Bermain Peran : Dokter untuk Bobi yang Lagi Sariawan

Bermain peran sebagai dokter hewan yang mengobati pasiennya si bobby, buaya merah kesayangannya. Dari pagi Faris sibuk mengobati Bobi karena rupanya, buaya merahnya sedang sariawan. Dengan sigap faris membersihkan sariawan Bobi dengan kasa, kemudian memberikan obat oles agar sariawannya lekas sembuh. Itu cuplikan cerita lucu pagi ini. Dengan tergopoh gopoh pak Faris yang notabene dokter hewan itu segera bergegas menuju rumah sakit tempat ia berpraktek dan kembali menjenguk Bobi di sore hari, pulang bertugas. Geli rasanya mendengar skenario cerita yang dirancang oleh Faris.
Anak sulung saya ini hobi sekali bermain role play sejak usianya masih 2 tahun. Belakangan baru saya sadari ternyata meskipun hanya dengan bermain peran dia justru sedang belajar. Yuk, kenali jenis permainan yang satu ini dan apa saja manfaat di baliknya.

Kalau anak cewek mungkin sukanya main papa-mama dan rumah-rumahan. Anak-anak saya di rumah suka bermain peran mulai dari buka restoran prata sampai punya bengkel mobil. Dan bener banget… sambil main, mereka ngoceh sendiri!” 

Beberapa orang tua khawatir dan menganggap nggak normal anak yang suka berbicara sendiri saat bermain. Padahal, dengan bermain peran, baik itu sendirian maupun bersama anak-anak lain, ananda sebenarnya tengah melatih daya imajinasi serta daya ingatnya akan hal-hal yang pernah ia lihat, dengar dan rasakan sebelumnya. Faris senang menjadi chef dan buka restoran karena mereka kerap melihat saya memasak di dapur. Mereka juga suka bermain menservice mobil karena papanya pecinta diecast.

Role play atau pretend play ini bisa juga disesuaikan dengan kondisi saat anak-anak bermain. Misalnya, saat musim hujan seperti sekarang, saya biasanya ikut menanyakan ke Faris. ”Mas, udah musim hujan lagi nih. Ban mobil balapnya masih aman, atau udah perlu diganti? Toko bannya ada di sebelah mana?”. Setelah itu, Faris berbagi peran dengan Irbad (yang disebut asistennya).

Nggak cuma bagus untuk mengasah daya imajinasi dan kreativitas, berdasarkan pengamatan saya sejak pertama kalinya Faris mulai bermain peran (kira-kira saat usianya 2 tahun), role play ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi si anak karena tanpa disadari, mereka sebenarnya sedang belajar sambil bermain.

Beberapa manfaat lain dari bermain peran yang saya lihat selama ini adalah:

Mengembangkan kemampuan berbahasa.  Dengan “mengoceh” selama bermain, kosa kata anak makin banyak. Pelafalan kata pun jadi makin sempurna.

Menumbuhkan daya nalar. Bermain peran bikin anak berpikir adegan demi adegan yang akan ia lakoni, kata demi kata yang ia ucapkan. Dengan bertambahnya usia—dan rangsangan (salah satunya, orang tua sering ajak anak mengobrol & berdiskusi), anak juga akan belajar: apakah suatu adegan/kejadian/sebab-akibat masuk akal atau tidak.

Melatih kecakapan sosial. Bermain peran, terutama saat dilakukan bersama teman-teman, melatih anak untuk berbagi, berempati, bersikap sabar, antre / saling bergantian, dan mendengar maupun mengemukakan pendapat.

Meningkatkan rasa percaya diri. Apabila kita mengakui dan mendukung secara positif saat anak memutuskan sesuatu, menjadi seseorang ketika role play, harga diri dan rasa percaya diri anak pun akan terbentuk.



.

️Hari ini cuaca agak mendung berangin kemudian dilanjutkan dengan hujan. Ketika petir datang dan alarm mobil tetangga berbunyi memicu banyak pertanyaan dari Faris. Mulai dari kenapa kok kalau ada petir alarm mobil orang jadi bunyi ma?

A : PETIR merupakan loncatan muatan listrik dari awan menuju bumi ataupun awan lain. Petir memiliki suhu yang sangat tinggi sehingga udara disekitarnya menjadi naik secara tiba-tiba dan menghasilkan bunyi guntur yang sangat kuat. Guntur tersebut memiliki energi yang cukup kuat dan dapat menggetarkan benda-benda.
Ketika petir tersebut menyambar dekat dengan sebuah mobil gelombang bunyi berupa guntur tersebut dapat menggetarkan beberapa bagian mobil misalnya kaca mobil. Getaran pada bagian-bagian mobil akan menyebabkan alarm mobil akan berbunyi.

Kenapa kalau mobil faris nggak? Karena mobil faris diparkir di dalam rumah, getaran dari bunyi petir itu nggak sampai menyambar mobil faris beda dengan mobil orang yang di parkir di luar. Eh belum puas dengan jawaban emaknya faris masih saja mengejar pertanyaan kepada saya. Itu mobil mamih (tetangga sebelah rumah) meskipun diparkir di luar tidak berbunyi alarmnya. Saya jawab karena gelombang bunyinya dari petir tadi sudah diatur sama Allah jadi tidak semua bisa menggetarkan mobil bagian mobil.

Karena cuaca kurang bersahabat jika kita melakukan kegiatan outdoor maka kami memutuskan untuk membaca buku tentang siklus air dan lanjut berlatih prewriting skill dengan melanjutkan garis putus-putus pada worksheet (tracing). Buku yang kami baca ini terbitan Tiga Ananda, insyaAllah next kami review yah. Love 💕

Science with Kids : Pelangi Susu

Kegiatan #sciencewithkids selanjutnya masih dengan beberapa bahan dan alat yang sama dengan tema “Susu Pelangi”

Alat dan bahan:
● Semangkuk susu putih
● Pewarna makanan
● Cotton bud
● Sabun mandi

Cara Bermain:
● Faris meneteskan pewarna makanan ke dalam susu menggunakan 3 warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. 
● Faris mengoleskan sabun mandi pada ujung cotton bud. Kemudian mencelupkan cotton bud ke dalam susu, apa yang terjadi?? Warna2 dalam susu memendar. 
● Masih penasaran, Faris menuangkan lagi sedikit sabun mandi ke dalam mangkuk susu, terlihat pendaran dan liukan2 warna. Saking hebohnya Faris mengimajinasikan kalau liukan warna-warna tadi seperti ular, ular atau naga yah. Muncullah pertanyaan kenapa ya bisa meliuk-liuk susu yang sudah ditetes sabun tadi? 

Susu memiliki kandungan lemak dan protein, nah ketika diberi sabun, sabun akan mecah lemak dan protein susu tersebut.

Sampai jumpa di percobaan selanjutnya 

Daun, si Dapur Makanan

Belajar apa hari ini? Melanjutkan pengamatan dari sisa-sisa rihlah alam kemarin. Saat jalan-jalan pagi kemarin Faris berinisiatif untuk mengumpulkan daun-daun kering yang sudah berguguran di jalanan. Katanya ingin dijadikan objek pengamatan besok, mau disamakan dengan gambar yang ada di buku.

tracing huruf D untuk DAUN

Baiklah ini beberapa daun kering yang coba Faris kumpulkan dan kita pelajari hari ini. 
Dengan semangat 45 membuka buku Ensiklopedia Anak Muslim 5 : Tumbuhan kami mulai menjelajahi kehebatan Allah.

Daun disebut juga dapur bagi tumbuhan, mengapa? Sebab disinilah tumbuhan memasak makanannya. Daun selalu membagikan makanan yang sudah diolah ke seluruh bagian tumbuhan. Pada daun ada bagian yang disebut kloroplas. Di bagian tersebut, para koki penghuni daun mencampurkan sinar matahari, mineral, air dan karbondioksida untuk dijadikan makanan. 

Kemarin Faris bertanya kenapa daun ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna merah/kuning? Kok daunnya pada jatuh ke tanah ma? 

Daun berwarna hijau karena daun menyerap cahaya matahari, saat menyerap cahaya matahari tidak semua spektrum warna cahaya matahari diserap oleh klorofil. Sebagian besar spektrum hijau dipantulkan kembali oleh klorofil. Karena itu warna hijau muncul menyelimuti warna daun.

Apa sih klorofil itu ma? 
Klorofil adalah zat warna pada daun yang mampu menyerap cahaya matahari.

Apa sih spektrum itu? 
Spektrum itu bagian-bagian kecil penyusun cahaya.

Daun juga memiliki zat merah yang dinamakan kariten dan zat kuning yang disebut xantofil. Saat musim hujan/dingin, zat hijau daun atau klorofil berkurang dan digantikan oleh karoten/xantofil.

Kenapa sih kok daunnya berguguran? 
Saat musim hujan/dingin, akar kesulitan menemukan sumber air. Untuk mengurangi kebutuhan air pada tumbuhan, daun-daun yang sudah tua dengan ikhlas menggugirkan diri. Daun itu tidak perlu bersedih karena Allah SWT mengetahui pengirbanan setiap daun yang menggugurkan diri itu.

Allah berfirman (QS. AL An’am 59)
“Dan pada sisi-sisi Allahlah kunci-kunci semua yang ghaib ; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri,  dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuiNya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).

Maha Besar Allah ya, nak. Bahkan sehelai daun jatuh pun Allah senantiasa mengetahuinya. Allahu Akbar

Belajar Menuang hingga Menggunting

💐Belajar Menuang Air dari Botol satu ke Botol yang lain

Latihan menuang air dilakukan dengan beberapa variasi latihan. Tujuannya adalah melatih kemampuan berkonsentrasi, melatih kemandirian, melatih kemampuan motorik halus dan kasar, dan juga koordinasi tangan dan mata.

Lalu mengapa harus pakai barang yang bisa pecah? Bukankah akan lebih aman seandainya itu memakai peralatan yang terbuat dari melamin ataupun plastik.

Alasan utamanya adalah anak-anak harus diperkenalkan pada hal-hal yang akan mereka temui sehari hari.

Dan barang-barang seperti gelas, piring, mangkok, vas bunga dan lain lain yang bisa pecah akan ditemui oleh anak-anak dalam kehidupan mereka sehari-hari. Mereka perlu tahu bagaimana memperlakukan barang pecah belah tersebut dengan benar dan bertanggung jawab. 
Kita memang tidak bisa berharap bahwa anak-anak akan mengerti dengan sendirinya, itu tanggung jawab orang dewasa agar mereka tahu bagaimana memperlakukan segala macam benda di sekitar mereka dengan benar.

Saya baru menyadari bahwa begitu banyak yang dipelajari anak dengan materi “pouring water” nya. Saya menyimpulkan bahwa, agar barang bawaannya tidak jatuh, anak harus berkonsentrasi untuk menjaga keseimbangannya dengan baik. Dan itu berarti latihan konsentrasi sekaligus latihan buat motorik halus dan kasarnya.

Pada saat yang sama, kemandirian anak pun sedang dilatih, dia membawa baki itu sendiri, tanpa bantuan dari orang dewasa disekitarnya. Dan ketika dia dengan sangat hati hati membawa perlatan tersebut , dia secara tidak langsung telah belajar bertanggung jawab atas apa yang sedang dilakukannya.

Saya menyadari bahwa kepercayaan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak-anak akan membangun rasa percaya diri mereka , karena saat itu mereka bisa mengatakan, “Lihat, aku bisa melakukannya sendiri”.

“Free the child’s potential, and you will transform him into the world”.

-Maria Montessori-

💐 Belajar Matching Gambar

Kegiatan melatih otak ini disebut dengan Matching Game, di mana anak harus mengingat pola yang ada di kartu kemudian mencocokkannya dengan pola yang ada di board hingga gambar tersebut bertemu dengan pasangannya.

Ternyata dari sebuah permainan sederhana kita bisa melatih memori pada otak anak, untuk memperkuat daya ingat terhadap segala hal. Kita dapat melakukan permainan ini dengan mudah saat sedang berkumpul dengan keluarga atau teman. Selain memperoleh kesenangan, juga mendapat manfaat dalam meningkatkan daya kerja otak. Permainan ini mendorong anak untuk menghafal bentuk gambar yang di buka dan mencari pasangannya yang terletak dengan acak. Secara tidak langsung, permainan ini akan menstimulus indera penglihatan atau mata yang melihat gambar, menyimpan penglihatannya dalam pikiran secara berulang-ulang sehingga memaksa memori pada otak untuk mengingat letak dari pasangan gambar yang dicari

💐 Keterampilan Menggunting

tahapan-tahapan pelatihan menggunting untuk anak-anak, diantaranya:

1. Ripping atau Merobek, pada tahap ini,kita bisa memberikan kertas agak tebal dengan potongan memanjang (persegi panjang) untuk dirobek oleh si Kecil menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Pada tahap ini, anak akan belajar pemahaman merobek/memotong kertas yang nantinya merupakan fungsi dari gunting. Anak juga dilatih untuk menggerakkan kedua tanganya ke arah yang berlawanan untuk membuat kertas robek, selain melatih koordinasi tangan dan jari-jarinya sebelum menggunakan gunting.

2. Snipping, hampir mirip dengan Ripping hanya saja anak diharuskan menggunakan gunting untuk memotong kertas potongan memanjang (persegi panjang) menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sesuai dengan garisnya.

3. Fringe adalah potongan yang berulang tanpa memotong kertas menjadi dua. Gunakan penggaris untuk menggambar garis jarak yang merata dari bagian bawah sehelai kertas konstruksi hijau seukuran dua inci. Lalu, tempatkan stiker di bagian atas setiap baris. Mintalah anak merangkai kertas dengan memotong garis dan berhenti di stiker.

                                              (Faris sedang belajar pada tahap ke-3)

4. Begitu anak menguasai tiga yang pertama, mereka mulai mengerjakan pemotongan garis lurus dari titik A ke titik B. Ini mengharuskan anak membuka dan menutup gunting beberapa kali per potong, yang jauh lebih sulit daripada potongan atau pinggiran. Jangan kaget kalau mereka mengeluh kelelahan pada tangan mereka. Kelelahan menunjukkan bahwa mereka masih membutuhkan lebih banyak latihan dengan gunting untuk mengembangkan keterampilan motorik halus.

5. Berikutnya adalah Garis Zig-zag. Garis Zig-zag lebih sulit dipotong karena mereka meminta si Kecil untuk membalik kertas atau tangan mereka saat dipotong. Keterampilan memotong Zig-zag jauh lebih sulit daripada memotong garis lurus dan dapat menyebabkan kelelahan tangan dengan cepat. Pastikan anak-anak benar-benar siap sebelum memperkenalkan Garis Zig-zag.

6. Yang lebih sulit daripada Garis Zig-zag adalah garis melengkung yang ditemukan pada bentuk-bentuk tanpa sudut seperti lingkaran atau oval. Amati mereka merobek, memotong, memotong garis lurus dan zig zag. Jika anak bisa melakukan hal-hal itu, maka mereka mungkin siap untuk melanjutkan tahap ini.
Memotong kotak dan persegi panjang juga bisa menantang bagi anak-anak. Ajarkan kepada anak untuk memutar kertas dan melatih naluriah mereka untuk mengubah posisi tangan si Kecil. Namun hal ini akan menjadi sangat menyenangkan jika mereka telah memahami kegunaan gunting sepenuhnya. Orang tua tetap disarankan untuk selalu mendampingi anak-anak saat belajar agar dapat menggunakan gunting dengan benar. Happy cutting! ^ ^

Serba Serbi Arisan Tulisan by Rumbel Menulis IIP Batam

dari WAG Rumbel Menulis IIP Batam

*Tujuan Arisan tulisan :*
Melatih untuk membiasakan menulis + memperbanyak literasi + bisa saling blogwalking ke se-sama peserta

*Sistemnya :*
1. Harus punya blog, kenapa harus karena di blog kita bisa masukkan url blog teman kita yg akan naik arisannya, klo di media lain gak bisa. 
2. Arisannya akan digiling dengan memakai gilingan ajaib setiap 2 minggu sekali.
3. Yang naik arisannya : bisa menentukan tema tulisan dan dan url blognya ada ditiap tulisan peserta.
4. Tema tulisan : ditentukan oleh peserta yg naik arisannya.
5. Peserta wajib memberikan komentar di blog peserta.
6. Bagi peserta yang tidak menulis sampai batas pengumpulan tulisan, didenda dengan menulis 2 tema selanjutnya.
7. Pengumpulan tulisan setiap hari Minggu/ahad jam 23.00 wib.
8. Arisan ini kita mulai tanggal 30 Oktober 2018.

Salam,

Lubnah Lukman

Belajar Huruf M untuk Mobil (25/10/17)

Masih dengan tema yang sama, yah hari ini kami belajar tentang huruf “M”  atau yang biasa faris baca emmmm.

Saat pertama kali mengajar pengenalan huruf, saya membaca banyak sumber baik dari sosial media maupun dari grup belajar akhirnya tetap memilih memakai metode montessori yakni pengenalan hurif dari bunyinya. Jadi kalau A dibacanya ah..ah..ah..Jadi teringat hasil diskusi di grup belajar rumah lebah daycare bahwa jangan sampai salah mengajarkan anak huruf B dibaca B.. , S dibaca S..tetapi mulailah belajar dari bunyinya. Karena ternyata justru membuat anak bingung nantinya saat mereka belajar merangkai huruf menjadi satu kata. Jadi kalau A dibacanya ah.. ah.. ah. Kalau dinyanyikan kurang lebih seperti ini ah.. ah.. ah.. for apple, beh..beh..beh..for bee, ceh.. ceh.. ceh.. for candy, dan seterusnya (dan saya baru menyadari ternyata belajar hurif itu rumit, terimakasi guru TKku yang sudah sabar mengajar). Menurut pengalaman dengan belajar lewat pengenalan bunyi akan lebih cepat ditangkap daripada dikenalkan huruf A, B, C. Yang jelas semenjak saya menerapkan metode ini, tanpa saya suruh pun Faris penasaran sendiri terhadap kata-kata yang diucapkan dari mulutnya itu pakai huruf apa ya. Dari buku Peggy Kaye (Games for Learning) bisa juga diajarkan huruf-huruf lewat permainan. Kalau anak sudah cukup mengenal huruf-huruf, dicoba dengan vara kita tuliskan huruf-huruf tersebut besar-besar di kertas (satu kertas satu huruf) kemudian kita minta anak untuk menaruh huruf tersebut di benda yang ada di rumah kita. Kegiatan ini menyenangkan sekali sehingga anak tidak terasa sedang belajar huruf (cocok untuk gaya belajar anak viual kinestetik seperti Faris).  Ada satu cara lagi dari buku Montessori mengenai read and write, huruf-huruf juga dapat dipelajari dengan cara:

1. Menggunakan Sand Paper Letter. Kertasnya agak kasar, atau bisa juga digunakan kertas amplas yang agak halus kemudian dibentuk huruf-huruf. Setelah itu anak diminta untuk mengikuti huruf tersebut dengan jarinya.

2. Setelah beberapa kali, barulah anak diminta menuliskan huruf di kertas yang besar.

3. Atau dengan Finger Painting menggunakan cat air. Jadi huruf-huruf ditulis menggunakan jari di kertas.

Cara ini tidak terbatas untuk mulai huruf vokal atau konsonan terlebih dahulu. 

Bila menggunakan metode Kinderland (Inggris), harus hafal Alphabet Terlebih dahulu baru kemudian kata per 3-huruf seperti: bad, cat, dog.
Cara membacanya memakai metode phonic. Ini berbeda sekali dengan cara mengeja bahasa Indonesia.

– Cara mengeja bahasa Indonesia: be-a=ba, be-u=bu, semua dieja dari depan.
– Cara mengeja bahasa Inggris: apple apple, aeh aeh aeh c-a-t dibaca keh-e-the, diejanya dari belakang eh-teh at, lanjutkan dengan keh-at jadi cat. 

Jika kita mengajar mambaca maka kita harus mengajarkan Balita membaca perkata, bukan per huruf atau per ejaan, seperti ba, bi, bu. Contohnya 1 kata dibuat di kertas karton dengan ukuran sedang, lalu kata ditulis cetak huruf kecil warna hitam, dan setiap hari karton itu ditunjukkan ke anak. Setiap satu hari dibacakan sekitar 5 kata minimal 3x sehari, pagi, siang sore. Ada anak yang cocok adapula yang tidak cocok dengan cara belajar ini. Kebanyakan anak-anak jaman milenial lebih cocok belajar sambil nonton youtube lagu anak-anak. Video ini ditonton sambil bernyanyi, a,b,c,d,e sampai z. Huruf-huruf di video tersebut ditunjuk. Kemudian setelah beberapa lama, huruf-huruf tersebut ditanyakan pada si anak. Setelah si anak hafal alphabet, baru kemudian diajarkan ba, bi, bu… dll. Setelah bisa ba, bi, bu, dll. kata-kata tadi digabung menjadi kalimat yang mudah misal bobo, baso, bola, mami, mama, dan lain-lain. 

Alphabet kebanyakan mulai diperkenalkan sejak usia sekitar 2 tahun tahun dengan memakai board book yang besar dan gambarnya menyolok. Dari metode belajar disekolah, anak-anak banyak mengalami kemajuan yang pesat. Metode mengajar membacanya memakai metode mengeja Be-a=Ba, be-i=Bi, dan seterusnya.

Bisa dicoba dengan flash card yang terdapat gambar dibalik kartunya. Dengan menggunakan flash card, diajarkan langsung kata per kata. Bisa juga diteruskan dengan melengkapi kata seperti:

GAMBAR MEJA — ME __, kemudian si anak meneruskan dengan huruf yang hilang. Sebagai tambahan, walaupun menggunakan model kata per kata, huruf ABC. Juga harus diperkenalkan. Ada pengalaman dari anak teman saya, huruf ABCD dipasang di dinding. Setiap kali masuk kamar, huruf-huruf tersebut dinyanyikan. Kemudian si anak mencocokkan gambar (misalnya dari kartun) dengan kata-katanya sampai akhirnya bisa membaca. 

Alphabet diperkenalkan melalui bermain. Bisa juga menggunakan Alphabet bermagnit untuk ditempel di depan kulkas, atau dengan buku bacaan dan koran. Untuk waktunya bisa satu hari 1-2 huruf kemudian diulang kembali. 

Kebanyakan teman-teman Faris belajar Alphabet diperkenalkan sejak anak usia kurang lebih 1 tahun dengan cara menempelkan poster alphabet di sekeliling dinding di ruang keluarga. Kemudian huruf-huruf tersebut diulang-ulang setiap kali ada di ruangan itu. Pada usia 2 tahun anak sudah hafal A-Z dengan cara tersebut. Kunci dari pengenalan alphabet adalah dengan pengulangan dan kebiasaan. Kemudian dibiasakan membaca (setiap ada waktu luang). 

Akan tetapi beda ceritanya dengan anak sulung saya yang tidak suka belajar dengan duduk atau dengan didiktekan. Faris di usianya yang ketiga ini selalu lebih tertarik dengan invitation to play dari saya setiap harinya. Bahkan di saat teman-temannya sudah bisa menulis angka dan huruf dia lebih asyik mereka apa bunyi huruf yang terdengar dari sebuah kata. 

Ingin Belajar Ngeblog? Yuk Gabung ke Rumbel Menulis IIP Batam

Alhamdulillah bi ni’matimushaalihat, hari ini saya bersama dengan teman-teman baru di IIP Batam berkesempatan berkumpul dan belajar kembali dalam Rumah Belajar Menulis. Sebenarnya jika ingin belajar kita tidak harus pergi jauh-jauh, terlebih bagi seorang ibu rumah tangga biasa yang memiliki tanggung jawab di ranah domestik. Ujung-ujungnya malah kegiatan belajar tidak kunjung terealisasikan karena kerjaan domestik yang belum selesai, tidak ada yang bisa dititipin anak-anak atau segudang alasan lainnya (nah loh jadi curhat). Namun berbekal semangat dan tekad ingin belajar menulis lebih baik lagi, segala hambatan kami anggap sebagai jalan dalam meraih pahala ikhtiar menuntut ilmu. Kenapa sih kita harus belajar menulis? Karena kita wajib mengikat ilmu dengan menulis. Tidak ada kata terlambat dalam proses belajar, karena sejatinya belajar itu sepanjang hayat sampai ke liang lahat.

Apa sih IIP? IIP adalah Institut Ibu Profesional, sebuah komunitas yang diprakarsai oleh seorang ibu luar biasa asal Salatiga, Septi Peni Wulandani diperuntukkan bagi para ibu dan calon ibu untuk sama-sama belajar dengan meningkatkan kualitas diri serta profesional sesuai kemampuannya masing-masing. Harapannya agar dapat menjadi ibu luar biasa dalam membentuk peradaban. 

Disini saya membawa kabar gembira untuk para ibu pembelajar khususnya yang berdomisili di Batam dan sekitarnya. IIP Batam hadir dengan berbagai pilihan Rumah Belajar (RB) yang bisa diikuti oleh para ibu sekalian sesuai dengan passion-nya masing-masing. Senang kan mempelajari sesuatu yang menjadi minat dan bakatnya dalam satu komunitas yang dijamin memberi energi yang positif bagi anggotanya. 

Rumah Belajar Menulis adalah salah satu dari banyak rumah belajar yang ditawarkan oleh IIP Batam. Rumah Belajar Menulis merupakan kegiatan online-offline melalui arisan tulisan yang bercita-cita bisa berlanjut hingga menerbitkan buku (aamiin ya Rabb) dan Kulwap kece seputar dunia tulis menulis via grup WA.

Hari ini merupakan pertemuan kedua kami, anggota rumbel menulis dengan agenda belajar ngeblog karena ngeblog itu mudah. Bertempat di rumah koordinator rumbel menulis cikgu Lubnah Lukman . Kegiatan semula diagendakan dimulai pukul 10.00 dan seperti biasa molor dengan berbagai alasan yang harap dimaklumkan. Beberapa anggota rumbel menulis ini ada yang belum memiliki blog atau website sendiri sehingga cikgu mencoba memberikan panduan step-step sedetil mungkin dalam membuat blog atau website personal dari titik nol. Jadi buat ibu-ibu yang belum pernah sama sekali belajar menulis di blog tidak perlu ragu untuk memulai, insyaallah akan dibimbing sampai bisa.

Bagaimana teman-teman adakah yang berminat? 
Untuk dapat bergabung di Rumah Belajar Menulis, ibu-ibu harus mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota IIP Batam. 

Apa sih syaratnya? 
Syaratnya cukup berdomisili di daerah Batam. Sementara ini grup WhatsApp ibu-ibu yang tertarik untuk bergabung di IIP bisa join di grup Foundation IIP Batam. Syaratnya mengisi form yang terlampir difanpage  di  Institut Ibu Profesional Batam atau hubungi mbak Erli Oktania (ketua IIP Batam). Selamat datang di rumah kedua 🙂

Facebook : Institut Ibu Profesional & Institut Ibu Profesional Batam

Instagram : @iipbatam

Web : www.ibuprofesional.com

https://moniquefirsty21.blogspot.co.id/2017/10/serba-serbi-arisan-tulisan-by-rumbel.html?m=1

Banyak Cerita di Hari Minggu

Belajar apa hari ini? Minggu keempat di pekan terakhir bulan Oktober alhamdulillah kami berkesempatan olahraga santai bersama di taman golf Sukajadi. 

Berangkat pukul 07.00 kurang dari rumah saya sementara meninggalkan pekerjaan domestik yang sudah kepending dari kemarin 
Saat perjalanan menuju taman, Faris excited sekali karena bertemu dengan traktor dan bisa melihatnya dari dekat. 

Di sela-sela jogging saya dan Faris melakukan pengamatan dan foto sana sini. Kami membahas jenis-jenis rumput yang ada di taman ini. Pada dasarnya semua rumput yang hidup itu merupakan rumput liar mungkin karena bentuk teksturnya yang indah dan enak dipandang maka sebagian orang memanfaatkan rumput tersebut sehingga namanya bisa terkenal hingga saat ini.
Terdapat banyak sekali jenis rumput liar, ada yang bentuknya pendek-pendek tidak mempunyai batang pohon tegak ada seperti rumput jepang dan ada juga rumput yang mempunyai batang pohon tinggi contoh seperti rumput gajah yang bisa tumbuh tinggi seperti tebu.
Selain itu ada juga macam-macam rumput yang mempunyai batang dan daun namun bentuknya kecil, rumput jenis ini biasanya dikategorikan sebagai hama pengganggu pada tumbuhan yang ditanam oleh para petani, karena memang rumput jenis ini banyak terdapat di sela-sela tanaman seperti padi, kedelai, dan pada tanaman sawah lainnya.

Rumput yang kami ditemukan di taman golf sukajadi diantaranya :

1. Rumput ilalang/alang-alang
Rumput ilalang nama lain dari alang-alang. Rumput jenis ini banyak kita jumpai di pinggiran jalan, hutan maupun persawahan yang tanahnya sudah mengering, dilihat dari perkembangannya rumput ilalang ini memang sangat cepat dalam memperbanyak keturunan bibitnya hal itu ada beberapa faktor.
Antara lain dari cara hidupnya pada umumnya rumput ilalang tumbuh bergerombolan di tempat-tempat tertentu hal itu memudahkan mereka dalam menyebarkan benih bijinya ditambah juga model bunganya yang mirip dengan kapas sehingga jika terkena angin sangat mudah untuk berterbangan.

2.Rumput Teki
Rumput teki merupakan tanaman tahunan, ia bisa tumbuh sampai dengan tinggi 140 cm tumbuh dengan daun biasanya berjajaran samping kanan kiri menjadi 3 bagian, batang bagian bawah berwarna putih, di bawah batang di sela-sela akar ia mempunyai umbi yang bisa diambil banyak manfaatnya. Menurut beberapa penelitian diantaranya bisa untuk pembuatan bioetanol dan obat kuat untuk ayam petarung. 

3.Rumput Grinting
Rumput grinting mempunyai kelebihan tersendiri di antara jenis-jenis rumput lain kelebihannya adalah kekuatan bertahan hidupnya yang tidak diragukan lagi ia mampu bertahan hidup pada musim kemarau yang berkepanjangan akan tetapi rumput jenis ini juga tidak diminati oleh para hewan ternak.
Pada awalnya rumput grinting ini merupakan tumbuhan pantai yang saat ini perkembangannya menyebar ke penjuru tempat sampai dengan persawahan. Di sawah rumput ini menjadi gulma yang sangat mengganggu pertumbuhan tanaman utama yang ditanam oleh para petani. 

Selain mengamati jenis-jenis rumput, kami juga melakukan pengamatan berbagai macam bentuk daun dan fakta tentang tanaman putri malu. 
Meski sudah sering bereksplorasi dengan tanaman yang satu ini tetapi Faris tidak pernah bosan. Pertanyaan berulang mengenai kenapa putri malu mengatup ketika disentuh? 
Putri malu atau yang bernama latin Mimosa pudica ini memiliki keunikan yaitu daunnya langsung mengatup begitu disentuh.
Tapi nggak cuma karena sentuhan aja loh putri malu bereaksi seperti ini tetapi juga karena rangsangan lain seperti goyangan, tiupan, maupun ketika ada rangsangan berupa panas. Gerakan menutup daun putri malu ini disebut seismonasti.
Gerakan menutup daun ini terjadi ketika bagian tertentu dari sel kehilangan tekanan tugor, yaitu tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya.
Jadi ketika tanaman diberikan rangsangan, bagian tertentu pada batang terstimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia termasuk ion potasium yang memaksa air keluar dari vakuola dan air berdifusi keluar sel yang menyebabkan hilangnya tekanan dalam sel, sehingga sel menjadi kempis.
Perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu dalam sel mengakibatkan mengatupnya lembaran daun. Rangsangan ini juga bisa diteruskan ke daun-daun lain yang berdekatan.
Para ilmuwan menduga bahwa kemampuan tanaman untuk menyusutkan bagian-bagiannya merupakan sebuah mekanisme pertahanan dari pemangsa.

Hewan pemakan tumbuhan sebagai pemangsa barangkali takut pada tanaman yang dapat bergerak cepat merespon rangsang dan akan lebih memilih tanaman yang diam saja ketika diberikan rangsang.
Pada tumbuhan putri malu coba kamu perhatikan deh warna daun bagian bawahnya pasti berwarna lebih pucat. Ketika daun menutup, bagian bawah yang pucat inilah yang terlihat di luar sehingga hewan yang tadinya ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan kehilangan selera untuk memakannya.
Banyak yang bisa kami pelajari dari alam. Betapa Allah menciptakan berbagai macam jenis makhluk hidup dengan membawa manfaatnya masing-masing. Bagaimana kita tidak makin cinta kepada Allah sedangkan dengan melihat ciptaanNya saja kami sangat terharu biru. Setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan ke pasar basah untuk belanja ikan dan sayur. Dalam perjalanan kami bertemu dengan mobil alat berat sakai TS7409. Kami di dalam mobil terheran-heran melihat pneumatic tired roller ini karena baru pertama kali melihat roller jenis pneumatic. 

Apa itu pneumatic tired roller? 
Ini adalah salah satu jenis alat berat roller yang memiliki roda penggilas dari ban karet. 
Roda-roda penggilas jenis ini terdiri atas roda-roda ban karet yang dipompa (pneumatic). Susunan dari roda muka dan roda belakang selang-seling sehingga bagian yang tidak tergilas oleh roda bagian depan akan digilas oleh roda bagian belakang. Roda-roda ini menghasilkan “kneading action” (tekanan) terhadap tanah sehingga membantu konsolidasi tanah. Tekanan yang diberikan oleh roda terhadap permukaan tanah dapat diatur dengan cara mengubah tekanan ban. Makin besar tekanan ban, makin besar pula tekanan yang terjadi pada tanah. Sumbu dari roda dapat “bergoyang” mengikuti perubahan permukaan tanah, hal ini dapat memperbesar “kneading action” tadi.
Pneumatic tired roller sangat cocok digunakan pada pekerjaan penggilasan bahan
granular, juga baik digunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai “penggilas antara”. Sebaiknya tidak digunakan untuk menggilas lapisan yang berbatu dan tajam karena akan mempercepat kerusakan pada roda-rodanya. Bobotnya dapat ditingkatkan dengan mengisi zat cair atau pasir pada dinding-dinding mesin. Jumlah roda biasanya 9 sampai 19 buah, dengan konfigurasi 9 buah (4 roda depan dan 5 roda belakang), 11 buah (5 roda depan dan 6 roda belakang), 13 buah (6 roda depan dan 7 roda belakang), 15 buah (7 roda depan dan 8 roda belakang).
Penasaran hari ini kita ngapain lagi? Stay tune tunggu lanjutan cerita perjalanan kami hari ini.. Love 

Tanah Wakaf kok bisa jadi Bagian Konstruksi Jalan Tol? 

Diskusi pagi dengan sahabat….
Lho kang, kok bisa ya tanah wakaf yang sudah menjadi sertipikat malah sekarang sudah menjadi bagian konstruksi jalan tol, gimana ceritanya tuh ?
Bahwa berdasarkan Pasal 6 UUPA menyebutkan semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial, artinya pemanfaatan tanah harus berdasarkan pada tujuan untuk kepentingan masyarakat dan kepentingan pribadi.

AP. Parlindungan menyatakan dengan fungsi social itu dimaksudkan hak atas tanah itu tidak boleh dibiarkan merugikan kepentingan masyarakat. Fungsi sosial sebagai jalan kompromis antara hak mutlak dari tanah, dengan sistem kepentingan umum atas tanah, dimana tanah tidak diperkenankan semata-mata untuk kepentingan pribadi, kegunaannya harus disesuaikan dengan sifat dan tujuan haknya sehingga bermanfaat, baik untuk kesejahteraan dan kebahagiaan yang mempunyai, maupun untuk masyarakat daan kepentingan bangsa.  
Berdasarkan ketentuan Pasal 41 UU No. 41/2004 tentang Wakaf disebutkan bahwa proses peralihan hak atas tanah wakaf, harus mendpatkan persetujuan dan ijin tertulis dari Menteri Agama dan Badan Wakaf Indonesia, ijin tertulis dari menteri hanya dapat diberikan dengan pertimbangan :

a. Perubahan harta benda wakaf tersebut digunakan untuk kepentingan umum sesuai dengan RUTRberdasarkan ketentuan peraturan perundangan dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah;

b. Harta benda wakaf tidak dapat digunakan sesuai dengan ikrar wakaf;

c. Pertukaran dilakukan untuk keperlun keagamaan secara langsung dan mendesak. Jadi perubahan tersebut dapat dilakukan setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Menteri Agama dan Badan Wakaf Indonesia.
Dapat disimpulkan bahwa dalam Pasal tersebut diatas alasan-alasan dibolehkannya perubahan tersebut yaitu :

– Karena tidak sesuai lagi dengan tujuan wakaf seperti yang diikrarkan oleh wakif.

– Karena kepentingan umum.
Lebih jauh Kepentingan umum adalah kepentingan bangsa, Negara, dan masyarakat yang harus diwujudkan oleh pemerintah dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, demikian menurut Pasal 1 angka 6 UU No. 2/2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Dalam Pasal 10 UU No. 2/2012 menegaskan kegiatan pembangunan yang termasuk kepentingan umum adalah :

1. Pertahanan dan keamanan nasional ;

2. Jalan umum, JALAN TOL, terowongan, jalur kereta api, stasiun kereta api, fasilitas operasi kereta api ;

3. Waduk, bendungan, bendung irigasi, saluran air minum, saluran pembuangan air dan sanitasi dan bangunan pengairan lainnya ;

4. Pelabuhan, Bandar udara dan terminal ;

5. Infrastruktur minyak, gas dan panas bumi ;

6. Pembangkit, transmisi, gardu, jaringan dan distribusi tenaga listrik ;

7. Jaringan telekomunikasi dan informatika pemerintah ;

8. Tempat pembuangan dan pengelolaan sampah ;

9. Rumah sakit Pemerintah/Pemerintah Daerah ;

10. Fasilitas keselamatan umum ;

11. Tempat Pemakaman Umum Pemrintah/Pemerintah Daerah;

12. Fasilitas Sosial, fasilitas umum, dan ruang terbuka hijau politik ;

13. Cagar alam dan cagar budaya ;

14. Kantor pemerintah/Pemerintah Daerah/desa ;

15. Penataan pemukiman kumuh perkotaan dan/atau konsolidasi tanah, serta perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan status sewa ;

16. Prasarana pendidikan atau sekolah Pemerintah/Pemerintah Daerah ;

17. Prasarana olahraga Pemerintah/Pemerintah Daerah Daerah ; dan

18. Pasar umum dan lapangan parkir umum.

    

Hari Oeang ke-71 (masih) di Batam

performance dari DJBC

Peringatan hari oeang tahun ini terasa seperti de javu bagi saya. Ya! 2 tahun yang lalu saya berada di tempat yang sama, yaitu di Mega Wisata Coastarina. Hanya dengan suasana yang berbeda, kala itu saya baru dititipin anak laki-laki sulung saya. Semenjak menjadi istri pegawai pajak, saya selalu menanti nanti kapan datangnya hari oeang. Bukan apa-apa, tetapi hari oeang yang datangnya setahun sekali ini merupakan ajang bertemu dan berkumpulnya pegawai dan istri pegawai Kemenkeu yang bisa kami jadikan ajang berbagi dan bercerita. Tak lupa keseruan anak-anak pun berlarian bermain bersama. Namun cuaca terik tak menghalangi keceriaan hari ini.

Pukul 07.30 WIB, para peserta sudah berkumpul dan mengikuti kegiatan senam bersama dipandu oleh instruktur. Lepas olahraga pagi acara dilanjutkan dengan sarapan yang sudah disediakan panitia dengan menukarkan kupon yang diberikan saat registrasi. Semakin siang rundown acara berjalan dengan lancar. Mulai dari performance dari masing-masing kantor DJP, KPKNL, DJPBN, DJBC sampai dengan lomba yel-yel dan mozaic persembahan seluruh pegawai serta acara paling ditunggu tunggu yaitu doorprize.

mozaic dari seluruh pegawai

Kegiatan ini dihadiri oleh banyak pejabat penting eselon 2 dari Kanwil Riau dan Kep. Riau. Semua berkumpul berbaur menjadi satu, tak ada atasan bawahan yang ada satu tujuan yakni semangat nyata membangun negeri. 
Hari Oeang pertama kali ditetapkan jatuh pada 30 Oktober 1946 untuk memperingati peristiwa beredarnya Oeang Republik Indonesia (ORI).
“Tentu bukan cerita biasa, melainkan ini sebuah momen bersejarah dan penuh semangat patriotisme. Walaupun memiliki masa edar singkat, sejarah membuktikan bahwa ORI telah berhasil menjadi alat pemersatu bangsa sekaligus lambang kedaulatan Indonesia. Perjalanan ORI berlanjut hingga akhirnya rupiah menjadi alat pembayaran yang sah hingga saat ini.

Peringatan hari oeang ini sebagai bentuk penegasan peran Kementerian Keuangan untuk menjaga stabilitas perekonomian dan menggerakkan perekonomian dengan dasar keadilan.

Mudah-mudahan semua jajaran Kementerian Keuangan bisa terus berfokus pada kebijakan untuk ikut menjaga stabilitas rupiah, sesuai dengan nilai fundamentalnya.
Semoga Kementerian Keuangan dapat menjadi instansi pelopor penggunaan rupiah dalam setiap transaksi di dalam negeri. Kementerian Keuangan juga diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk menjaga kesinambungan fiskal.

Semakin siang hari semakin terik dan anak-anak mulai tidak nyaman dengan cuaca Batam yang sangat panas. Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk pulang terlebih dahulu setelah mengambil jatah makan siang. Selamat hari oeang ke-71. Semoga makin jaya di udara

foto bersama badut custom