Kegiatan Seru di Akhir Pekan

Modernisasi bukan hanya memoles fisik lingkungan kita,namun merambah masuk hingga ke segala urusan manusia, termasuk urusan bermain anak-anak. Dulu seorang anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk main di tanah lapang, di padang rumput, atau di tanah-tanah kosong yang becek.

Mulai dari sepak bola, jalinan rotan atau jeruk bali sampai membuat patung dari tanah liat atau sekedar menangkap capung dan kunang-kunang. Sekarang, dimana kita mencari lapangan bermain untuk anak-anak, sementara sejauh mata memandang yang kita lihat adalah gedung-gedung pencakar langit atau komplek perumahan yang padat?

Tak heran, kalau tempat bermain anak sekarang bergeser ke playstation rental atau playground untuk bermain games online. Coba tengok deh, tak hanya di Batam atau kota besar lainnya, bahkan di kota-kota kecil pun anak-anak sudah sangat akrab dengan gadget mereka masing-masing. Tak jarang mereka sampai lupa waktu dan ketagihan untuk terus bermain bahkan berujung tantrum jika diambil gadgetnya. So, bagi keluarga kami momen bermain merupakan
momen untuk kumpul keluarga yang menyenangkan dan seru. Yuk, tinggalkan gadget sejenak dan lakukan permainan berikut ini.

Baca juga : Nerf Gun War Bahasa Kasih Keluarga Kami

1. Bermain Uno Stacko Bersama Keluarga
Permainan ini sangat membuat saya gemas ketika memainkannya. Tetapi hal inilah yang bisa membuat antar anggota keluarga menjadi semakin akrab. Permainan ini dilakukan engan cara menyusun-susun balok dan nanti harus diambil dengan cara acak pondasinya, kalau jatuh dan berantakan maka dialah yang kalah. Kalau kalah anggota keluarga boleh memberikan coretan bedak di wajahnya, yang akan menambah seru permainan.😀

Namun, esensi dari permainan ini semakin random karena dimainkan oleh balita jadi no intervensi. Planingnya main uno stacko mau bebikinan gedung aparteman yang tinggi. Action plannya, “bukan kaya gitu bikinnya harusnya balok yang kuning di bawah dan balok yang merah di atas, baru yang hijau disusun di atas yang merah.” Sok bebaskan, anak-anak bermain tumpuk sesuka hatinya. Justru dari situ mereka belajar mereka-reka bentuk konstruksi yang sesuai dengan imajinasinya. Jadi, berikan kesempatan seluas mungkin pada anak untuk mencoba mengerjakan dan membuat keputusan sendiri. Dengan begitu, imajinasinya makin berkembang dan harapannya dapat menstimulasi munculnya ide kreatif. Bukan tak mungkin kan kelak mereka mampu mencipta bentuk tertentu secara orisinal yang tak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, semisal membuat mobil bak sampah luar angkasa buat angkut sampah yang ada di luar angkasa (ini hasil pemikiran Faris😂).

2. Percobaan Sains
Pernah mendengar Hot Wheels yang bisa berubah warna? Series Hot Wheels yang satu ini dinamakan dengan Hot Wheels Color Shifter. Di mana warna bodi tersebut bisa berubah saat dicelupkan ke dalam air hangat, untuk merubahnya kembali ke warna semula cukup di celupkan ke air dingin. Kok bisa begitu ya? Beberapa hari ini anak-anak sibuk mengeluarkan dan memasukkan mainan mobil-mobilannya ke dalam kulkas. Biasanya jika sedang bermain mobil-mobilan, anak-anak hanya duduk di atas karpet dan menjalankan mobil itu dengan tangannya namun kali ini berbeda.

Setelah kami amati, akhirnya satu keluarga tertarik untuk mencoba memainkannya juga. Jadi ternyata, mobil-mobilan ini bila dimasukkan ke dalam air dingin akan berubah warna begitu pula sebaliknya. Meskipun kami bukan engineer, sebagai fasilitator tentunya harus punya rasa penasaran tentang material apakah ini? seperti plastik namun bisa berubah warna dengan pengaruh suhu. Dan kegiatan ini adalah sesuatu yang menarik untuk diamati dan ditelusuri teknologi apakah yang dimasukan ke dalam mainan anak-anak. Apakah itu? Ternyata ini merupakan salah satu teknologi paramagnetic color changing?

Menurut epiccarnage.com menjelaskan, cat bisa berubah warna dengan perubahan suhu. Dengan menyesuaikan tegangan arus listrik melalui body kendaraan bisa membuat warna berubah.

Diecast Hot Wheels memproduksi mobil mainan dengan kemasan yang bertulis Color Shifters. Mobil mainan Hot Wheels dengan kemasan color shifters inilah yang memiliiki keunikan cat mobil akan berubah warna dalam suhu berbeda. Misalnya saat suhu normal warnanya akan putih, namun saat dimasukkan ke dalam kulkas mobil tersebut akan berubah warna menjadi hitam atau biru. Hal ini terjadi karena cat yang dilapiskan pada mobil mengandung partikel paramagnetik oksida besi.

Dengan menerapkan arus listrik, jarak kristal oksida akan disesuaikan dan hal ini memengaruhi pantulan cahaya serta persepsi warna yang bisa ditangkap mata maupun kamera video.

Itulah dua kegiatan seru di akhir pekan kami minggu ini. Acara kumpul keluarga memang selalu menjadi hal menyenangkan apalagi kalau sambil bermain. Kalau teman-teman punya ide seru apa untuk dimainkan bersama keluarga di akhir pekan nanti?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *