Ramadan Menu Planner dari Dapur G-Fam

Assallamu’alaikum, Mak! Bulan ramadan sudah di depan mata nih. Emak-emak sudah membuat menu buka puasa dan juga untuk sahur belum, Mak? Mungkin bahkan undangan berbuka puasa bersama sudah mulai berdatangan, tetapi bagi keluarga kami yang notabene orang rumahan ini kayaknya tetap saja ya, menyiapkan sendiri menu buka puasa dan juga sahur bersama keluarga itu akan lebih baik, terutama untuk membangun bonding dan kenangan anak-anak saat mereka dewasa kelak.

Aturan pemilihan jenis makanan tentu harus disesuaikan dengan waktu dan kondisi orang yang bersangkutan. Pertimbangan waktu sahur, misalnya, berbeda dengan pertimbangan saat berbuka. Salah satu masalah umum saat makan sahur adalah kurangnya nafsu makan. Tetapi sahur dalam puasa Ramada sangatlah dianjurkan. Jadi, kita tetap dianjurkan untuk makan menjelang imsak sekalipun kita mungkin kuat untuk menahan lapar seharian tanpa sahur.Berkurangnya nafsu makan tidak boleh menjadi alasan meninggalkan sahur. Apabila tidak adanya nafsu makan merupakan masalah besar, maka kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengatasinya. Disinilah keterampilan memasak dan menyajikan makanan yang menggugah selera menjadi hal yang sangat penting.

Secara umum, aturan makan saat puasa mengikuti aturan umum pedoman gizi seimbang. Komposisi karbohirat, protein, lemak sebaiknya tetap mengikuti pedoman seperti biasa.Meski begitu ada beberapa jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Aturan ini berlaku untuk semua orang, di luar pertimbangan kondisi  individu masing-masing orang, antara lain

1.Makanan dan Minuman Manis atau Karbohidrat Sederhana

Kita dianjurkan untuk untuk bersahur dengan sumber karbohidrat kompleks, protein dan serat. Karbohidrat kompleks misalnya nais yang agak pera. Sumber protein misalnya ikan, telur, tahu, tempe, daging ayam atau sapi. Serat terutama dari buha dan sayur. Ketiga jenis makanan ini bisa mengatur suplai energi tetap terjaga sampai siang hari.

2. Makanan atau minuman yang merangsang produksi air kemih

Untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi, kita harus minum cukup air sampai sahur. Namun, minuman seperti kopi atau teh yang panas, manis dan kental bukan pilihan yang menyehatkan di waktu sahur sebab kedua jenis minuman ini merangsang pengeluaran air. Selain gulanya akan menyebabkan kita menjadi cepat lapar di siang hari, bahkan kopi dapat merangsang produksi air kemih.

3. Makanan Awetan 

Terkadang, karena alasan kepraktisan kita lebih suka memilih makanan awetan, ikan, atau daging kalengan lalu menjadi pilihan. Padahal dari segi nutrisi, makanan kalengan mestinya tidak menjadi pilihan. Salah satu alasannya makanan kalengan sudah pasti tidak segar dan kehilangan sebagian besar vitaminnya. Alasan lainnya,makanan kalengan umumnya mengandungbanyak bahan tambahan, misalnya pengawet, garam dalam jumlah banyak, penguat rasa, minyak dan berbagai bahan yang sebetulnya tidak kita perlukan.

 

Baca Juga : Menu Food Combining Bagi Pemula

 

Nah, buat emak-emak yang belum sempat menyusun menu buka puasa, berikut ini ada referensi Ramadan Menu Planner dari dapur G-Fam. Susunan menu ini kami buat berdasarkan kesepakatan bersama dan merupakan bagian dari Family Project #3 khusus untuk bulan Ramadan tahun ini. Apa saja menu kudapan yang bisa disajikan saat berbuka? Ini hanya sekedar referensi ya, Mak. Jadi Mama bisa mengaturnya dengan diselang-seling menu buka puasa tradisional atau menu dari luar sesuai keluarga masing-masing.

Yang jelas menu yang kami pilih ini penyajiannya juga gampang. Dan yang pasti karena kita membuat sendiri di rumah maka kita pun lebih yakin dengan ke-higienis-annya dan juga terkontrol kadar gizinya. Tetap usahakan menyuplai nutrisi penting yang dibutuhkan saat berbuka, dan tentunya disukai oleh keluarga.

Berikut ini beberapa pilihan takjil untuk menu berbuka puasa Ramadan dari dapur G-Fam.

1.Bubur kacang hijau.

Ini menu takjil berbuka puasa andalan saat saya kehabisan ide untuk membuat menu pembuka ketika berbuka puasa. Bubur kacang hijau paling gampang dibuat, bahkan keluarga kami biasa membuat bubur kacang hijau dengan slowcokker. Praktis kan, Mak. Terakhir tambahkan nangka untuk rasa yang lebih nikmat.

2. Kolak pisang atau ubi.

Ini juga menu buka puasa sejuta umat saat Ramadan tiba. Sepertinya sudah wajib membuat menu ini untuk berbuka puasa. Kudapan yang terbuat dari pisang, santan dan gula merah ini menjadi menu favorit saat berbuka. Sebaiknya sih untuk mengurangi rasa manisnya, takaran gulanya bisa sedikit dikurangi, dan pilihlah pisang yang matang sempurna sehingga manis alaminya terasa.

3. Kue soes dengan berbagai topping

Ini adalah kue kesukaan anak-anak, selain cepat dan gampang dibuat, kue ini bisa dimodifikasi dengan berbagai topping kesukaan mereka. Bahannya sedikit dan hasilnya banyak. Tipsnya, pilih susu yang creamy agar isiannya terasa lembut di lidah.

 

Baca Juga : Simple Banana Cookies Snack Favorit 2Al

 

4. Es aneka buah dan biji chia

Biji chia ini sangat baik manfaatnya bagi pencernaan dan mengandung banyak serat. Untuk membuat es buah, pilih saja buah yang sedang musim dan kurangi penambahan sirup pabrikan ya, Mak. Perhatikan takaran gulanya dengan mengganti dari rasa manis buah asli dan yogurt tawar sebagai pengganti susu agar puasa kita tetap sehat.

View this post on Instagram

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan kehadiran minuman baru di Indonesia. Sepintas, minuman ini mirip dengan jus mangga abang-abang di jalanan pada umumnya. Bedanya, untuk dapetin minuman ini butuh perjuangan khusus karena antrenya bejubel sekali lho. Lalu, apa keunikannya ya? Kemunculan minuman mangga hits ini bermula saat hype kuliner negeri Gajah mulai merambah Indonesia. Thailand sendiri terkenal akan beberapa jenis kulinernya yang terlebih dahulu hits, yakni Thai Ice Tea dan Mango Sticky Rice. Satu porsi minuman jus mango ala thailand yang lagi hapening ini harganya Rp 50.000. Diletakkan di gelas yang besar, minuman ini terdiri dari tiga lapisan. Lapisan terbawah terdiri dari jus mangga, lapisan tengah es serut dan whipped cream lalu di atas diberi topping potongan buah mangga. Mengingat harganya yang cukup mahal, rasanya cukup mengherankan apabila minuman ini menjadi hype di antara masyarakat. Bahkan slogannya, untuk dapat mencicipi ini dibutuhkan perjuangan khusus yang nantinya akan dibayar manis oleh kesegaran jus mangga tersebut. Mungkin kita bisa mengatakan, masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di perkotaan ini doyan mencicip makanan atau minuman yang sedang viral. Bagaimana? Apakah masih tergiur mencobanya? Ayo kembali ke dapur, kita bikin sendiri karena cara buatnya gampang dan kita tau apa saja makanan minuman yang kita asup. Resep Mango Bomb ala rumah organik trenggalek⛅🌻 Bahan Jus Mangga : – 2 buah mangga ukuran sedang (sudah saya kupas dan bekukan di freezer semalaman) – 8 buah jeruk medan ukuran sedang (peras ambil airnya saja) – 100 ml plain yoghurt – 300 ml air es Topping : Mangga secukupnya potong dadu Kelapa muda diserut Chiaseed Cara Membuat : 1. Blender bahan jus mangga sampai halus. 2. Tuang jus mangga hingga 3/4 gelas. 3. Hias atasnya dengan potongan mangga, kelapa serut dan taburi chiaseed. Siap disajikan. nb: no sugar, no uht, no whipcream aman dikonsumsi anak2 dan orang tua. Salam sehat 💕

A post shared by Rumah Organik Trenggalek (@rumahorganik_trenggalek) on

5. Kue Bolu Wortel

Resep bolu apa saja yang selama ini sudah dibuat di rumah, Mak? Kalau Mama sudah bosan dengan resep bolu yang itu-itu saja Mama mungkin bisa mencoba bolu berbahan dasar wortel dan gula palem ini.

 

Beberapa pilihan sajian berikut ini merupakan menu buka puasa dan sahur ala dapur G-Fam

1. Sate Pedas Manis

Kini kita tidak perlu lama mengantri lama jika ingin berbuka puasa dengan sate karena kita bisa membuat sendiri sate pedas manis di rumah. Berikut ini resep sate pedas manis ala keluarga kami, sangat mudah dan silahkan dicoba di rumah ya, Mak.

Bahan :

500 gram daging has dalam, potong 2x2x2 cm

1/2 sendok teh garam

1 sendok makan gula merah, sisir

1 sendok teh ketumbar bubuk

2 sendok makan kecap manis

2 sendok makan air asam jawa, dari 1sendok teh asam jawa dan 3 sendok makan air

20 buah tusuk sate

Bumbu Halus :

8 butir bawang merah

2 siung bawang putih

5 buah cabai merah besar

5 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :

  1. Campur daging, garam,gula merah, ketumbar bubuk,kecap manis, air asam, dan bumbu halus. Aduk sampai daging berbalut bumbu. Diamkan 1 jam hingga bumbu meresap.
  2. Tusuk-tusuk daging di tusuk sate.
  3. Bakar hingga matang.

2. Mix Green Salad

Menu salad merupakan salah satu menu yang wajib dihidangkan di meja ketika buka puasa di rumah kami. Demi memenuhi kebutuhan enzim dalam tubuh. Enzim selalu diperlukan tubuh sebagai katalisator bagi proses metabolisme. Dalam foodcombining, jika pati, protein, lemak, vitamin, dan mineral ibarat bahan-bahan bangunan, maka enzim ibarat tukang bangunan. Jika kita hanya rajin menimbun bahan-bahan bangunan ke dalam tubuh (baca/; selalu makan makanan yang dimasak alias tidak mengandung enzim), tanpa menyediakan tukang bangungan (baca:enzim), maka ”rumah kita” alias tubuh kita akan segera aus. Itulah mengapa mengasup enzim hidup itu sangat penting. Enzim rusak pada suhu 40-60derajad celcius. Berikut ini resep salad andalan keluarga kami, simple dan cepat penyajiannya.

Bahan :

25 gram keju parmesan (untuk anak-anak)

2 lembar iceberg, potong-potong

2 lembar romaine lettuce, potong-potong)

50 gram red cabbage

sayur yang lain boleh dipakai, sesuai ketersediaan di rumah saja.

Bahan dressing :

75ml minyak zaitun

1/2 sendok teh seasalt

2 sendok teh air jeruk lemon

1 siung bawang putih cincang halus

1 sendok teh dijon mustard (bagi yang suka)

1 sendok teh balasamic

1 genggam almond cincang kasar

1/4 sendok teh lada hitam,tumbuk kasar.

Cara Membuat :

  1. Keju panaskan di pan. Taruh1 sendok makan keju sambil diratakan. Bentuk bulat, masak hingga meleleh dan menyatu.
  2. Dressing campur minyak zaitun, garam,air jeruk lemon, bawang putih, balsamic, almond, lada hitam dan dijon mustard.
  3. Campur iceberg, romaine lettuce, red cabbage dan keju. Tambahkan dressing, aduk rata.

3. Tumis Kailan Jamur

Kailan sering digunakan dalam masakan Tionghoa, dan terutama dalam masakan Kanton. Sayur ini lazim ditumis dengan bumbu jahe dan bawang putih, atau direbus dan dihidangkan dengan saus tiram. Daun maupun batang kailan dapat dimakan, biasanya dipotong-potong kecil sebelum dimasak. Nama kailan atau gai-lan merupakan pelafalan dalam bahasa Kanton.Daun dan batang sayuran ini bisa dimakan. Sebelum diolah menjadi santapan lezat, sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu. Namun, khusus untuk baby kailan yang berukuran mungil tidak perlu dipotong-potong.Manfaat kailan antara lain memberi pasokan antioksidan betakaroten dan vitamin C untuk melawan penyakit degeneratif dan penuaan. Tubuh akan mengubah betakaroten menjadi vitamin A yang baik untuk penglihatan, kulit yang sehat, dan daya tahan tubuh melawan infeksi. Cukup 100 gram sajian kailan mampu memenuhi 1/3 asupan vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Jadi mari jadikan kailan sebagai salah satu pilihan sayur yang kita konsumsi ketika berbuka puasa atau sahur. Ini dia resep tumis kailan jamur yang bisa dihidangkan segera di meja makan emak-emak semua.

Bahan:

200 gram baby kailan

150 jamur merang, potong 4 bagian

100 gram fillet ayam, potong kotak

1/2 buah bawang bombay, iris panjang

3 siung bawang putih, memarkan

1 sendok makan saus tiram

1 sendok teh kecap ikan

1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica

1/2 sendok teh gula

1 sendok makan minyak untuk menumis.

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe sampai harum.
  2. Masukkan ayam, tumis sampai berubah warna.
  3. Tambahkan jamur dan kailan, tumis sampai layu.
  4. Masukkan saus tiram, kecap ikan, garam, merica dan gula pasir. Aduk rata.
  5. Tuang air dan aduk sampai rata.

 

Cookpad, Aplikasi Gratis Untuk Penggemar Masakan dan Makanan Indonesia

Siapa yang masih bingung mencari resep masakan favorit keluarga? Hobi memasak pun kini tak hanya dimiliki wanita saja. Para pria pun sekarang tak sungkan untuk berbelanja kebutuhan bahan dapur lalu masuk dapur untuk mengolah makanan. Buat ibu-ibu yang sudah mati gaya dan bingung mau masak apa atau sekedar igin mencoba resep-resep baru setiap harinya, dan untungnya teknologi mengiyakan.

Bagi ibu milenial, jika ingin mencari resep baru kini kita tidak perlu membeli buku atau tanya ke orang tertentu, cukup buka aplikasi di gawai saja, Mak maka segala resep bisa diketahui. Cookpad menjadi salah satu layanan gratis untuk emak-emak yang ingin mencoba resep-resep terbaru.

Layanan yang diadaptasi dari aplikasi Jepang ini semakin variatif membantu kaum wanita dalam belajar memasak atau menyajikan makanan terbaik bagi keluarga. Saat ini, melalui aplikasi cookpad kita tidak sekedar bisa mencari resep makanan atau minuman yang ingin kita buat tetapi kita pun bisa belajar online dari ahlinya melalui program #cookpad masak bareng. Cookpad juga memfasilitasi membernya untuk bergabung ke dalam grup Cookpad Community Indonesia. Jadi buat emak-emak yang masih bingung mau masak menu apa untuk buka puasa dan sahur ayo download aplikasi cookpad di Android dan iOS.

View this post on Instagram

Hai #Cookpaders Terimakasih atas partisipasimu setiap hari bersama #Cookpadcommunity Yuk intip “recipes of the day” pilihan Cookpad minggu lalu: . #SeninSemangat_cookpad: @adis_sabrina_zainal (Cookpaders Bandung) #SelasaBisa_cookpad: @aning_han_okbingits (Cookpadres Klaten) #RabuBaru: @dwi_fananvira (Cookpaders Sidoarjo) #KamisManis_Cookpad @ayunabillarumaropen_ (Cookpaders Papua) #PekanInspirasi_cookpad @Vina_gahftan (Cookpaders Depok) . Wah begitu banyak resep hebat berdatangan dari #Cookpaders di seluruh Indonesia setiap harinya, dan salah satunya tentu adalah resep KAMU.. iya kamu ☺ Nantikan pula pengumuman pemenang #tantanganCOMBRO di insta story @cookpad_id sesaat lagi . Jangan sampai ketinggalan untuk menjadi bagian dari inspirasi bersama #Cookpadcommunity ya Gabung #Cookpadcommunity? masuk ke halaman instagram @cookpad_id, lalu geser ke atas pada highlight story “Community” . #Cookpadindonesia #Masakitusaya #bagikaninspirasimu

A post shared by Cookpad Indonesia (@cookpad_id) on

Cookpad juga sering mengadakan challenge berhadiah loh, langsung diintip aja kesana dan buat ramadan tahun ini lebih berkesan. Nah, itu dia beberapa contoh daftar menu buka puasa yang juga bisa Mama buat sendiri selama Ramadan besok. Semoga puasa Ramadan kita sekeluarga tahun ini diberikan kelancaran ya, Ma. Dan kita semua mendapat pahala. Aamiin ya rabbal’alamin,

Selamat menyambut Ramadan, Mak. Semoga Allah sampaikan dan mampukan kita berpuasa di bulan Ramadan tahun ini. Aamiin!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *