Menemukan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Siapa yang sudah pernah melihat atau memegang magnet? Tentunya magnet sudah tidak asing lagi bagi kita semua kan, benda yang satu ini merupakan benda yang bisa menarik atau menempel pada logam.

Apa sih magnet itu?

Jadi, magnet adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu magnesian. Pada saat ini, suatu magnet adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet. Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara  dan kutub selatan. Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub. Nah magnet itu dapat menarik benda lain terutama menarik logam.

Ada salah satu jenis gaya yang kuat tetapi tidak dapat dilihat. Gaya ini dapat mendorong atau menarik benda tertentudengan kekuatan yang besar. Iya! Gaya yang aneh ini berasal dari magnet. Magnet banyak digunakan pada peralatan sehari-hari. Hari ini, Faris menemukan banyak benda-benda di rumah yang ternyata cara bekerjanya memakai magnet. Apa saja hasil temuan Faris?

  1. Magnet di dalam Harddisk

Faris terheran-heran ketika Mama menjelaskan bahwa informasi itu dapat disimpan dalam sebuah harddisk. Selama ini, ia berpikir keras kenapa ya kok bisa gitu Mama dan Papanya menyimpan foto atau video di dalam harddisk. Hebohnya lagi, ternyata kita bisa loh memutar ulang foto atau video yang kita simpan di dalam harddisk untuk dilihat kembali melalui laptop atau TV. Faris penasaran bagaimana cara kerja sebuah harddisk. Mama pun terheras-heran, jauh sekali analisanya hihi.Jadilah Mama memberikan pengetahuan dasar terlebih dahulu bahwa sebuah harddisk biasanya tersusun atas tumpukan logam berbentuk lingkaran. Setiap logam dilapisi dengan lapisan magnet yang sangat tipis. Nah ketika diaktifkan piringan harddisk berputar berlawanan dengan arah jarum jam sehingga mengakibatkan piringan harddisk tersebut berputar dengan kecepatan sangat tinggi, sedangkan head akan mengambang pada piringan harddisk. Pada saat mengambang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis, yaitu dengan cara spindle motor tersebut akan menggerakkan platter dan mengatur tekanan udara dengan slider agar tidak tersentuh platter, jadi head itu akan membaca data tersebut melalui udara.

2. Magnet pada pintu kulkas

Magnet kecil yang berbentuk seperti kancing dapat berguna untuk menempelkan kertas di pintu kulkas. Magnet ini biasanya dilapisi plastik di bagian luarnya. Namun, ternyata magnet juga dapat menembus kertas yang tipis bahkan Faris dan Irbadh mencoba menempelkan magnet di antara telinganya dan menempel. Akan tetapi, kekuatannya akan berkurang jika menggunakan kertas yang tebal atau sebuah kartu. Coba perhatikan pintu lemari es. Mengapa pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.

3. Magnet pada kompas

Siapa yang tahu apakah kompas itu? Kompas adalah alat yang bekerja menggunakan magnet dan fungsinya untuk menentukan arah mata angin. Jarum kompas yang terbuat dari magnet dapat berputar-putar mengikuti medan alami bumi sehingga dapat menunjukkan arah utara dan selatan.

4. Magnet pada headphone

Headphone dapat menghasilkan suara ketikamagnet di dalamnya menggetarkan lapisan tipis yang disebut diafragma. Suara yang dihasilkan headphone akan lebih besar apabila magnet menggetarkan diafragma dengan kuat.

5. Magnet pada motor listrik

Pernah menyadari tidak sih kalau ternyata magnet juga diperlukan pada mesin motor loh. Motor listrik tersusun atas kumparan kawat yang dapat berputar dan magnet permanen. Saat dialiri arus listrik, kumparan akan berubah menjadi elektromagnet. Ingat, bahwa magnet selalu mempunyai dua kutub magnet. Saat menjadi elektromagnet, kutub magnet pada kumparan ada yang mendekat dan ada yang menjauhi magnet permanen. Hal ini menjadikan kumparan tersebut berputar mengitari magnet permanen terus menerus sehingga motor listrik dapat berputar. Bayangin deh, manusia sangat bergantung pada motor listrik yang terdapat dalam peralatan sehari-hari, mulai dari sikat gigi elektrik, mesin cuci, alat pengering baju, vacuum cleaner, hingga blender.

6. Magnet pada derek

salah satu tayangan di nat-geo

Banyak badan mobil yang terbuat dari baja. Di tempat barang-barang bekas, mobil besar yang telah rusak dapat diangkat menggunakan elektromagnet dari sebuah derek. Elektromagnet juga dapat digunakan untuk memisahkan barang-barang yang terbuat dari baja dan bahan lainnya. Dengan demikian, barang-barang tersebut akan mudah didaur ulang. Membantu sekali kan, teman?

7. Magnet pada kereta super cepat

Hasil membaca buku tentang serba serbi kereta, kami menemukan fakta ternyata magnet juga digunakan pada kereta supercepat. Magnet dipasang pada bagian bawah kereta, sedangkan magnet lain berada di rel. Kutub magnet di kereta dan rel adalah sejenis, sehingga dihasilkan gaya tolak menolak. Saat bergerak atau kereta digunakan maka kereta seolah-olah bergerak melayang di atas rel.Hal ini akan membuat kereta bergerak sangat cepat, karena hampir tidak ada gaya gesek antara kereta dengan rel, Jenis kereta yang menggunakan magnet ini disebut kereta maglev, singkatan dari magnet levitation (magnet apung).

Itulah hasil bermain sambil belajar anak-anak hari ini, insyaAllah besok kita lanjut bebikinan lagi ya dengan tema magnet. Salam  😆

Referensi :

[1]Ensiklopedia Bocah Muslim, Mizan

[2]Misteri Sains Fisika Fantastis, Tiga Ananda.

[3]http://fachmihusein.blogspot.co.id/2013/11/komponen-dan-cara-kerja-harddisk.html#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *