Terjebak dalam Aplikasi Milestone

Menjadi orang tua masa kini sangat dimudahkan dalam mengakses berbagai informasi dari berbagai media, lebih dimanjakan lagi dengan berbagai fitur pilihan aplikasi, tinggal pilih aplikasi mana yang dibutuhkan. Saya dan suami termasuk orang yang suka coba-coba aplikasi mulai dari kehamilan hingga milestone anak.

Dalam aplikasi milestone anak terdapat tahapan sejauh mana tumbuh kembang anak pada usianya, seperti kemampuan merangkak, berjalan, merespon kata-kata dan sebagainya.

Setiap anak saya ulang bulan menjadi patokan untuk mengukur kemampuannya, misal saat usia 6 bulan berdasarkan aplikasi anak-anak seharusnya sudahn. dapat duduk tanpa dibantu dan mulai merangkak tetapi pada kenyataannya dia belum bisa, terkadang hal tersebut yang mengganggu pikiran saya, karena penasaran terus tanya sama temen atau saudara, anaknya usia segitu sudah bisa duduk belum? Merangkak? Hal-hal seperti itu yang bisa membuat saya menjadi membanding-bandingkan anak, menjadi orang tua yang kompetitif dan akhirnya merasa bersalah pada diri sendiri karena kurang menstimulus anak. Pada akhirnya suami mengingatkan bahwa hal ini tidak baik untuk saya maupun anak. Harusnya informasi yang ada dijadikan pengetahuan positif dan disikapi dengan bijak. Apabila anak belum menunjukan perkembangan sebagaimana milestone di usianya harusnya disikapi dengan lebih memotivasi atau memfasilitasi atau membantu anak untuk mencapai hal tersebut bukan malah melakukan hal-hal yang memberi tekanan pada anak. 

Pada akhirnya saya yakin bahwa anak akan mencapai tumbuh kembangnya saat ia benar-benar siap, disaat anak-anak lainnya bisa mencapai milestonenya tepat waktu, namun ada anak yang membutuhkan waktu lebih lama. Kalaupun dirasa perlu lebih baik konsultasikan dengan ahlinya (misal dengan Klinik Tumbuh Kembang). Biarkan anak menikmati prosesnya tanpa tekanan, yang terpenting adalah anak selalu ceria bersama orang-orang yang menyayanginya.

#day20
#03Maret18
#Batam
#3y6
#1y6m
#SinergiAsadanRasa
#KelasPortofolioAnakbyGPA #GriyaPortofolioAnak #MengikatMaknaSepenuhCinta #PekaAkanUnikAnak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *