Kisah Si Ikan Berduri Landak

 

asmaul husna the creator

 

Hari ini Mama punya kisah tentang ikan yang berduri. “Siapa yang tahu apa nama ikan yang punya duri tajam seperti bulu landak?”

“Ikan buntal,” Jawab Faris sambil terkekeh. Ia sangat senang sekali memperhatikan ikan yang punya bentuk unik ini.
Allah SWT menciptakan ikan buntal yang bisa menggelembungkan tubuhnya bila sedang terancam bahaya.
Ikan buntal akan menelan air atau udara yang banyak sampai tubuhnya membesar. ketika tubuhnya membesar, duri-duri di sekujur tubuhnya pun ikut mencuat keluar. Tubuhnya jadi membulat dan berduri seperti landak. melihatikan buntal seperti itu musuhnya pun segera kabur ketakutan.

Jika musuhnya sudah jauh pergi, ikan buntal ini akan mengempiskan tubuhnya kembali perlahan-perlahan. Allah SWT menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan serta menetapkan segala peristiwa yang akan terjadi di kemudian hari. sehingga Allah bersifat Al Khaaliq yaitu Maha Menciptakan.

Sekali lagi Mama bertanya kepada anak-anak, “Siapa yang menciptakan semua yang ada di dunia ini?”

Dengan semangat empat lima anak-anak menjawab, “Allah”

“Dialah Allah yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Raja yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang mengaruniakan keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkara, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala keagungan, maha suci Allah dari apa yang mereka persekutuan.” (QS Al Hasyr ; 23)

Al Khaaliq (Maha Pencipta) – The Creator

Mama punya lagi sebuah kisah tentang Nabi Idris AS, beliau merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam AS. Nama aslinya adalah Akhnuh. Nabi Idris AS dikenal sebagai manusia pertama yang memiliki kepandaian menjahit pakaian. Sehingga beliau pun bisa meciptakan pakaian untuk dikenakan manusia pada masa itu. Setiap kali memasukkan jarum pada kain beliau selalu bertasbih.

Allah SWT juga memberi kepandaian lainnya pada Nabi Idris AS. Beliau menjadi manusia pertama yang bisa menunggang kuda dan menulis. Selain itu beliau juga memiliki kepandaian lainnya yaitu menciptakan berbagai peralatan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Karena tidak pernah berputus asa dalam menjalankan tugasnya berdakwah dan sangat pemberani dalam menghadapi tentangan kaumnya maka Nabi Idris AS dijuluki Asadul usud – Singa dari segala singa.

Apa-apa yang dibuat oleh Nabi Idris AS tidak lain dan tidak bukan atas kehendak Allah. Kemampuan menciptakan yang dimiliki oleh Nabi Idris AS tu hanya kemampuan kecil yang dimiliki oleh makhluk ciptaan Allah SWT. Sedangkan Allah SWT adalah yang menciptakan segala sesuatunya dan menciptakan segala sesuatu dengan pengetahuan tentang apa yang akan terjadi pada mereka.

 

Hikmah

Allah menetapkan bahwa manusia seluruhnya tidak akan mampu walaupun mereka bersatu padu untuk menciptakan seekor lalat saja, yang mana lalat merupakan selemah-lemahnya dan seremeh-remeh hewan. Namun, Allah SWT tidak menciptakan makhluk ini sia-sia,tidak berguna dan sekedar bermain-main, Maha Suci Allah dari hal tersebut. Allah SWT menciptakan manusia untuk mengenal/mengetahui dan menyembahNya. Melalui kisah tersebut di atas anak-anak dapat membandingkan betapa Mahanya Allah dan tiada illah yang wajib disembah selain Allah SWT. Mudah-mudahan melalui kisah ini anak-anak semakin bersyukur dan bertambah kecintaannya kepada Rabb yang menciptakan mereka.

 

 

 

#day43
#26Maret2018
#Batam
#3y8m
#1y7m
#1
#KelasPortofolioAnakbyGPA
#GriyaPortofolioAnak
#MengikatMaknaSepenuhCinta
#PekaAkanUnikAnak

One thought on “Kisah Si Ikan Berduri Landak

  1. Pingback: portofolioanak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *