8 Manfaat Fieldtrip (Dadakan) ke Kantor Pemadam Kebakaran

 

Kunjungan ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran adalah salah satu aktivitas yang digemari anak-anak saya. Kalau kata Ustadz Harry Santosa, istilahnya tour de tallent. Sebenarnya kunjungan kali ini, Faris hanya menemani Mama mencari informasi untuk agenda playdate rumbel homeschooling selanjutnya. Sebenarnya apa saja sih manfaat mengajak anak-anak pergi ke kantor pemadam kebakaran?

  1. Mengenal profesi secara konkret

Ketika di rumah anak-anak belajar mengenal profesi melalui buku yang dibaca atau tayangan di video. Biasanya Faris belajar tentang macam-macam profesi dan apa saja tugas setiap profesi hanya lewat buku, namun kali ini ia bisa melihat dan memegang langsung mobil dan peralatan yang digunakan bekerja seorang petugas pemadam kebakaran.

Melalui kegiatan berkunjung ke kantor pemadam kebakaran inilah anak-anak dapat belajar mengenal profesi pemadam kebakaran secara langsung dan melihat kegiatan apa saja sih yang dilakukan oleh pemadam kebakaran, tidak hanya melalui gambar.

  1. Mengasah Kemampuan Motorik

Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar dengan memanfaatkan panca indera mereka. Mereka melihat, membau, meraba, dan mendengar segala sesuatu tentang pemadam kebakaran karena mereka dikenalkan juga bab mengenai keselamatan kerja yang berhubungan dengan api agar lebih aware lagi apabila ada kejadian yang berhubungan dengan api,

  1. Melihat obyek secara riil

Saat mengunjungi pemadam  kebakaran, anak-anak tidak hanya belajar melalui fasilitator atau sekedar memanfaatkan media-media yang bisa dilihat anak, seperti gambar atau film. Melalui kegiatan kunjungan ke kantor pemadam kebakaran anak-anak dapat melihat secara nyata siapa itu pemadam kebakaran, alat apa saja yang digunakan, bagaimana bentuk kendaraannya, dan aneka benda atau obyek lainnya secara nyata.

  1. Praktek On The Spot

Melalui kunjungan ini anak-anak biasanya akan diajak untuk belajar cara memadamkan api. Namun, kemarin Faris belum bisa berpraktek karena kemarin kita baru melihat-lihat terlebih dahulu. Anak-anak biasanya akan secara langsung diajari proses memadamkan api dengan cara sederhana, misalnya cara menyiramkan air ke api dengan selang, cara memadamkan api dengan kain basah, dan lainnya. Pembelajaran seperti ini tentu sangat penting dipahami oleh anak, mengingat bahaya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jadi siapa yang mau ikut fieldtrip mengenal profesi pemadam kebakaran?

  1. Mengajarkan Sikap Menghargai Semua Profesi

Banyak anak-anak bercita-cita sebagai dokter, pilot, astronot, dan profesi keren lainnya. Namun jarang diantara anak-anak yang memiliki cita-cita sebagai pemadam kebakaran. Dengan mengajak anak berkunjung ke kantor dinas pemadam kebakaran, anak-anak insyaAllah akan menjadi semakin paham akan keberadaan profesi pemadam kebakaran bagi masyarakat serta apa saja jasa mereka.

  1. Memahami cara menyelamatkan diri

Musibah bisa terjadi kapan saja, korban dari segala musibah pun tidak hanya orang dewasa saja, namun musibah bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak hingga para manula. Jadi, tidak ada salahnya anak usia dini memahami cara menyelamatkan diri. Di kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar tentang cara menyelamatkan diri dari bahaya api atau kebakaran. Ada banyak cara penyelamatan diri yang perlu diajarkan kepada anak-anak, misalnya dengan mengajari anak berenang, mengajari anak menjauhi colokan listrik, mengajari anak cara memanfaatkan pisau, dan lainnya.

  1. Melatih anak agar tidak panik ketika mereka dalam kondisi terdesak

Saat bahaya datang, biasanya reaksi perasaan anak adalah ketakutan atau kecemasan. Maka dari itu, anak-anak harus belajar tentang cara memadamkan api, satu karakter yang pasti diajarkan kepada anak-anak adalah ketenangan dalam mengatasi bahaya. Bagaimana pun ketakutan dan kecemasan bukanlah reaksi yang baik saat bahaya datang. Anak-anak yang sudah lebih besar dapat belajar cara mengatasi musibah dengan ketenangan, dan belajar untuk tetap tenang ketika suatu permasalahan datang.

  1. Meningkatkan kemampuan bersosialisai dengan anak-anak yang lain

Saat berada di kantor dinas pemadam kebakaran, anak-anak akan mengenal beberapa orang baru, misalnya petugas satpam, petugas pemadam kebakaran, atau mungkin juga tukang kebun. Mereka akan mengenal beberapa orang baru dan orang-orang di luar lingkungan sekolah. Hal ini membantu mengembangkan kecerdasan sosial anak.

Oiya, untuk info kunjungan edukasi, harus mengajukan melalui surat permohonan yang ditujukan kepada staff kantor Pemadam Kebakaran BP Batam. Setelah mendapatkan ACC, pihak kantor akan menghubungi perwakilan sekolah/komunitas mengenai jadwal untuk kunjungan edukasi. Setiap kunjungan edukasi, anak-anak boleh didampingi dengan Ibu/Bapak masing-masing. Apa saja kegiatan yang ditawarkan dalam kegiatan kunjungan ini?

Pertama, tidak lain dan tidak bukan penjelasan mengenai profesi pemadam kebakaran, kegiatan kerjanya seperti apa dan anak-anak diizinkan mencoba baju alias seragam petugas damkar beserta topinya demi menjaga keamanan.

Kedua, anak-anak dikenalkan kepada alat apa saja yang digunakan seorang petugas Pemadam Kebakaran serta fungsi masing-masing alat termasuk yang berada di dalam mobil.

Ketiga, ibu-ibu mendapatkan penjelasan mengenai keselamatan kerja di rumah dan bagaimana cara-cara menghadapi situasi terdesak.

Terakhir, anak-anak diberikan kesempatan untuk mencoba dan berkeliling naik mobil damkar.Seru!

Siapa mau belajar memadamkan api bersama Faris? Yuk, ikutan agenda playdate rumbel HS Ibu Profesional Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *