Bergabung di komunitas Ibu Profesional dan kemudian bergabung juga di komunitas HEbAT mengantarkan saya mengenal apa itu fitrah penciptaan diri.

Qul kulluy ya’malu ‘alaa syaakilatih.” (QS Al Isra’ ayat 84)

Katakanlah: “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing”. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.”
Semua orang bekerja, sesuai “syaakilah“-nya masing-masing.

Apa “syaakilah” itu? “Syakl” dalam bahasa Arab artinya bentuk. Setiap orang memiliki keunikan. Allah menciptakan kepribadian sangat, sangat, sangat berbeda satu sama lain. Dan setiap orang harus berusaha mencari tahu, bagaimana kepribadian mereka, untuk mencapai fitrah penciptaan diri yang Allah maksudkan.

“Tidaklah Allah menciptakan sesuatu dengan suatu maksud.”
Termasuk keunikan kepribadian. Setiap orang diciptakan unik..

Dari komunitas-komunitas ini pula saya mengenali ST 30. Apa itu? ST 30 adalah suatu alat yang digunakan untuk mengetahui bakat atau potensi kekuatan maupun kelemahan diri.

Masih ingat sekali, setiap kali pelajaran sekolah, terutama pelajaran matematika atau fisika dan kimia. Ketika kelas dimulai dan guru menerangkan, saya menatap tapi hati berkata “untuk apa saya belajar ini?tujuan belajar ini untuk apa?” sering sekali pertanyaan ini muncul yang membuat saya tidak bersemangat belajar, atau saya selalu tidak suka dengan hitungan, padahal saya tahu mau tidak mau dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari angka haha.

Hal yang saya sukai selama ini memang aplikatif, praktikum, langsung ke lapangan, berhubungan dengan banyak orang, tekniknya di organisasi saya lebih suka dan seringnya masuk di divisi yang berkaitan dengan kemanfaatan sosial.

Saat sekolah saya suka menggunting-gunting gambar, membuat catatan bergambar, membuat proyek crafting atau presentasi. Saya suka menggambarkan ide yang tiba-tiba muncul dan membuat sesuatu yang beda.

Itulah mungkin fitrah saya yang dulu tak saya sadari. Tepatnya fitrah bakat, dimana setiap individu adalah unik, mereka masing-masing memiliki sifat/potensi unik produktif yang merupakan panggilan hidupnya, yang akan membawanya kepada peran spesifik peradaban (Ust.Harry Santosa)

Fitrah bakat ini pun bermanfaat untuk produktifitas seorang ibu. Dalam IIP dijelaskan oleh ibu Septi di Bunda Produktif:

Bunda Produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan dirinya, menemukan “MISI PENCIPTAAN” dirinya di muka bumi ini, dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat matanya “BERBINAR-BINAR”.

Menjadi produktif itu adalah bagian dari ibadah, sedangkan rejeki itu urusan-Nya

Seorang ibu yang produktif itu agar bisa:

Menambah syukur
Menegakkan taat
Berbagi manfaat.

Rejeki itu datangnya dari arah tak terduga, untuk seorang ibu yang menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh dan selalu bertaqwa.

Karena REJEKI itu PASTI, KEMULIAAN lah yang harus DICARI

Sehingga muncul semangat yang luar biasa dalam menjalani hidup ini bersama keluarga dan anak-anak.

Dari penjelasan di atas semakin menguatkan bahwa berawal dari kenalilah diri dengan potensi yang ada lalu bersungguh-sungguhlah dengan perannya.

Sekarang saya menyadari bahwa dengan fitrah yang telah Allah SWT titipkan pada diri masing-masing makhluknya, itu semua sebagai bekal di muka bumi ini. Maka begitu penting mengetahui fitrah bakat potensi diri ini sedini mungkin, disempurnakan dengan fitrah yang lainnya, agar hidup ini selalu terarah dan bermanfaat, Rahmatan lil’alamin Rahmat bagi semesta alam (Q.S. Al-Anbiya:107), Basyiira wa nadziiro pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan (Q.S. Saba’:28).

Baca juga : Mengenali Potensi Diri : Membangun Peradaban dari Dalam Rumah

Mengenal Potensi Diri : Membangun Peradaban dari Dalam Rumah

Mengenai fitrah, untuk fitrah bakat ini bisa diketahui dalam tes st30 dan Talent mapping temuan Abah Rama. ST 30 singkatan dari Strength Typology 30 bakat.

Setelah mengikuti tesnya disini

Lampiran keterangan hasil ST30 (Strenght Typology) :

Uraian penjelasan POTENSI KEKUATAN saya (Lingkaran merah) ialah :

1. ANA – ANALYST adalah orang yang suka dengan angka dan data, dia kurang yakin akan sesuatu yang sifatnya intuitif kecuali kalau dia juga punya bakat lainnya yang intuitif. Bakat ini termasuk di dalam kelompok cipta (Individual Cognitive) yang menggunakan otak kiri atas. Bakat ini dibutuhkan untuk peran-peran seperti akuntan, analyst, engineer, IT programmer dll.

2. ARR – ARRANGER adalah orang yang suka mengatur orang untuk bekerjasama dalam melaksanakan suatu tugas. Bakat ini termasuk kelompok rasa (interpresonal influencing) yang berkaitan dengan mempengaruhi orang.

3. INT – INTREPETER
adalah orang yang suka menjelaskan arti makna dari sesuatu. Sifat mereka analisis juga senang berkomunikasi. Bakat ini diperlukan untuk peran intepreter.

4. JOU – JOURNALIST
adalah orang yang suka menulis artikel, ide, dokumen, cerita, atapun alat bantu pendidikan. Bakat ini termasuk dalam kelompok karsa (individual striving) di dalam ruangan. Sifat mereka ini senang mengkomunikasi idenya, suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur.

5. MOT – MOTIVATOR
adalah orang yang suka mendorong, memberi semangat pada satu atau sekumpulan orang agar lebih sukses. Bakat ini termasuk kelompok Interpersonal Relating yang terkait dengan kerjasama dengan orang. Sifat mereka yang senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya, ada yang melalui sifat empatinya ada juga karena selalu ingin memajukan orang lain. Bakat ini dibutuhkan untuk peran Manager, Leader, Pelatih, Guru, Motivator.

Penjelasan POTENSI KELEMAHAN saya dari lingkaran hitam (kelemahan) saya

1. CMD – COMMANDER
adalah orang yang senang mengatur dan mengawasi orang dalam melaksanakan tugas dengan cara yang keras. Bakat ini termasuk kelompok rasa (interpersonal influencing) yang terkait dengan mempengaruhi orang. Mereka yang memiliki bakat ini berani menghadapi orang secara empat mata, keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab. Bakat ini dibutuhkan untuk peran seperti debt collector, pengacara, mediator, beberapa tipe salesman, beberapa pemimpin yang untuk situasi yang membutuhkan “command and control, dsb.

2. DISTRIBUTOR adalah orang yang senang melayani dan mendahulukan orang lain. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain perawat,dokter, technical support,customer service,bidang pekerjaan yang mengutamakan pelayanan,dsb.

3. MARKETER adalah aktivitas strategis untuk memperagakan produk melalui iklan, brosur, demo, dll agar orang tertarik untuk membeli. Bakat ini terkait kelompok cipta (individual generating idea) yang terkait dengan otak kanan atas. Sifat pikiran mereka strategic, senang mengkomunikasikan sesuatu, banyak ide, dan senang menonjolkan kelebihan. Bakat ini dibutuhkan untuk peran humas, marketing, businnes developing.

4. OPERATOR adalah membuat sesuatu (mesin, peralatan, proses, sistem) berjalan/beroperasi. Bakat ini masuk ke dalam kelompok karsa (individual striving) di luar ruangan. Sifat mereka senang melayani, teratur, pekerja keras. Bakat ini dibutuhkan untuk operator, service engineer dsb.

5. PRODUCER adalah memasang, memproduksi, membangun mesin atau bangunan. Bakat ini masuk ke dalam kelompok karsa (individual striving) di luar ruangan. Sifat mereka teratur, pekerja keras dan tidak sabar bertindak. Bakat ini dibutuhkan untuk teknisi instalasi, asembling, produksi dsb.

6. SAFE KEEPER, adalah menjaga keselamatan dan keamanan dari resiko bahaya atau kecelakaan. Bakat ini masuk ke dalam kelompok karsa (individual striving) di luar ruangan. Sifat mereka hati-hati, waspada dan bertanggung jawab. Bakat ini cocok untuk safety officer, investigator, petugas pajak, lending officer,dsb.

Dari hasil st30 ini saya simpulkan sendiri, bahwa dari bakat potensi kekuatan, saya memiliki sifat senang melayani dan berkomunikasi dengan banyak orang. Saya senang menuliskan ide dan membagikannya. Saya sangat senang memotivasi orang lain dengan berbagai cara.

Dari hasil ST30 ini, saya dapat lebih jelas mengetahui potensi yang ada pada diri bahkan bakat yang sebelumnya saya rasa tidak cocok dengan diri saya. Dlam lampiran st30 disebutkan tagline : FOKUS PADA KEKUATAN DAN SIASATI KETERBATASAN. Maka saya akan fokus pada kekuatan dan mencari partner/tools/mendelegasikan agar bisa menutupi kelemahan untuk menyiasati keterbatasan saya.

Dengan hasil ini juga saya merasa “ngeh” dengan sesuatu yang memang saya sukai dan selama ini senang bila melakukannya atau dengan kata lain “berbinar-binar” dan juga dengan apa yang tidak bisa/tidak suka saya lakukan.

#day1

#12/02/18

#batam

#42m

#18m
#KelasPortofolioAnakbyGPA

#GriyaPortofolioAnak

#MengikatMaknaSepenuhCinta

Mengenal Potensi Diri Melalui Tes ST-30

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *