Alhamdulillah bingkisan untuk Faris dari pertemuan pertama sudah selesai dikerjakan dan disetorkan kepada guru kelas. Mama pun sudah menyelesaikan pemantauan aktivitas Faris di minggu pertama.

Berikut dokumentasi kegiatan satu minggu ini:

dokumentasi laporan bingkisan 1

Pertemuan kedua hari ini, alhamdulillah Faris sudah lebih fokus dan terbiasa dengan suasana kelas dan teman-temannya. Mudah-mudahan sampai akhir kelas nanti semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Aamiin ya Rabb.

Hari ini, bu Yani melanjutkan materi belajar tema “rekreasi” dengan sub materi mengenai perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan ketika kita akan berekreasi.

lesson plan minggu ke-2 taman bermain anak muslim

Yang perlu diketahui oleh anak-anak, jika kita akan berekreasi maka kita harus menyiapkan perlengkapannya sesuai dengan tempat tujuan rekreasi kita.
Kemudian tata tertib apa saja sih yang anak-anak harus ketahui jika pergi ke tempat rekreasi? Tata tertib rekreasi yang harus diketahui oleh anak-anak antara lain:

a. Berperilaku sopan
b. Bertanggung jawab
c. Mandiri
d. Bekerja sama
e. Percaya diri

Alhamdulillah Faris sudah berani menjawab pertanyaan dari Ibu Yani. Faris berani menjawab pertanyaan tentang mencocokan peralatan apa yang akan dibawa ketika berlibur di candi.

Banyak pertanyaan yang muncul setelah kelas ini selesai. Mulai dari candi itu tempat rekreasi yang kaya gimana sih? Kok faris belum pernah kesana ya ma? Kalau kita pergi ke candi kita bisa belajar apa aja ya, Ma?

Kemudian Faris ditanya lagi oleh ibu Yani, apakah Faris sudah pernah pergi berkemah? Kalau belum, sekarang Faris bisa mulai belajar mengenal peralatan apa saja sih yang harus dibawa ketika kita berkemah.

Setelah belajar mengenai persiapan untuk berkemah, anak-anak dikenalkan mengenai adab saat keluar rumah dan adab ketika naik kendaraan.

Adab ketika keluar rumah antara lain:

a. Membaca doa ketika akan keluar rumah.
b. Apabila bermain diluar, terlebih dahulu harus memberitahu dan meminta izin orang tua.
c. Berjalan jangan terlalu lambat ataupun terlalu cepat, berjalanlah sedang-sedang saja.
d. Jaga pandangan mata, sehingga tampil sopan.

Doa Keluar Rumah :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلاَّ بِالله
Bismillaahi tawakaltu alalloohi laahaula walaa quwwata illaa billah

Artinya : Dengan menyebut nama Alloh, aku menyerahkan diriku pada Alloh dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Alloh saja.

Kemudian adab ketika naik kendaraan antara lain:

a. Membaca doa ketika naik kendaraan.

b. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

c. Tidak terlalu cepat atau terlalu lambat dalam mengendarai kendaraan.

d. Menyiapkan bekal perjalanan secukupnya supaya tidak sengsara dalam bepergian.

e. Apabila kita menggunakan sarana angkutan umum, hendaknya bertenggang rasa dengan sesama penumpang.

f. Apabila menggunakan sarana angkutan umum, bayarlah dengan baik.

g. Turun dengan mendahulukan kaki kiri.

Doa Berkendaraan :

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَلَنَا هٰذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّااِلٰى رَبِّنَالَمُنْقَلِبُوْنَ
Subhaanal ladzii sakhkhorolanaa haadza wamaa kunnaa lahu muqriniina wainnaa ilaa robbinaa lamungqolibuun

Artinya : Maha Suci Alloh yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasai. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami.

Tidak lupa murojaah doa ketika keluar rumah dan naik kendaraan.
Untuk kemampuan motorik, Faris ditanya apakah sudah bisa berjalan berjinjit sambil membawa bola atau mainan lainnya. Alhamdulillah Faris sudah bisa.
Kemudian mengenalkan iman kepada Allah, dan munculah pertanyaan, “iman itu apa sih Ma?” tanya Faris.

Berikut ini penjelasannya. Beriman kepada Alloh merupakan rukun iman yang pertama yang menjadi dasar keimanan seseorang. Iman kepada Alloh berarti wajib mempercayai bahwa Alloh itu ada,ia maha Berkuasa,maha Pencipta dan maha mengetahui segala yang ada dilangit dan dibumi. Dia adalah Esa,yakni tunggal,tiada yang menyerupai dan tidak diserupai oleh sesuatu.

PR buat faris dari bu Yani adalah melancarkan bacaan doa dan bacaan adzannya. Tidak lupa ada bingkisan yang harus dikerjakan bersama Mama.

Sore harinya, Faris mengikuti kelas Madrasah Quran dan setoran hapalan surat An Naba’, alhamdulillah mumtaz, tinggal dilanjutkan ayat selanjutnya. Barakallahufiik…

Hanya saja untuk mengajinya Faris masih belum terbiasa belajar mengaji menggunakan buku nuramadan. Pertama karena buku panduan belajar mengajinya belum sampai Batam dan kedua masih blank akibat awal belajar mengaji menggunakan hapalan huruf hijaiyah alif ba ta. Mudah-mudahan minggu ini Faris sudah bisa menyesuaikan diri. Aamiin 😊

buku nuramadan

semangat belajar,

Pertemuan Kedua Kelas Taman Bermain Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *