Dukung Pohon Ketapang Kencana Menjadi Icon Kota Batam

“Ini Pohon Apa ya Namanya, Ma? Coba Faris baca dulu, depannya tapi pakai huruf “K”, “kata Faris ketika mengamati sebuah pohon yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Faris sangat senang mengamati, baik itu tanaman, hewan bahkan fenomena alam, seperti gerhana, kilat, salju dan lain-lain.

Saat jalan-jalan ke taman, pohon yang satu ini menarik perhatiannya. Entah mengapa ia memilih pohon Ketapang, iya pohon ketapang. Bahkan kalau Faris tidak bertanya kepada saya, pasti saya akan cuek bebek dan tidak kepikiran untuk mencari informasi seputar tanaman ini.

Baiklah,berdasarkan pencarian saya pohon Ketapang ini memiliki nama ilmiah bucida molinetti. Saat ini pohon Ketapang banyak dibudidayakan di tengah kota Batam, terutama di Nagoya. Sebidang area taman yang banyak ditanami pohon ketapang kencana memberikan dampak yang positif sebab mampu meneduhkan dan menyerap berbagai polusi udara yang tentunya akan berdampak kepada hunian yang lebih asri dan ramah lingkungan

Ranting-ranting pohon ketapang yang telah tumbuh dapat berguna untuk menyaring cahaya matahari, yang memungkinkan area sekitar dapat terasa lebih sejuk dan teduh.  Selain itu, pada organnya terdapat sebuah akar yang berguna untuk menyerap unsur air berlebih. Jadi bisa disimpulkan, selain dapat dipergunakan untuk hiasan ternyata pohon ini juga dapat meminimalisir terjadinya banjir sebab bagian perakarannya dapat menyerap sejumlah air yang ditumpahkan dari atas langit.

Kira-kira Bentuk Akarnya seperti Apa ya?

Akar yang tumbuh pada pohon ketapang berjenis akar tunggang yang mana akar tunggang sangat berguna untuk memperkokoh berdirinya suatu pohon sehingga umumnya pohon tersebut dapat tumbuh hingga belasan meter. Oleh karenanya, akar tunggang sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas dan kekokohan berdirinya sebuah pohon. Selain ditanam di taman kota dan area trotoar, biasanya pohon ketapang kencana juga digunakan komponen taman. Harapannya selain dapat membuat nuansa sejuk juga agar terhindar dari bencana banjir.

Melihat Bentuk dan Ukuran Daun

Pohon ketapang khususnya pohon ketapang kencana memiliki bentuk batang yang tegak dengan anatomi ranting yang bentuknya terbentang. Bila dicorelasikan seperti, payung yang sedang terbuka. Pada bentangan ranting dihuni oleh daun-daun yang berukuran kecil yang diperkirakan ukurannya sebesar ukuran kuku jari.

Pohon Ketapang Apa Bisa Makin Tinggi?

Ketinggian pohon ketapang, bisa mencapai belasan meter dari atas permukaan tanah, dengan bentangan ranting mencapai atau lebih dari 4 meter pada pangkal batang yang semua rantingnya dapat dipangkas.

Kehadiran sejuta pohon ketapang kencana itu membawa harapan baru bagi Bapak Walikota Batam agar pohon ini menjadi ikon baru untuk Batam, selain dibangunnya jembatan layang (fly over) di Simpang Jam. Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam 2016-2021 yang menargetkan penanaman sejuta pohon ketapang kencana. Mari kita dukung gerakan sejuta pohon demi bumi yang lebih baik. Anak muslim cinta bumi ❤

#HijrahParenting
#30CeritaHijrah
#CeritaHijrah14

2 thoughts on “Dukung Pohon Ketapang Kencana Menjadi Icon Kota Batam

  1. Lima tahun lalu, icon kota Batam itu pohon pucuk merah yang ada di sepanjang tepi jalan menuju Bandara. Sekarang sudah ganti jadi pohon ketapan kencana ya? yang daunnya kecil-kecil itukah? Semoga, apapun pohonnya, semoga Batam semakin banyak pohon jadi tidak gersang.

  2. Betul kakak, meskipun kecil daunnya tapi pohon ketapang ini lumayan membuat kota Batam lebih adem. Mudah2an next akan semakin banyak ruang terbuka yang ramah anak ❤️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *