Memilih Rumah dan Lingkungan Yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak

Haruskah seorang muslim tinggal di komplek perumahan islami? Tentu. Seorang muslim harus tetap berada dalam lingkungan yang baik, lingkungan yang membuatnya selalu ingat dan bersyukur kepada Allah SWT, lingkungan yang bisa menahan nafsu ketika  seseorang ingin berbuat maksiat kepada Allah SWT.

Jika komplek perumahan tinggal kita tidak bisa membuat bertambah iman dan takwa, untuk apa?

Sejak dua tahun yang lalu, alhamdulillah saya pindah ke rumah yang saat ini saya tempati. Berlokasi di Batam Centre, perumahan yang dihuni oleh mayoritas warga muslim ini sangat nyaman dijadikan sebagai pilihan tempat tinggal. Lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas umum membuat warganya betah tinggal disini. Terdapat dua masjid yang berlokasi di bagian depan dan belakang perumahan. Banyak kegiatan rutin diadakan oleh panitia masjid setiap pekannya, mulai dari liqo sampai kajian ilmiah untuk muslim.

Berbagai macam pilihan sekolah baik formal maupun homeschooling muslim pun ditawarkan di sini. Fasilitas umum seperti ruang publik terbuka, taman serta rumah baca pun ada di sini. Fasilitas olahraga renang, tenis, jogging track pun disediakan bagi pecinta olahraga. Pasar dan swalayan siap melayani segala kebutuhan harian warga. Kurang apa coba?
Sejak pindah kesini saya mulai mengikuti kajian mingguan. Dari sinilah relasi saya mulai berkembang dengan cepat. Dari komunitas homeschooling muslim, saya mulai mengenal beberapa teman yang kemudian memberikan banyak info seminar dan kelas parenting. Kemudian saya juga mengenal komunitas HomeEducation Based on Talent, Hijrah Parenting, Homeschooling Muslim Nusantara dan Institut Ibu Profesional. Cerita selengkapnya…

Baca juga : Mengenal Potensi Diri : Membangun Peradaban dari Dalam Rumah

Memilih Lingkungan Rumah

Membeli rumah pertama merupakan salah satu langkah besar bagi keluarga muda, sehingga ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama. Selain pertimbangan atas lokasi dan bangunan, lingkungan pun sepatutnya menjadi faktor utama dalam pemilihan rumah. Lingkungan seperti apakah yang tepat untuk tumbuh kembang anak? Berikut tips memilih rumah dan lingkungan yang tepat untuk tumbuh kembang anak :

1. Perhatikan Kondisi Masyarakat Sekitar

Lingkungan pergaulan akan membentuk sifat anak-anak ke depannya, maka pastikan memilih tempat tinggal dengan lingkungan sosial yang baik. Jika lingkungan tempat tinggal aman dan kondusif, orang tua pun akan lebih tenang membiarkan anak bermain dengan teman-teman di lingkungannya.

2. Pastikan terdapat Area Bermain

Fasilitas umum yang ditawarkan pengembang atau area bermain yang sudah tersedia juga bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk memilih tempat tinggal. Lingkungan dengan banyak area hijau dan area bermain akan mendorong anak untuk bermain di luar, ketimbang bermain game di dalam rumah sepanjang hari.

3. Dekat dengan Fasilitas Pendidikan yang Baik

Sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam masa tumbuh kembang anak, maka lingkungan tempat tinggal dengan fasilitas pendidikan yang berkualitas tentu memiiki nilai tambah. Pemilihan sekolah yang berkualitas patut menjadi perhatian para orang tua terutama sekolah yang menonjolkan ilmu agama dan pendidikan karakter islami, bukan hanya nilai akademik semata.

4. Banyak Kegiatan Positif

Komunitas yang solid akan mencetak anak-anak yang berkualitas. Bayangkan kemungkinan Anda mengadakan kegiatan positif di lingkungan, seperti kompetisi olahraga, apresiasi seni, tutorial edukasi atau kegiatan lain yang dapat menyalurkan minat dan bakat anak.

5. Rumah dengan Banyak Ruang untuk Keluarga

Pastikan rumah yang dipilih memadai untuk seluruh anggota keluarga beraktivitas di dalamnya. Bonding antara anak dan orang tua merupakan hal penting dalam tumbuh kembang anak-anak. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalam rumah untuk mempererat ikatan keluarga.

#day4
#15Feb18
#batam
#KelasPortofolioAnakbyGPA #GriyaPortofolioAnak #MengikatMaknaSepenuhCinta #PekaAkanUnikAnak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *