum masuk jam makan

melihat jerapah dari dekat

Dan yang pasti setelah memberi makan gajah, anak-anak pasti suka dengan Zona Happy Land yaitu zona permainan anak yang sembilan puluh persen permainannya gratis, kecuali menaiki kuda, menaiki unta, dan ATV. Sayangnya Faris belum memenuhi tinggi minimal untuk mencoba berbagai permainannya hehe.

Ada puluhan permainan gratis dan bisa berulang kali bermainnya, seruu kan.
Buat yang ingin naik kuda, bisa juga mengelilingi zona Happy Land dengan kuda, hanya dengan membayar Rp. 10.000. dan untuk yang suka offroad dengan ATV cukup membayar Rp. 20.000/ putaran.
Yang paling menarik adalah wahana New Safari Farm. Kita bisa menaiki kereta terbuka yang ditarik oleh mobil tracktor melewati kandang kuda, banteng, dan unta. Kebun binatang ini benar-benar didesain untuk menjawab semua pengalaman wisata bersama keanekaragaman satwa. Tidak hanya menyaksikan secara langsung aktivitas hewan saja, disini kita juga bisa menikmati rasanya memberi makan hewan melalui zona-zona yang telah disediakan seperti Feeding Giraffe, Gajah, Kuda Nill dan lain sebagainya. Menarik bukan?

Serunya adalah kita bisa memberi makan satwa-satwa tersebut dengan hanya membeli makanan segelas potongan wortel seharga Rp. 5000, murah kaannnn.
Pengalaman yang amat seru melewati wahana ini. Setelah puas bermain di Happy land, kita akan menemukan sangkar burung yang besar, dan ternyata kita bisa memberi makan burung-burung tersebut dengan membeli biji-bijian seharga Rp. 5.000 saja.

Masih banyak loh permainan di luar zona Happy Land, kita bisa naik perahu atau naik delman, dan sebelum kita keluar kita akan memasuki zona Harimau. Bila waktunya pas, kita juga memberi makanan Harimau tersebut. Rasakan pengalaman berpetualang di dunia satwa unik, lebih dekat dan belajar bersahabat dengan ekosistem alam dan satwa liar.

Fasilitas di dalam Batu Secret Zoo ini juga lumayan lengkap, toilet tersebar di tujuh titik, ada toko obat, food corner yang tersebar di tiga titik, dan mushola.
Sepertinya nggak akan ada habisnya jika bercerita tentang indahnya Batu Secret Zoo ini, jadi buat yang masih penasaran jom atur waktu bersama keluarga untuk mengunjungi Batu Secret Zoo di Jatim Park 2 .

2. MUSEUM SATWA

Museum satwa ini adalah museum yang terbesar di Indonesia, nggak kalah deh sama museum-museum yang ada di luar negeri. Puas berjalan-jalan di Batu Secret Zoo, Faris sudah tidak sabar untuk masuk ke museum, dan begitu masuk kita langsung terkesima dengan sangkar burung yang sangat besar. Di dalamnya terdapat beberapa jenis burung yang sudah diawetkan.

Nggak sampai di sini saja loh kejutannya, setelah melewati pintu, kita akan terkesima dengan replika fosil dinosaurus yang berada tepat ditengah-tengah ruangan.

Dan di kanan kirinya terdapat diorama binatang yang di kemas sangat bagus sekali. Semua diorama ini perbandingannya 1:1, yang mayoritas berasal dari binatang asli yang sudah diawetkan.

Museum ini direkomendasikan untuk anak yang usianya minimal tiga tahun seperti Faris. Anak-anak diijamin tidak akan bosan melihat diorama yang disajikan oleh Museum Satwa. Di sana ada berbagai macam diorama berdasarkan habitat dan jenis binatangnya. Faris jadi tahu berbagai macam satwa dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai benua. Selain itu, terdapat juga Zona Insectarium yang berisi koleksi aneka serangga yang sudah diawetkan dan yang mungkin belum pernah kita jumpai sebelumnya.

Informasinya lagi, saat ini terdapat ruang pembelajaran juga loh di dalam museum satwa untuk menerima kunjungan dari sekolah-sekolah. Namanya khasanah pengetahuan fauna. Menarik sekali kan? Museum satwa selain digunakan sebagai media edukasi untuk anak-anak, di dalam museum ini banyak spot yang instagramable.

Alamat dan Jam Buka
Jam buka setiap Hari : 10.00-18.00 WIB
Alamat : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315, Indonesia

3.MUSEUM ANGKUT, BATU, MALANG

Singkat kata, liburan di Malang takkan lengkap bila belum ke museum angkut. Hari kedua berada di Malang, kami mengunjungi Museum Angkut. Museum angkut merupakan salah satu objek wisata yang wajib di kunjungi bersama teman atau keluarga saat berlibur ke kota Batu. Museum ini menyediakan atraksi wisata yang menggabungkan konsep antara sejarah dan hiburan yang menarik. Dilihat dari namanya sudah bisa ditebak, museum angkut ini berisikan kendaraan-kendaraan yang ada dari zaman dahulu yang sering digunakan orang untuk bepergian dari beragam tempat dan Negara. Dengan konsep sebuah lingkungan yang dibuat menyerupai negara asli kendaraan tersebut, benar-benar memberikan pengalaman liburan yang sangat berkesan.

TIKET MASUK MUSEUM ANGKUT

Memasuki gerbang masuk area Museum Angkut, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Pasar Apung di sebelah kanan dan replika jet tempur di sebelah kiri. Karena memang musim liburan, setelah sampai lokasi kita harus antri terlebih dahulu untuk membeli tiket. Jam buka museum angkut Malang ini mulai dari pukul 12.00 – 20.00.

Harga tiket masuknya Rp. 100.000,- per orang dan jika pengunjung membawa kamera DSLR harus membayar sebesar Rp. 30.000. Untuk mengupdate harga dan promo silahkan berkunjung ke websitenya.

Sebelum masuk ke dalam museum, barang bawaan kita diperiksa terlebih dahulu. Kita tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar kecuali makanan khusus untuk bayi. Terkesan ribet ya? Namun satu hal yang pasti, ketika sudah masuk ke dalam pengunjung dijamin tidak akan kecewa.

welcome!

Ketika pertama kali masuk museum ini, Faris dibuat berdecak kagum saat melihat robot seperti transformers. MasyaAllah, Faris bisa melihat berbagai macam kendaraan aslinya bukan miniatur lagi seperti koleksi diecastnya di rumah. Dan seperti biasa, ia tidak sabar ingin segera bertemu dengan bis London. Ia ingin menyamakan diecast bus london, favoritnya dengan bus London yang ada di Museum Angkut.

Luas dari museum angkut ini adalah 3 hektar dan koleksi museum berada di dalam bangunan yang bertingkat 3. Museum ini didesain dengan konsep in door dan out door yang membuat pengunjung nyaman berada di dalamnya. Sesuai namanya, museum angkut ini merupakan sebuah museum transportasi yang mempertontonkan koleksi alat transportasi yang sangat beragam jenisnya. Angin segar bagi suami saya yang seorang diecaster, bak mimpi bisa memegang dan melihat mobil-mobil favoritnya secara langsung.

Beragam jenis kendaraan dari yang paling keren sampai yang paling aneh ada di sini. Kendaraan dari zaman baheula sampai modern lengkap ada di sini. Yang lebih menarik tentu saja konsep ruangan dan penataan kendaraan yang digambarkan menyerupai tempat aslinya.

sepeda onthel

Koleksi Museum Angkut Batu juga ada yang merupakan kendaraan dari Indonesia. Mulai dari perahu, sepeda onthel, dokar, pedati, dan becak,hingga kapal terbang dan kapal laut. Koleksi museum ini juga beragam mulai dari yang original, modifikasi hingga replika.

foto bersama uti

Zona-Zona Museum Angkut

Museum angkut dibagi menjadi beberapa zona yang disesuaikan dengan tema kendaraan yang ada. Masing-masing zona akan memberikan pengalaman yang berbeda dan berkesan.

Zona Hall Utama

Inilah zona pertama saat sobat memasuki museum angkut. Suasana megah akan langsung terasa saat pengunjung melihat koleksi alat angkut yang populer dari berbagai penjuru tempat dan negara dari waktu ke waktu.

koleksi vespa dari berbagai negara [/caption]

Zona Edukasi

Sesuai namanya, di zona ini kita bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang alat angkutan di Indonesia dan dunia. Ini merupakan tempat yang menarik bagi penyuka sejarah otomotif.
Salah satu koleksi andalan di zona ini adalah mobil seri Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno.

Zona Sunda Kelapa & Batavia

Di zona Museum Angkut yang ini kita akan dibawa ke Jakarta tempo doeloe saat masih bernama Batavia. Suasana di pelabuhan saat pendudukan Belanda, khususnya Menara Syahbandar dengan berbagai jenis angkutan kala itu setidaknya memberikan gambaran kondisi alat transportasi saat itu.

family portrait

role play sama tante

Zona Gangster Town & Broadway Street

Ini merupakan salah satu zona favorit bagi pengunjung. Di sini, suasananya mirip dengan di dalam film gangster Amerika. Bagi para penyuka film, ini merupakan zona yang akan sangat membahagiakan karena pengunjung bisa foto sepuasnya.

nyobain naik damkar

Zona Jepang

Terdapat beragam merk kendaraan asal jepang, dan semuanya disajikan dengan baik di zona ini.

Zona Eropa

Zona ini biasa juga disebut dengan zona romantis, karena di sini, mobil-mobil asal eropa akan disajikan dengan konsep suasana saat malam di kota-kota Eropa, seperti Paris atau Italia.

photoboth

Zona Istana Buckingham

Ini yang Faris tunggu-tunggu dari
awal,karena ia bisa melihat dan naik ke dalam bus London. Zona ini menyajikan suasana Inggris yang kental bahkan kita juga bisa berfoto dengan model yang juga berpakaian ala Eropa pada masa lalu.

Tante berpose dulu

foto bersama bus london[/caption]

Zona Las Vegas

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati kehidupan malam di Las Vegas. Di museum angkut Malang juga ada kok.

#Repost @ferifrey ・・・ Partner in Crime.

A post shared by Museum Angkut+ | Official (@museumangkut) on

Zona Hollywood

Satu lagi zona bertema film. Di zona ini ada beragam koleksi mulai dari mobilnya Scooby Doo si anjing lucu, hingga Batmobile mobilnya pahlawan super Batman. Dijamin lengkap deh.

Pasar Apung Di Museum Angkut

Keluar dari dalam bangunan museum angkut, pengunjung akan sampai di pasar apung. Satu hal yang wajib dicoba di sini adalah naik perahu dengan biaya sewa Rp10.000, masih murah kan untuk ukuran harga tempat wisata.
Kita bisa menikmati suasana yang rileks dan menyenangkan ditambah berbagai macam makanan tradisional, mulai dari nasi timbel, nasi jagung dan urap, gudeg, bakso, gado-gado, rujak cingur, pempek, sate madura, aneka minuman, susu segar, bahkan jamu di sini. Di tempat ini pengunjung juga bisa membeli berbagai oleh-oleh sebagai souvenir, karikatur, seni ukir, lukisan dan batik.
Di penghujung pintu keluar terdapat Museum Topeng yang mampu mengingatkan kepada kita bahwa Indonesia mempunyai tradisi topeng yang sangat indah di masa lalu. Tetapi sayangnya kemarin masih dalam proses renovasi jadi pengunjung belum diperbolehkan untuk berkunjung.

Sudah pernah mengunjungi kota Batu? Selain makan apel, banyak themepark yang wajib dikunjungi loh.

Museum Angkut
Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, Malang
jam buka : 12.00- 20.00

Tulisan ini diikutsertakan dalam Mini Blog Competition Writing Club Hijrah

3 Theme Park Yang Wajib Dikunjungi di Kota Batu

17 gagasan untuk “3 Theme Park Yang Wajib Dikunjungi di Kota Batu

  • Januari 19, 2018 pukul 7:26 am
    Permalink

    Jumat-Minggu lalu aku ke Malang, mba. Tapi nggak sempat mampir ke Batu sama sekali. Hahhaha. Ya emng nggak cukup juga waktunya. Moga suatu saat bisa mampir ke batu deh biar menikmati banyak pilihan themepark πŸ™‚

    Balas
  • Januari 19, 2018 pukul 2:09 pm
    Permalink

    Yeay aku udh pernah ke sana semua. Emg bagus bgt sihh, aku paling suka Batu Secret Zoo sama Museum Satwa.

    Balas
  • Januari 19, 2018 pukul 5:50 pm
    Permalink

    Banyak juga ya tempat wisatanya.

    Bisa jadi referensi nih kalau berkesempatan maen ke Malang.

    Balas
  • Januari 19, 2018 pukul 11:57 pm
    Permalink

    WOW…WOW…
    Kaya gak berujung yaa…
    Banyak banget zona wisatanya.
    Cape banget pastinya yaa..

    Tapi capenya menjadi lillah karena ada ilmu di sana.
    Barakallahu fiik ceritanya mba…

    asiiikk banget…

    Balas
  • Januari 20, 2018 pukul 4:47 am
    Permalink

    Waaaah seru sekali ke Batu sama keluarga. Apalagi di beberapa tempat wisata, duuuh mupeng haha.

    Btw baru tau mbak orang Trenggalek. Bapak Ibuku juga asli Trenggalek dan hari minggu kemarin aku barusan ke Trenggalek di sawahan Panggul. Menikmati pantai konang dan hamparan sawah. πŸ™‚

    Balas
    • Januari 26, 2018 pukul 4:56 am
      Permalink

      Wah salam kenal mba,iya sy asli trenggalek tp lg merantau di batam. Iya banyak tempat wisata yg bagus mba di trenggalek. Apalagi klo mau ngenalin alam sm anak, puas deh

      Balas
  • Januari 20, 2018 pukul 1:05 pm
    Permalink

    Udah lama pengen ke Batu, bahkan sampe bikin itinerary saking berkhayalnya, hihihi. Semoga segera ada rezeki jalan-jalan ke sana deh…

    Balas
  • Januari 22, 2018 pukul 1:06 am
    Permalink

    Sayangnya tiap berencana mau ke Malang, selalu gagal hiks. Semoga setelah ini diberi kesempatan main ke Malang dan Batu >.<

    Balas
    • Januari 26, 2018 pukul 4:51 am
      Permalink

      mudah-mudahan ada kesempatan ya mba,jangan lupa sempetin wisata kulinernya juga

      Balas
  • Januari 22, 2018 pukul 11:16 am
    Permalink

    Bagus ya kebun binatangnya. Banyak hewan yang jarang ditemui. Belum pernah melihat burung flamingo unik ya.

    Balas
    • Januari 26, 2018 pukul 4:48 am
      Permalink

      Iyaa mba, warnanya cantikk. Banyak hewan-hewan yang belum pernah sy temui juga sebelumnya

      Balas
  • Januari 23, 2018 pukul 3:57 am
    Permalink

    Sudah dari tahun lalu pengen ke malang tpi belum kesampaian. Noted nih klo ke sana kudu mampir ke sini

    Balas
    • Januari 26, 2018 pukul 4:48 am
      Permalink

      wajib mba, kayanya tiap taun mesti nyempatin diri liburan ke malang

      Balas
  • Januari 29, 2018 pukul 1:58 am
    Permalink

    MasyaAllah seru kali Bundaaa, dan komplit banget pembahasannya jadi berasa liburan ke sana trutama ke Batu Secret Zoo ituuuh, gak perlu jauh jauh ke LN kalo kek gini ceritanyaah ^^

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *