Belajar Menyayangi Hewan dengan Berkunjung ke Taman Kelinci, Batam

Batam tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia, keindahan alam dan wisata alam yang tersembunyi memang banyak ditemukan di pulau ini. Bukan hanya di kota besar saja seperti Bandung, Lembang, Bogor, Semarang, Pekanbaru, Jakarta, Yogya hingga Malang. Kawasan wisata alam di kota Batam bertambah lagi dengan hadirnya Taman Kelinci yang terletak di kawasan Sekupang. Keindahan alam dan sekumpulan kelinci yang disuguhkan menarik minat para wisatawan yang berlibur ke sini. Selain taman kelinci, kita dapat menikmati pemandangan dari atas rumah pohon dan tebing langit tentu saja memberikan pengalaman tersendiri yang tidak akan terlupakan. Hari ini saya dan keluarga berkunjung ke taman kelinci berkat informasi dari sahabat saya, Mbak Putri yang minggu lalu sudah terlebih dahulu kemari. Ah senangnya anak-anak bisa bermain lebih dekat dengan alam.

Salah satu kawasan wisata alam baru yang menjadi incaran para wisatawan adalah Taman Kelinci yang memberikan keunikan dan juga sisi menarik tersendiri. Mungkin bagi beberapa orang tempat wisata ini biasa saja, sebab di beberapa kota lain pun juga sudah mempunyai taman kelinci yang serupa namun bagi warga Batam ruang terbuka seperti ini menjadi alternatif berwisata di akhir pekan. Apalagi ada banyak hal yang bisa ditemukan di kawasan wisata Taman Kelinci tersebut.

Berkenalan dengan Taman Kelinci Batam

Kawasan wisata Taman Kelinci ini menyediakan banyak fasilitas yang bisa memberikan kesan berbeda. Berbeda dengan kawasan wisata alam lainnya yang ada di kota Batam, di sini para wisatawan bisa melihat lebih dekat mengenai keindahan alam yang berpadu dengan konsep kota alam tersendiri dimana memberikan sisi menarik dan memanjakan para wisatawan.

Salah satu hal yang menjadi incaran para wisatawan ketika mengunjungi Taman Kelinci ini adalah adanya rumah Hobbit yang bisa menjadi daya tarik terutama di sektor fotografi. Bagi para pecinta film Lord of The Rings atau Hobbit, tentu saja akan sangat senang berlibur dan mengunjungi kawasan wisata Taman Kelinci ini. Meski belum rampung dibangun namun tempat wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh warga sekitar.

Konsep Rumah Hobbit 

Bagi teman-teman yang sudah menonton film Lord Of The Rings dan juga The Hobbit, tentu sangat hafal bagaimana bentuk dan juga tampilan dari rumah milik Bilbo Baggins tersebut. Di sini para pengunjung akan diajak untuk melihat replika dari rumah di film legendaris tersebut. Sangat identik sekali bentuk rumah kayu yang masih dalam tahap finishing ini. Tentu saja para wisatawan diperbolehkan untuk berfoto di depan rumah tersebut. Cukup menarik tampilan dari rumah yang erada di bawah bukit yang merupakan tempat para kelinci dipelihara. Pengunjung pun dapat melihat pintu dan jendela rumah yang berbentuk bulat tersebut. Para wisatawan biasanya akan selfie dan berfoto di depan rumah tersebut.

Jika sudah benar-benar selesai dibangun, para pengunjung juga dipersilahkan untuk memasuki rumah tersebut. Tentu saja interior yang ditampilan memang tidak terlalu mirip dengan rumah hobbit seperti di film Lord Of The Rings tersebut. Akan tetapi kesan dan nuansa yang dimaksudkan oleh Taman Kelinci sudah sangat mirip dengan rumah hobbit di kedua film ini. Rasakan sensasi yang berbeda ketika berada di kawasan wisata ini.

Bermain Bersama Kelinci

Salah satu pesona yang ditawarkan oleh kawasan wisata Taman Kelinci ini adalah tentu saja kelinci yang lucu-lucu. Para wisatawan bisa bermain dan juga berinteraksi dengan para kelinci yang memenuhi obyek wisata ini. Anak-anak pasti senang bisa bermain dan juga berfoto serta berlarian bersama para kelinci yang tersebar di sekitar kawasan wisata Taman Kelinci ini.

faris memberi makan kelincinya langsung

Tidak heran jika kawasan wisata Taman Kelinci ini menjadi incaran para wisatawan yang gemar berfoto kekinian. Pengunjung dapat berfoto bersama para kelinci dan langsung diunggah ke sosial media seperti Instagram dan juga Facebook. Uniknya lagi, selain terdapat berbagai macam kelinci yang lucu kita juga dapat melihat bentuk rumah-rumah kelinci yang berbeda dari biasanya, salah satunya berbentuk seperti rumah gadang.

Kawasan wisata ini sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Apalagi anak-anak tentu saja sangat senang bermain dengan hewan-hewan lucu seperti kelinci. Ditambah lagi hewan ini sangat jinak dan tidak akan melukai anak-anak. Akan tetapi disarankan para orang tua untuk menjaga anak-anak ketika bermain bersama kelinci. Biasanya anak-anak tidak bisa menjaga tingkah mereka yang bisa membuat kelinci akan terganggu dan stress. Hal ini bisa berbahaya untuk para kelinci-kelinci tersebut apalagi anak-anak kelinci yang umurnya masih dibawah tiga bulan.

Rute Menuju ke Lokasi Taman Kelinci Batam

Kawasan wisata ini letak dan alamatnya berada di daerah Sekupang. Untuk para pengunjung yang ingin menuju ke kawasan wisata ini tidak perlu khawatir karena akses dan rute jalur ke taman ini sudah sangat terjangkau dan juga mudah. Jalur utama untuk menuju ke kawasan wisata Taman Kelinci ini sangat mudah untuk diakses. Cukup mengikuti jalan utama ke arah Resort Sijori dan bersebelahan dengan lokasi wisata Tebing Langit. Dari sini para pengunjung hanya cukup mengikuti papan petunjuk untuk menuju ke kawasan wisata Taman Kelinci tersebut. Papan petunjuk di sepanjang jalan sudah siap memudahkan para pengunjung untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata alam ini, harus membayar tiket masuk atau htm seharga sepuluh ribu untuk orang dewasa dan lima ribu untuk anak-anak. Dengan harga tersebut para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan kawasan wisata alam Taman Kelinci dan berfoto sepuasnya. Buat teman-teman yang suka hunting foto, jangan lupa main kesini dan bawa properti fotomu karena banyak spot yang bisa dieksplor melalui bidikan kameramu. Sementara untuk parkir mobil dan motor sendiri dikenakan harga sebesar dua ribu rupiah dan seribu rupiah. Cukup murah tentunya. Sementara foto-foto, memberi makan dan bermain bersama kelinci gratis dan bebas. Namun kelinci-kelinci ini tidak boleh di bawa pulang yah😂

Jam berapa kawasan wisata ini bisa dikunjungi? Untuk operasional, kawasan wisata alam ini dibuka pada jam delapan pagi WIB dan juga akan ditutup pada pukul 4 sore. Sayangnya di sini para wisatawan tidak bisa melihat matahari tenggelam di sebelah barat. Sebab sebelum sunset lokasi wisata ini sudah ditutup untuk umum dan para pengunjung tidak diperbolehkan berada di Taman Kelinci selepas jam 4 sore.

Fasilitas di Taman Kelinci

Kawasan wisata Taman Kelinci ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang komplit. Meski belum semua area selesai dibangun akan tetapi untuk fasilitas sudah cukup mumpuni guna mendukung para wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata ini. Salah satu fasilitas umum yang bisa digunakan adalah adanya kamar mandi dan toilet.

Sementara untuk penginapan, di sekitar kawasan Taman Kelinci ini para pengunjung bisa menemukan berbagai macam penginapan mulai dari hotel, guest house, villa hingga resort yang harganya terjangkau dan juga cukup bagus. Tentu saja hal ini bisa memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi Taman Kelinci.

Fasilitas lain yang bisa ditemukan di kawasan wisata ini adalah adanya rumah makan sederhana yang menyajikan aneka macam kuliner Jawa Sumatera. Hal ini memanjakan para wisatawan yang senang mencicipi kuliner nusantara. Menyantap aneka makanan dan minuman sembari menikmati suasana di sekitar kawasan wisata Taman Kelinci ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Wisata Mini Outbond Ala-Ala


Sementara untuk area outbound, para pengunjung bisa mendapatkan petualangan yang seru dan juga pengalaman yang tidak terlupakan di kawasan wisata ini. Ajak anak-anak untuk merasakan sensasi bermain di alam bebas atau sekedar bersantai di atas hammock sembari memberi makan kelinci di sini. Untuk area outbound sendiri para pengunjung bisa melatih keterampilan putra dan putri mereka sembari belajar di alam bebas.

Obyek wisata alam Taman Kelinci ini memang mengedepankan edukasi alam dimana para wisatawan bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan kelinci serta melihat pesona alam yang dihadirkan di sekitar kawasan wisata alam ini. Sebuah kombinasi yang cukup pas dan mumpuni. Di sini para pengunjung bisa mencoba berbagai macam permainan outbound yang sudah disediakan. Seperti halang rintang hingga menyeberang jembatan gantung dengan tali yang cukup menegangkan. Selain itu tentu saja bisa berinteraksi dengan para kelinci yang lucu-lucu.

Tips Berlibur ke Taman Kelinci

Berlibur ke kawasan wisata Taman Kelinci tentu saja akan sangat menyenangkan. Akan tetapi harap diperhatikan beberapa tips yang bisa membuat liburan menjadi lebih menyenangkan lagi. Pengunjung disarankan untuk membawa jaket atau sweater ketika berlibur ke kawasan wisata ini. Pasalnya di sini ketika pagi hari dan menjelang sore akan cukup dingin. Apalagi cuaca di Batam beberapa hari ini sedang sendu. Bahkan mendekati musim hujan biasanya akan turun kabut yang membuat cuaca akan lebih dingin. Bagi yang membawa anak-anak sediakan pula obat serta baju ganti agar tetap hangat kala bermain di sini.

Jaga anak-anak ketika berada di sekitar kawasan wisata ini. Ada beberapa titik yang memiliki lahan yang sedikit curam. Hal ini bisa membahayakan anak-anak ketika sedang bermain bersama kelinci. Jaga tingkah laku anak-anak sehingga tidak membuat para kelinci berlarian dan juga stress. Hal ini bisa membahayakan para kelinci.

Disarankan berkunjung di pagi hari jika berangkat dari pusat kota Batam. Mengingat ketika akhir pekan dan hari libur nasional, kawasan wisata Taman Kelinci ini akan lebih banyak dikunjungi wisatawan. Pada hari kerja, kawasan wisata Taman Kelinci tidak akan terlalu ramai. Sehingga wisatawan bisa bebas berfoto bahkan bersantai di sekitar rumah Hobbit yang ada di area ini. Pengunjung pun dapaat masuk dan melakukan eksplorasi dengan bebas di Taman Kelinci

Selain jaket, sepatu yang nyaman juga menjadi modal yang penting. Kawasan wisata Taman Kelinci ini masih berupa bukit dan beberapa titik diantaranya memiliki kontur yang bergelombang. Dengan menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman tentu akan membuat perjalanan menjadi semakin nyaman. Dan tentu saja kaki terutama di bagian engkel dan telapak kaki tidak akan gampang cedera dan letih. Terutama untuk para wanita. Dengan perlengkapan tersebut liburan dijamin akan lebih menyenangkan. Ayo yang belum pernah main ke taman kelinci, buruan mampir kemari ❤

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *