Menumbuhkan Kecintaan Kepada Rasulullah SAW Melalui Film Anak Muslim : Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Prolog

Keajaiban yang nampak bahwa ketika Rasullah akan dilahirkan, adalah terjadi tanda-tanda awal yang menunjukkan akan diutusnya Nabi, seperti :
➖ runtuhnya empat belas balkon istana kekaisaran Persia,
➖ padamnya api yang biasa disembah oleh kaum Majusi,
➖ Dan robohnya gereja-gereja di sekitar danau Sawah setelah airnya menyusut,
Ketika beliau, Shalallahu ‘alaihi wasallam  dilahirkan,
➖ Ayahnya yang bernama Abdullah telah meninggal dunia.
➖ Ibunya yang bernama Aminah lalu mengirim utusan kepada kakeknya, Abdul Muththalib untuk memberitahukan kepadanya berita gembira kelahiran sang cucu.

X : Tuan… Tuan… Tuan Abdul Muththalib ada kabar gembira.
Y : Kabar gembira? Kabar gembira apa?
X : Tuan, cucu anda telah lahir.
Y : Benarkah? Laki-laki atau perempuan?
X : Laki-laki, tuan. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar kalau begitu aku ingin segera melihatnya.
Y : Mari, Tuan.

Nah begitulah kira-kira secuplik fragmen dalam kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang saya ambil dari salah satu film animasi anak muslim yang berjudul Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Film ini merupakan film animasi untuk anak-anak yang menyuguhkan kisah nyata dan merupakan media belajar shirah Nabawiyah.

Apa itu Sirah Nabawiyah?
Sirah itu artinya perjalanan hidup. Dan An-Nabawiyah berasal dari kata “Naba” yang artinya berita. Maka kata An-Nabawiyah artinya berita tentang Rasulullah SAW, hanya khusus Rasulullah SAW bukan nabi-nabi yang lain. Jadi, sirah nabawiyah adalah perjalanan hidup Rasulullah SAW.

Film ini dikemas ringan dan bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Karena berdurasi selama dua puluh menit maka film ini sebaiknya dipertontonkan untuk anak berusia tiga tahun ke atas.

Baca juga : Kenapa Kok Tahun Kelahiran Nabi disebut tahun gajah?

Film animasi anak islami besutan NCR Production ini, merupakan produk unggulan dari perusahaan animasi lokal, yang khusus bergerak dalam bidang industri animasi berbasis edukasi dan hiburan (edutainment). NCR Production sendiri merupakan brand utama dari PT. Nada Cipta Raya yang sebelumnya telah sukses memproduksi serial Dodo dan Syamil dalam paket Seri Ensiklopedia Anak Muslim.

Menyampaikan kisah melalui media film ternyata memberikan pengaruh yang besar terhadap jiwa manusia. Yaitu efek seseorang yang merasa terlibat dengan tokoh yang ada dalam film, seolah-olah ia ikut merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh-tokoh dalam film yang ditampilkan tersebut.

Ditengah banyaknya film-film yang hanya mengutamakan unsur hiburan semata, baik film dewasa maupun anak-anak, jelas sekali kehadiran film bernuansa pendidikan dan dakwah seperti seri Sejarah Kelahiran Nabi ini sangatlah dibutuhkan sebagai terobosan baru membentuk karakter anak muslim yang cinta kepada Rabb dan Rasul-Nya dan tidak terbuai oleh dongeng-dongeng yang melenakan.

Dari sekian banyak film kartun animasi yang tayang di Indonesia, hampir tidak ada film anak yang menghadirkan edukasi dan pengetahuan tentang agama. Miskinnya film-film kartun animasi bertemakan pendidikan Islam membuat kita para orang tua muslim menjadi bingung. Ingin melarang anak-anak menonton film, tapi tidak memiliki alternatif pengganti yang positif.

Film Animasi Anak Islami ini merupakan seri film animasi yang didalamnya merupakan kisah nyata dan mengandung banyak pengetahuan agama Islam. Sejarah islam yang terkesan rumit dan membosankan dibawakan menjadi kisah yang sederhana. Kemudian dikemas dengan adegan dan alur cerita yang dapat membuat anak-anak betah duduk lama demi menjawab rasa penasaran akan ending ceritanya. Hal lain yang lebih utama adalah membantu anak-anak untuk dapat memahami Islam dengan lebih mudah dan indah.

Tidak mengherankan jika film animasi anak islami ini sangat digemari oleh anak-anak. Bagi para orang tua tentu akan sangat terbantu dengan adanya film animasi yang sangat mendidik ini.

Tidak sedikit yang kemudian menjadikan tokoh-tokoh dalam serial ini sebagai “idola”, untuk menjadi contoh baik yang harus ditiru dan contoh buruk tingkah laku keseharian anak-anak yang tidak boleh dilakukan/ditiru.

Sejak ditayangkan pertama kali di pertengahan tahun 2013, serial film animasi besutan NCR ini masih bertahan hingga saat ini. Bahkan saat ini ada beberapa seri yang sudah dibagikan di chanel Youtube. Mudah-mudahan akan terus dipertahankan dari tahun ke tahun dan dikembangkan terus dengan materi-materi atau pun serial-serial baru yang lebih variatif dan menarik. Jadi jangan ragu untuk menyajikan tontonan bermutu ini kepada anak-anak kita. Apa film favorit teman-teman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *