Mengamati Tanaman Nanas Merah

Agenda Minggu keluarga kita hari ini tidak seperti biasa karena Mama dan Ibu Profesional Batam sedang punya gawe jadilah Faris quality time bersama Papa. Sedangkan irbadh ikut Mama di acara bedah buku menghafal Al Qur’an.

Pagi-pagi kami sudah berangkat karena Mama harus mengambil snackbox terlebih dahulu bersama Mama Thole. Sedangkan Papa dan Faris menikmati sarapan berdua di Amir Prata sembari menunggu mobil dicuci. Setelah itu Faris nonton pertandingan badminton sebentar dan agenda dilanjutkan dengan hunting foto di taman sekitar kantor Papa.

Ketika bermain di taman, Faris menemukan sebuah tanaman yang menarik perhatiannya yaitu tanaman Nanas. Tetapi Nanas yang Faris lihat hari ini berbeda dengan buah nanas pada umumnya.

Nanas yang Faris lihat hari ini adalah nanas merah. Iya, merah. Karena warnanya memang merah, dari daun sampai buahnya pun berwarna merah. Jadi wajar kalau disebut nanas merah.

Pertanyaan Faris kepada Papanya, “kok Mama nggak pernah beli nanas merah Pa? Kan Faris pengen nyobain.”

Sambil terkekeh Papanya menjawab, “belum ada yang jual Faris. Faris ajalah yang tanam sendiri.”

Berkenalan dengan Nanas Merah

Nanas pada umumnya adalah buah tropis yang mudah hidup dalam kelembaban rendah. Bisa hidup dengan sinar matahari langsung atau sebagian. Nanas merah ukurannya rata-rata lebih kecil dibanding nanas biasa. Nanas-nanas ini berusia antara tiga hingga lima bulan. Pangkal buah dikelilingi beberapa tunas yang ukurannya lebih kecil. Tunas di ujung buah terkadang memiliki cabang lebih dari satu. Biasanya, nanas merah yang memiliki tunas buah yang bercabang serta dikelilingi tunas kecil yang tumbuhnya rata dan baik, menjadi incaran. Harganya pun mahal karena tidak dapat direkayasa.

Ternyata bagi etnis Tionghoa, nanas merah merupakan membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Tidak tahu, apa yang menjadi ‘peruntungannya’, tetapi yang jelas, menurut Mama nanas merah ini memang cantik hahaha.

Ini nanas merah di depan kantor Papa. Daunnya semburat merah merata, dan buahnya juga hanya kemerah-merahan.

Ensiklopedi Buah Nanas Merah

Nanas Merah (Ananas Bracteatus) merupakan sejenis tanaman hias dari Argentina, Brazil dan Paraguay dengan buah berbentuk nanas dan berwarna merah. Tanaman ini memiliki bunga berduri yang berwarna violet pucat dengan bias merah dan merah muda. Nanas merah memiliki daun yang panjang, linier dan melengkung dengan batang semu berbentuk roset setinggi 30-50 cm. Pangkal batang nanas berbentuk melebar dan menjadi pelapah dengan warna hijau tua maupun semburat merah. Buah nanas merah memiliki daging berwarna putih kekuningan dan mengandung banyak cairan dengan rasa yang manis, asam dan harum serta tidak berbiji.

Nanas merah rata-rata berukuran lebih kecil dibandingkan dengan nanas biasa. Duri nanas merah juga terlihat kecil dan lembut di dasar daun yang melengkung ke bawah menuju dasar tanaman, meskipun pada nanas biasa durinya terbilang berukuran besar. Nanas jenis ini biasanya dapat dipanen dalam waktu 4-5 bulan. Usia panen ditandai dengan pangkal buah nanas merah yang telah dikelilingi oleh beberapa tunas tanaman dengan ukuran yang lebih kecil. Tunas di ujung buah nanas merah kadang kala memiliki cabang lebih dari satu.

Meskipun demikian, buah nanas yang sering dicari penggemarnya ini ketersediaannya terbilang jarang di pasaran. Memang agak sulit untuk mendapatkan jenis buah yang satu ini karena belum ada rekayasa genetika yang dapat meningkatkan produktivitas buah yang satu ini. Nanas merah saat ini hanya dapat tumbuh secara alami, sehingga membuat harga jual nanas merah terbilang cukup mahal.

Mungkin banyak yang belum tahu mengenai buah nanas merah karena jarang muncul di pasaran. Namun ternyata, buah yang cukup unik dan memiliki harga jual yang tinggi ini memiliki beberapa manfaat yang tak kalah dibandingkan dengan nanas pada umumnya. Penasaran?

Manfaat Nanas Merah

Meskipun biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias, ternyata nanas merah memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat yang diperoleh dari nanas merah, yaitu sebagai berikut:

1. Pembawa Keberuntungan

Nanas merah dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan bagi pemiliknya pada etnis Tionghoa. Namun nanas merah tersebut tidak boleh cacat sedikitpun ketika dibeli, baik berupa terpotong tunasnya maupun tunas dalam keadaan rusak. Hal ini dikarenakan cacatnya kondisi nanas merah ketika dibeli dapat mengganggu rejeki. Itu kepercayaan orang Tionghoa ya.

2. Mencegah batuk flu dan demam

Nanas merah dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat berguna sebagai antioksidan untuk memerangi virus, termasuk virus penyebab flu dan batuk. Selain itu, kandungan bromelain pada buah nanas merah juga dipercaya dapat membantu melancarkan dahak agar batuk cepat reda.

3. Menurunkan tekanan darah

Para ahli kesehatan percaya bahwa konsumsi nanas merah secara rutin bagi penderita tekanan darah tinggi dapat membantu mereka untuk menurunkan tekanan darahnya. Hal ini dikarenakan buah nanas merah dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan tekanan darah serta membuat sirkulasi darah menjadi lebih normal.

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain dipercaya dapat membantu menurun berat badan, kandungan serat alami yang tinggi pada buah nanas merah juga dapat membantu menyembuhkan masalah sembelit serta menyehatkan saluran pencernaan.

5. Menguatkan tulang

Nanas merah mengandung mangan yang tinggi yang dapat membantu menguatkan tulang serta mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

6. Menyehatkan gusi

Kandungan vitamin C buah nanas merah yang ramah pada gusi dapat membantu untuk merawat kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, kandungan vitamin C pada nanas merah ini dapat membantu mencegah dan mengobati sariawan.

7. Melancarkan haid yang tidak lancar

Konsumsi nanas merah dipercaya dapat membantu melancarkan haid bagi wanita dengan jadwal haid yang terlambat.

8. Seratnya dibuat pakaian

Konon di daerah Filipina dan Thailand, serat daun nanas merah dapat dijadikan pakaian yang bagus.

Melihat segudang manfaat dari nanas merah, teman-teman yuk mulai mengkonsumsi nanas merah. Siapa mau mencoba?

Referensi :
Ensiklopedi Tumbuhan Nanas
www.kompasiana.com

#day28
#11Maret18
#batam
#3y7m
#1y6m
#KelasPortofolioAnakbyGPA #GriyaPortofolioAnak #MengikatMaknaSepenuhCinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *