Percobaan Elephant Toothpaste bersama Hijrah Little Scientist

Anak-anak saya senang sekali main sains yang hasil percobaan bikin terkaget-kaget, yang reaksi kimianya heboh macam gunung meletus atau bahkan granat meledak.

Percobaan ledakan pasta gigi atau exploding toothpaste ini salah satu percobaan kimia yang menarik untuk di coba, seperti namanya yaitu ledakan pasta gigi (Exploding Toothpaste), namun terkadang percobaan ini juga disebut elephant’s tootpaste atau pasta gigi gajah. percobaan ini akan terlihat seperti semburan pasta gigi yang kuat dan cepat.

Namun pada percobaan ini kita akan memakai bahan yang cukup berbahaya yaitu H2O2 atau Hidrogen Peroksida. Oleh karena itu anak-anak tidak boleh melakukan percobaan ini sendiri tanpa bantuan orang tua.

Dimana kita dapat menemukan H2O2 ini? Kita dapat beli di apotek atau kalau mau gampang memakai bahan yang ada di rumah, misalnya saya pakai pemutih pakaian merk “Vanish”  karena 90% mengandung zat aktif H2O2.

Baiklah marilah kita mulai percobaan bersama little scientist Hijrah Parenting ini dia alat dan bahan yang harus dipersiapkan:

Bahan-Bahan :

2 sachet vanish
1 bungkus ragi boleh merk apa saja, saya pakai saf instant
Air hangat
Sabun cuci piring cair
Pewarna makanan (optional)
Botol bermulut kecil
Corong

Langkah – Langkah :

1. Masukkan hidrogen peroksida ke dalam botol, tambahkan sabun cuci piring (dikira-kira saja banyaknya disesuaikan dengan ukuran botol) dan pewarna makanan. Sisihkan.

2. Larutkan ragi ke dalam air hangat, masukkan ke dalam botol. (sebaiknya melarutkan raginya sesaat sebelum dimasukkan botol). Odol gajah tidak berhenti henti keluar.

Hasil percobaan Faris dan Irbadh reaksinya tidak terlalu naik karena raginya kelamaan masukinnya. Faris maunya disendokin satu-satu. Btw penasaran ga sih, ada fakta sains apa di balik odol gajah ini? Sebenarnya kalau mendokumentasikan kegiatan yang berhubungan dengan permainan sains, saya mencatat disini agar tidak lupa saja hehe. Penjelasan kepada anak-anak saya buat sesederhana mungkin agar mudah dipahami dan dikorelasikan dengan pertanyaan yang muncul dari anak-anak.

Fakta Sains
Reaksi ini terjadi karena adanya pelepasan oksigen H2O2 (hidrogen peroksida) yang dipicu oleh ragi sebagai katalis.

Busa lembut yang keluar itu adalah kumpulan dari busa kecil yang berisi oksigen. reaksi ini juga termasuk eksotermis, karena bukan cuma terjadi busa tapi juga panas.

2H2O2 → 2H2O(l) + O2(g)

elephant toothpaste
hasil semburan dari reaksi kimia

#HijrahParenting
#CeritaHijrah
#CeritaHijrah19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *