Liburan bersama Keluarga dan Stimulasi Kecerdasan Anak

Siapa sih orang tua yang tidak mau dekat dengan anak? Punya hubungan emosional yang dekat dengan anak? Tentunya setiap orang tua menginginkan hal tersebut. Termasuk saya dan suami mengidamkan supaya bisa lebih dekat dengan kedua anak kami.

Salah satu cara yang bisa dilakukan tentunya adalah banyak hadir di dalam kehidupan anak. Banyak melakukan kegiatan dan aktivitas bersama dengan anak. Dengan melakukan banyak kegiatan atau aktivitas bersama-sama, baik anak maupun orang tua akan menyimpan memori indah tersebut di dalam dirinya.

Semakin banyak memori indahnya, semakin bermakna kegiatannya, maka akan terjalin ikatan batin dan emosional yang luar biasa antara orang tua dan anak. Banyak yang bilang liburan sambil bawa anak kecil itu ribet banget. Banyak barang yang harus dibawa. Siap-siap vitamin biar stamina liburan dan ngejaga anak agar tetap prima. Melelahkan tapi yang jelas sangat menyenangkan. Itulah yang keluarga kami rasakan, meskipun ‘sedikit’ repot justru kegiatan berlibur bersama anak-anak itu bikin kangen dan bikin nagih. Saya dan suami bahkan pernah pertama kali mengajak liburan anak-anak keluar kota saat mereka masih berusia di bawah 6 bulan hihi.
Tanggal merah atau akhir pekan, tentu menjadi momen yang ditunggu banyak keluarga. Sejenak rehat dari aktivitas padat, atau sekedar mencari waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Siapa yang mau melewatkan? Apalagi, setelah tahu jika mengajak anak-anak untuk liburan bersama se mkeluarga ternyata bisa membuatnya lebih pintar dan bahagia. Menurut majalah parenting yang pernah saya baca dikatakan jika berlibur atau bepergian dengan anak ternyata bisa membantu perkembangan otaknya. Liburan keluarga juga bisa memperkaya pengalaman baru, melatih fisik, kognitif, sensorik hingga interaksi sosial anak. Kali ini saya ingin berbagi momen berlibur bersama anak-anak.

1. MENGUNJUNGI MUSEUM UANG
Kegiatan yang satu ini sangat murah dan terjangkau. Kebetulan ketika mudik ke rumah mertua saya mengajak anak-anak untuk jalan-jalan ke Museum Uang Purbalingga. Museum ini terletak di Jalan Raya Kutasari. Harga tiket masuk ke Museum Uang juga sangat murah. Di sini mereka bisa melihat berbagai berbagai jenis dan bentuk serta sejarah uang di Indonesia bahkan dunia. Di tempat ini berbagai mata uang mulai dari jaman kerajaan-kerajaan di Nusantara hingga mata uang jaman kini tersimpan dengan rapi. Tak hanya itu, koleksi mata uang negara-negara di dunia juga ada disini. Tercatat, ada sedikitnya mata uang 183 negara ada di Museum Uang Purbalingga. Dari kegiatan seperti ini, akan banyak sekali cerita yang bisa kita olah untuk diceritakan pada anak. Melalui kegiatan ini secara bertahap kami belajar mengenalkan uang kepada anak-anak.

2. MENCOBA PENGALAMAN NAIK KUDA
Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan favorit keluarga kami. Setiap berkunjung ke daerah yang menyediakan fasilitas berkuda kami tidak pernah bosan mencoba. Di Purbalingga kami mencoba naik kuda ketika berkunjung ke Sanggaluri Park pun juga ketika berkunjung ke Trenggalek.
Anak-anak bersama papanya akan dibawa berkeliling taman atau keliling jalan di sekitar hutan kota dengan menggunakan kuda. Untuk anak-anak yang masih balita dan belum berani sendiri maka kita bisa mendampingi dengan naik satu kuda bersama anak-anak. Sekali sewa kuda bisa bervariasi, berkisar Rp 20.000 hingga Rp 35.000 / satu kali keliling.

3. BERKUNJUNG KE KAMPUNG SUSU DYNASTI
Kegiatan ini kami lakukan untuk mengenalkan dunia peternakan kepada anak-anak. Agar lebih mudah dan menyenangkan maka kami melibatkan anak-anak dalam proses berternak dengan diselingi beragam aktifitas yang menarik bagi mereka. Dengan cara ini diharapkan anak-anak akan lebih mudah untuk menyerap informasi dan ilmu.

Ketika berkunjung ke Kampung Susu Dynasti anak-anak diajak untuk lebih dekat dan mengenal sapi perah. Anak-anak akan diajak untuk melihat bagaimana cara memerah sapi, memberi makan sapi, memberi susu pedet (anak sapi), bagaimana mengolah susu segar menjadi susu siap minum serta memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas. Selain sapi, kampung susu dynasti juga memelihara kuda, ayam, kelinci bahkan monyet. Selain melayani kunjungan dengan paket edukasi dan entrepreneurship terdapat pula paket outbound edufarm.

 

Baca Juga : 3 Theme Park Yang Wajib Dikunjungi di Kota Batu

 

4. BERKUNJUNG PERKEBUNAN KOPI VAN DILEM
Perkebunan Dilem Wilis adalah sebuah bekas perkebunan dan pengolahan kopi di jaman Belanda. Pabrik kopi ini terletak di kawasan lereng gunung Wilis tepatnya di desa Dompyong, Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menurut warga setempat pabrik kopi ini sudah ada sejak tahun 1929, yakni pada masa penjajahan Belanda jauh sebelum Indonesia merdeka. Sisa-sisa dari perkebunan ini adalah bangunan pabrik pengolahan kopi peninggalan Belanda. Selain itu ada pula pohon-pohon kopi tua yang beberapa masih berproduksi. Hasil kopi inilah yang diolah menjadi Kopi van Dilem yang terkenal itu. Pemilik pabrik kopi ini merupakan warga asli Belanda yang bernama Meneer Van Dilem. Di sekitar perkebunan kopi tersebut terdapat budidaya sapi perah dan potensi wisata alami berupa grojokan. Anak-anak sangat terkesan karena dari alam mereka menemukan banyak hal untuk dipelajari. Bahkan mereka bisa menyentuh kadal atau kumbang yang biasanya hanya bisa dilihat di buku secara langsung.

5. BERKUNJUNG KE PURBASARI, AKUARIUM IKAN RAKSASA
Purbasari Aquarium yang terletak di kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, adalah salah satu objek wisata edukasi unggulan. Riverworld yang ada di Akuarium Raksasa Purbalingga ini memiliki koleksi ikan arapaima gigas terbesar yang berasal dari Sungai Amazon Brasil. Di sini anak-anak selain mengenal berbagai macam jenis ikan tetapi juga bisa bermain bersama hewan lain seperti burung kakak tua bahkan memberi makan rusa. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar langsung cara bertanam pohon buah naga. Wahana yang ditawarkan sangat lengkap mulai dari taman burung sebagai sarana pendidikan anak, dijamin anak-anak bakalan betah bermain di sini.
Planet Aquarium Toyoshuka dengan ukuran akuarium yang lebih besar dan koleksi ikannya cukup banyak. Wahana wisata air Telaga Fulus untuk main kano, perahu, sepeda air atau bebek-bebekan.
Terdapat pula taman bermain anak yang dilengkapi dengan jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, serta sewa sepeda.
taman tempat konservasi rusa di Purbalingga. Diorama satwa, belajar mengenal fauna lewat hewan yang sudah diawetkan. Yuk Mak, rencanakan waktu untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Kita akan mendapatkan kebahagiaan yang tak tergantikan dan tak terlupakan, Jangan ragu ya Mak untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *